ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Terlalu Banyak Gunakan Pelembap Ternyata Bisa Sebabkan Over-Moisturizing. Yuk, Kenali Tandanya di Sini!

Beberapa di antara Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa kulit yang kering seringkali sebabkan berbagai permasalahan kulit. Sebut saja, kekusaman, dehidrasi, dan juga jerawat. Memang, untuk mendapatkan kulit yang sehat, lembap, dan terawat, penggunaan moisturizer adalah kuncinya. Sayangnya, beberapa wanita kerap mengaplikasikan moisturizer lebih banyak dari biasanya karena khawatir kulitnya akan kembali terasa kering. Mereka mungkin mengira kalau kulit akan senantiasa terjaga kelembapannya jika menggunakan moizturizer dalam jumlah yang berlebih. Namun, apakah cara tersebut tepat? Yuk, cari tahu kebenarannya melalui artikel ini!

Seperti Apa Over-Moisturing?

Over-Moisturizing

Jadi, apakah mungkin seseorang menggunakan terlalu banyak pelembap alias over-moisturizing? Jawabannya tentu saja mungkin. Meskipun moisturizer menjadi kunci utama untuk kulit yang sehat, bukan berarti semakin banyak moisturizer maka akan semakin baik pula hasilnya. Pelembap wajah umumnya telah diformulasikan agar memiliki kandungan yang terkonsentrasi. Ini artinya tidak dibutuhkan terlalu banyak produk untuk moisturizer bekerja secara efektif dan cukup gunakan moisturizer dua kali dalam sehari.

Namun, karena masih terdapat miskonsepsi serta ketidaktahuan akan takaran moisturizer yang diperlukan kulit, maka bukan tidak mungkin jika Anda selama ini telah menggunakan moisturizer dalam jumlah yang berlebihan.  Apalagi, saat Anda memiliki kulit yang cenderung kering. Mungkin Anda berpikir bahwa semakin banyak Pmoisturizer akan memberikan hidrasi lebih pada kulit. padahal, sisa-sisa moisturizer yang tidak terserap oleh kulit malah berpotensi menyumbat pori-pori Anda, lho! Intinya, segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik 😅.

Baca juga: Rekomendasi Pelembap untuk Pemilik Kulit Kombinasi

Indikasi Over-Moisturizing

Over-Moisturizing

Lantas, apa sih dampak yang ditimbulkan oleh penggunaan pelembap yang terlalu banyak? Sebagaimana telah disebukan sebelumnya, mengaplikasikan moisturizer alam jumlah berlebih dapat berujung pada pori-pori yang tersumbat. Nah, kalau pori-pori sudah tersumbat, tentu Anda tahu kan masalah kulit apa lagi yang akan terjadi selanjutnya? Yup, jerawat dan komedo! Untuk mengetahui apakah Anda terlalu banyak menggunakan pelembap atau tidak, coba cek tanda-tanda over-moisturizing berikut:

  • Moisturizer tidak terserap sempurna, meninggalkan rasa lengket, atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terserap.
  • Produk pelembap Anda habis dalam hitungan minggu, atau kurang dari kurun waktu penggunaan normal.
  • Pori-pori Anda tersumbat, timbul komedo, minyak berlebih, atau jerawat.

Baca juga: Pakai Pelembap Malah Buat Kulit Semakin Berminyak dan Berjerawat? Ini Alasannya!

Jika menemukan tanda-tanda di atas terjadi pada kulit, sepertinya Anda perlu mengecek ulang apakah selama ini Anda menggunakan moisturizer dalam jumlah yang tepat atau tidak. Beberapa website kecantikan ada yang menyatakan bahwa takaran moisturizer yang tepat untuk satu wajah adalah seukuran koin. Namun, tentu saja hal ini bergantung pada jenis kulit Anda. Jadi, jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, mungkin bukan ide yang buruk untuk mengurangi jumlah produk pelembap yang Anda gunakan.

Oh, iya, over-moisturizing dalam jangka waktu yang lama ternyata juga dapat membuat kulit Anda menjadi ‘malas’ untuk memproduksi kelembapan alami, lho! Saat Anda mengaplikasikan pelembap secara berlebih, tubuh pun akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa kulit sudah terhidrasi dengan cukup. Jika sudah begitu, dengan sendirinya produksi kelembapan alami di wajah pun akan melambat. Saat produksi kelembapan alami melambat, kulit Anda akan menjadi semakin kering.

Tips Menghindari Over-Moisturizing

Nah, agar Anda tidak menggunakan terlalu banyak pelembap, berikut tiga hal yang dapat Anda lakukan:

  • Cari tahu seberapa banyak jumlah produk yang Anda butuhkan sebelum menggunakannya.
  • Rutin lakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar penyerapan moisturizer lebih sempurna.
  • Gunakan toner sebelum menggunakan moisturizer untuk melembapkan kulit, agar moisturizer dapat terserap lebih merata.

Baca juga: 5 Pilihan Pelembap Wajah yang Bersahabat untuk Kulit Sensitif

PREVIOUS ARTICLE

Review: Oxy 5, Acne Spot Treatment yang Ampuh Atasi Jerawat Secara Cepat

NEXT ARTICLE

Memiliki Kulit Kering? Atasi Dengan Cara Ini!

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

10comments


  • HanifaAulia Wardhani1 month ago

    ilmu baruuuuuu. terimakasiih

  • Inka Sarina melayu3 months ago

    Waaah, aku baru tahu ini, thank you.

  • Rosalinda Agustin3 months ago

    terimakasih infonya

  • Nadia Agustin3 months ago

    Nambah ilmu????

  • Sekar Kinanti Widiastuti3 months ago

    Thankyou for info sooo helpful????????

  • Ratih Febriani3 months ago

    good info.

  • Galuh Gunita3 months ago

    Waa ternyata begitu

  • Tri Wahyuni3 months ago

    Thanks

  • Radika Marantika3 months ago

    Hmm baru tau

  • Arlita Widyasari3 months ago

    Nice information