ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Mengenal Jenis Pembersih Wajah yang Cocok untuk Jenis Kulit

Pernah merasa sudah rutin membersihkan wajah tapi justru timbul masalah kulit? Bisa jadi Anda menggunakan pembersih wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Meskipun semua jenis pembersih wajah dirancang untuk menghilangkan kotoran dan makeup, namun bukan berarti bisa asal pilih cleanser. Agar kulit tidak bermasalah, penting untuk memilih formula yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda. Nah, agar tidak salah pilih, coba simak artikel ini!

Kulit Normal

Pada dasarnya, jenis kulit normal adalah kulit yang memiliki kelembapan yang seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Ini berarti mencari pembersih wajah yang tepat untuk Anda bukanlah hal yang sulit. Jika ingin pembersih wajah yang lembut dan melembapkan kulit, Anda bisa menggunakan cleansing milk, cleansing balm, atau cleansing oil. Pada hari-hari di mana kulit Anda terasa sangat kotor, cleansing foam atau cleansing gel yang mampu membersihkan kulit hingga pori-pori patut dicoba. Ada juga micellar water yang bebas alkohol dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Tak perlu khawatir bagi pemilik jenis kulit ini, karena ada banyak pilihan produk untuk Anda!

Baca juga: Mulai Dari Foam Hingga Oil, Mana Jenis Cleanser yang Cocok untuk Anda?

Kulit Sensitif

Garnier Micellar Water (beli di sini) dan THREE Balancing Cleansing Milk (beli di sini)

Pembersih wajah yang paling cocok untuk kulit sensitif adalah cleansing milk, karena pembersih wajah satu ini memiliki fungsi membersihkan sekaligus mencegah terjadinya iritasi pada kulit. Selain cleansing milkmicellar water juga tergolong efektif membersihkan kulit sensitif karena punya formula yang lembut, ‘ramah’ di kulit dan tidak membuat kulit kering. Namun pastikan untuk memilih micellar water yang tidak mengandung alkohol, ya.

Baca juga: 5 Brand Kecantikan Korea Berkonsep Natural yang Aman untuk Pemilik Kulit Sensitif

Kulit Kering

Luxcrime Cleansing Oil (beli di sini),Emina Creamy Milk Cleansing Lotion (beli di sini), dan Banila Co. Clean It Zero (beli di sini)

Ada tiga tipe pembersih wajah yang cocok untuk kulit kering, yaitu cleansing oil, cleansing milk, dan cleansing balm. Ketiga cleanser ini kaya akan emollient yang membantu membuat kulit lebih lembap. Selain itu, cleansing oil, cleansing milk, dan cleansing balm juga memiliki tekstur dan formula lembut untuk kulit kering. Salah satu kandungan yang perlu ada dalam pembersih wajah bagi kulit sensitif adalah hyaluronic acid. Jenis asam ini diketahui tidak hanya efektif dalam mengunci kelembapan wajah, tapi juga melindungi kulit dari polutan, sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

Baca juga: Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit

Kulit Berminyak

NUXE Rêve de Miel Face Cleansing and Make-Up Removing Gel (beli di sini) dan Senka Perfect Whip (beli di sini)

Bagi yang memiliki kulit berminyak, tentunya Anda tidak menginginkan pembersih wajah yang meninggalkan residu dan membuat pori-pori tersumbat, bukan? Nah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pori pada jenis kulit ini, cleansing gel dan cleansing foam disebut sebagai dua jenis pembersih wajah yang paling cocok. Kedua jenis cleanser ini mampu membersihkan pori-pori tanpa membuat kulit menjadi kering. Meskipun punya tipe kulit berminyak, tapi penting bagi Anda untuk menjaga agar kondisi kulit tidak menjadi terlalu kering. Alih-alih kulit bebas minyak, kondisi kulit kering bisa memicu terjadinya peningkatan produksi minyak.

Baca juga: Rekomendasi Produk Skin Care untuk Para Penggemar K-Beauty yang Memiliki Jenis Kulit Berminyak

Kulit Kombinasi

YVES ROCHER Sebo Vegetal Cleansing Gel (beli di sini), Laneige Fresh Calming Gel Cleaner (beli di sini), dan Avene Cleanence Gel (beli di sini)

Mencari pembersih wajah untuk kulit kombinasi harus teliti, karena Anda tidak ingin produk yang membuat kulit terlalu kering atau terlalu berminyak. Nah, jenis pembersih wajah yang tepat untuk jenis kulit ini adalah cleansing gel. Jenis pembersih wajah ini selain ‘ramah’ pada kulit juga tidak membuat kulit terlalu kering atau berminyak. Pilihlah cleansing gel yang berbahan dasar air, dan bebas alkohol untuk menyeimbangkan kelembapan kulit dan tidak menyumbat pori-pori.

Baca juga: Rekomendasi Pelembap untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Kulit Rentan Berjerawat

Cetaphil Oily Skin Cleanser (beli di sini), Wardah Acne Cleansing Gel (beli di sini), dan SebaMed Clear Face Care Gel (beli di sini)

Untuk para pemilik kulit acne-prone, ada baiknya untuk menggunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid atau lactic acid. Dua jenis asam tersebut disebut mampu membersihkan pori-pori serta mengontrol produksi minyak. Selain itu, salicylic acid dan lactic acid juga berguna untuk menghilangkan bekas jerawat membandel di kulit. Anda juga bisa memilih cleanser yang formulanya gentle atau tidak mengandung kandungan-kandungan yang berpotensi memicu munculnya jerawat.

Baca juga: Tak Hanya Efektif Membersihkan Wajah, 5 Cleansing Oil Ini Juga Memiliki Formula Aman dan Nggak Bikin Kulit Kering

(sumber foto cover)

PREVIOUS ARTICLE

7 Produk Skin Care Wardah untuk Pemilik Kulit Kering

NEXT ARTICLE

Ingin Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami? Yuk, Coba Manfaatkan Garam Laut!

RELATED ARTICLES

COMMENTS

16comments


  • Ambarwati Putri3 months ago

    hai follback ya:)

  • efrian tirta mona3 months ago

    ❤️

  • Intan Kusumah Fitriani3 months ago

    Follback ;))

  • Nariyah Na3 months ago

    Follback kak :)

  • Mufadilla Dwi Mulyasari3 months ago

    Follback bolehh dong kaakk

  • Anisah Haidaratul Hanifah4 months ago

    nah ini penting banget nih

  • Nikita Khalila4 months ago

    Thnks for infoo

  • Amellia Briliant4 months ago

    fback dong

  • Diana Amalia4 months ago

    follback ya

  • shofura rafega4 months ago

    ??

  • Puji Purwani4 months ago

    Hai sis, follow back aku ya:)

    • Cindy Alodia Pratama4 months ago

      @Juliati haloo. udah yaa :)

  • Nawang Wulandhari4 months ago

    Hai....... follback ya :)

  • AMELIA Panjaitan4 months ago

    Hi. Follback dong?:)

  • erica natalia4 months ago

    Hi, salam kenal folback yaa..trims

  • HELI MARLINA4 months ago

    <3

  • Agustine Alicia Kosasih4 months ago

    Thankyou for sharing this :)