ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Niacinamide, Jenis Vitamin B yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

Salycilic acid dan benzoyl peroxide sudah dikenal sebagai bahan-bahan yang berguna untuk mengobati kulit berjerawat. Tapi, apakah Anda sudah tahu tentang niacinamide? Bahan yang satu ini juga sangat bermanfaat bagi kulit berjerawat, lho. Niacinamide bahkan cocok untuk tipe kulit apapun karena mampu menyeimbangkan kelembapan kulit. Tertarik untuk membeli produk skin care yang mengandung niacinamide ini? Simak dulu yuk, hal-hal tentang niacinamide yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide, biasa disebut sebagai Nicotinic Acid, adalah vitamin B3 yang terkandung di beberapa jenis makanan, seperti ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau. Tubuh manusia membutuhkan niacinamide ini untuk kesehatan otak, sistem pencernaan, dan sistem saraf manusia. Selain itu, niacinamide juga bagus untuk kesehatan kulit. Mengutip dari OSKIA Skincare, niacinamide mulai digunakan pada abad ke-20 untuk mengobati pellagra, penyakit kulit yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin B3 yang menyebabkan kulit menjadi radang, kering, dan bahkan mengelupas. Sekarang, niacinamide mulai sering digunakan sebagai bahan produk skincare karena beragam kegunaannya untuk kulit, terutama untuk kulit berjerawat.

Kegunaan Niacinamide untuk Kulit Berjerawat

Niacinamide membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Karena kemampuan tersebut, vitamin B3 ini dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Untuk yang memiliki kulit berminyak, jangan khawatir. Karena niacinamide menjaga pertahanan kulit dan membuat produksi minyak jadi semakin terkendali. Pori-pori akan menjadi lebih bersih karena tidak tersumbat minyak yang berlebih. Selain itu, niacinamide juga menjaga kelembapan kulit karena vitamin B3 ini meningkatkan produksi ceramide, kandungan yang mengunci kadar air pada kulit. Untuk yang memiliki banyak luka bekas jerawat, niacinamide juga bisa membantu pudarkan acne scar dan memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Hal ini dapat terjadi karena niacinamide membantu memperlambat proses pemindahan melanin ke lapisan terluar kulit. Overall, bagi yang kulitnya berjerawat, produk skincare yang mengandung niacinamide patut dicoba. Kemampuannya untuk mengontrol produksi minyak dan kelembapan kulit cocok untuk tipe kulit mana saja. Kulit yang berminyak tidak akan menjadi kering, dan kulit yang kering tidak akan menjadi berminyak.

Produk Skin Care yang Mengandung Niacinamide

Niacinamide biasanya digunakan sebagai bahan untuk cream atau serum. Brand skin care seperti The Ordinary memiliki serum Niacinamide 10% + Zinc 1% yang cukup populer karena harganya yang tergolong affordable. Serum ini dijual seharga Rp118.000 dan diklaim dapat menghilangkan blemish dan mengatur produksi minyak pada kulit. Glossier juga memiliki serum dengan bahan utama niacinamide yang bernama Super Pure. Serum ini diklaim dapat meredakan kemerahan pada kulit. Selain The Ordinary dan Glossier, Paula’s Choice, Philosophy, dan Sulwhasoo juga mengeluarkan produk skincare dengan kandungan niacinamide.

Baca juga: Pilihan Sheet Mask yang Bisa Bantu Redakan Jerawat

(SUMBER FOTO COVER)

PREVIOUS ARTICLE

Sering Mendengar Tentang Glycerin? Yuk, Lihat Apa Saja Manfaat Glycerin dalam Produk Kecantikan!

NEXT ARTICLE

Ingin Mulai Memakai Produk Cruelty Free? Ini 5 Brand Kosmetik Lokal yang Menawarkannya!

RELATED ARTICLES

COMMENTS

5comments


  • Lupita Sanjaya5 months ago

    Nice info,tapi harganya pada mahal2 y hikss

  • Evalin Marta Damayanti Sihombing6 months ago

    Aku pakai The Ordinary sih oke

  • Salsa Bila6 months ago

    ????????

  • Valentina Yosnanda6 months ago

    Hai say, minta folback ya say. Thank you

  • Jihan Diyana Alsa6 months ago

    Sangat informatif