ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ini yang Perlu Anda Lakukan Jika Ingin Memakai Lipstik Gelap

Saya penasaran, nih. Ada nggak pembaca Beauty Journal yang suka memakai lipstik gelap? Atau seenggaknya, mulai tertarik untuk mencoba. Sebagian wanita pasti pernah mengalami fase di mana cuma berani pakai warna aman seperti soft pink, peach, coklat muda, atau warna-warna kalem lainnya. Lalu, akan datang fase berikutnya di mana rasa penasaran semakin tergelitik setiap melihat warna-warna “berani” — bright fucshia, oranye, merah, ungu, dan sangat mungkin golongan lipstik gelap juga termasuk di dalamnya.

Walau pasti ada saja komentar yang mengatakan kalau lipstik gelap bikin wajah terlihat seram, judes, dan tidak mudah didekati, ada juga yang mengatakan kalau warna gelapnya membuat tampilan semakin fierce dan seksi. Kalau saya, pakai lipstik gelap itu malah jadi mood booster. Begitu warnanya sudah nempel di bibir, rasanya jadi ada energi ekstra. Sugesti sih memang, but it works for me. Hahaha. Nah, belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain, kalau ingin memakai lipstik gelap ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya hasil akhirnya memuaskan. Apa saja?

1. Eksfoliasi dan Lembapkan Bibir 

Lipstik gelap pasti menarik semua perhatian pada bibir. Gimana jadinya kalau kulit bibir malah pecah-pecah dan terlihat kering? Hasilnya pasti kurang enak dipandang ya. Sebagai solusinya, Anda bisa meggunakan lip scrub di malam hari untuk mengangkat kulit bibir yang mengelupas, lalu oleskan lip balm (oles tebal pun tidak apa-apa) dan diamkan semalaman. Paginya, sebelum menggunakan makeup, oleskan lagi lip balm pada bibir, lalu blot dengan tisu sebelum memakai lipstik.

2. Warna Wajah yang Rata

Saat memakai lipstik gelap, kalau sampai ada warna kulit yang tidak rata, kesan makeup yang berantakan dan tidak rapi bisa jelas terlihat. Kalau ada kemerahan di kulit Anda – biasanya di sekitar hidung, atau bekas jerawat – pastikan untuk menyamarkannya dengan concealer terlebih dahulu.

3. Bentuk Alis 

Lipstik gelap harus diseimbangkan juga dengan alis yang terbentuk rapi. Coba bayangkan kalau bagian bibir sudah menarik perhatian, tapi alis tipis dibiarkan begitu saja. Keseluruhan makeup jadi tidak seimbang dan terlihat “berat” di bawah. Sebaiknya bentuk dan isi alis, lalu sesuaikan juga ya warna alis dengan rambut Anda.

Baca juga: 4 Produk Alis di Bawah Rp100.000

4. Bermain dengan Riasan Mata

Lipstik yang dipakai warnanya sudah gelap, kalau pakai smokey eyes atau menggambar eyeliner yang tebal boleh nggak ya? Tidak ada larangan, dan tidak ada yang salah dan benar. Ingin makeup mata yang agak dramatis? Go for it. Ingin makeup mata minimalis dan hanya bermain dengan maskara? Go for it. Hal ini kembali lagi pada preferensi hasil makeup yang Anda inginkan. Kalau lihat makeup yang dipakai selebriti, Rihanna sering juga lho memakai lipstik gelap dengan smokey eyes sebagai padanannya. Yang ingin rias mata super minimalis, coba lihat makeup Taylor Swift di Met Gala; simpel!

Memakai Lipstik Gelap

5. Apakah perlu lip liner dan lip brush?

Nah, kalau ini tergantung dengan jenis lipstik yang Anda gunakan. Kalau lipstik gelap yang dipilih teksturnya creamy dan bentuknya seperti lipstik tradisional yang diputar, lip liner dengan warna senada baik juga digunakan untuk membingkai bibir terlebih dahulu supaya warna lipstik yang diaplikasikan sesudahnya tidak “jalan-jalan”. Lip brush juga bisa digunakan untuk mendistribusikan warna lipstik dengan baik dan rapi.

Tapi kalau nggak punya lip liner dan lip brush bagaimana? Ya nggak apa-apa juga sih. Tinggal lebih hati-hati saja saat mengaplikasikan warnanya. Atau, Anda juga bisa juga menggunakan lipstik gelap tipis-tipis pada bibir dan membaurkannya dengan jari tangan. Hasilnya jadi sheer, tapi warna gelapnya tetap terlihat.

Kalau saya paling suka memakai liquid lipstick. Warna liquid lipstick biasanya lebih pekat, jadi lebih total saat dipakai. Selain itu karena sudah ada aplikatornya, saya jadi bisa membingkai sekaligus mengisi warna pada bibir dengan rapi.

Memakai Lipstik Gelap

theBalm Meet Matt(e) Hughes in Adoring Rp260.000 (BELI DI SINI), Make Over Ultra Hi-Matte Lipstick in Fame Fatale Rp89.000 (BELI DI SINI)

Baca juga:

Cara Buat Warna Lipstik Tahan Lama

6. Pertajam Bentuk Bibir dengan Concealer 

Sudah hati-hati, tapi tetap saja terlihat kurang rapi? Kalau Anda suka dengan bentuk garis bibir yang “tajam”, gunakan concealer di kuas makeup kecil dan aplikasikan tepat di luar garis bibir. Dijamin hasilnya jadi lebih rapi dan bentuk bibir lebih jelas terlihat.

Memakai Lipstik Gelap

Etude House Surprise Essence Concealer Rp272.800 (BELI DI SINI), Beauty Box Concealer & Lip Brush Rp195.000 (BELI DI SINI)

7. Seimbangkan Riasan dengan Bronzer dan Blush

Salah satu risiko memakai lipstik gelap adalah kulit wajah bisa terlihat pucat. Warna gelap seperti menyedot warna lain sehingga kalau tidak diimbangi dengan produk makeup lainnya, hasil rias wajah secara keseluruhan terlihat janggal. Siasati dengan menggunakan bronzer agar wajah terlihat lebih hidup. Tambahkan juga blush tipis-tipis yang undertone-nya senada dengan lipstik yang Anda gunakan untuk melengkapi penampilan. 


 

 

PREVIOUS ARTICLE

Afternoon Tea Party with Teatox & Co.

NEXT ARTICLE

Hindari 6 Aplikasi Makeup yang Dapat Membuat Anda Terlihat Tua

RELATED ARTICLES

comments