ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Meski Tak Sepopuler Salicylic Acid, 5 Jenis Acid Berikut Juga Kaya Manfaat Kecantikan, Lho!

Jika melihat tren skin care belakangan ini, Anda tentunya menyadari bahwa ada banyak jenis skin care yang memanfaatkan acid sebagai kandungan utama dalam produknya. Acid dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit tergantung jenisnya. Salah satu jenis acid yang mungkin paling sering Anda dengar adalah salicylic acid. Jenis kandungan asam yang satu ini kerap menjadi favorit karena dapat membantu mengatasi jerawat serta mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya masih ada berbagai jenis acid lainnya yang tidak kalah bergunanya untuk kecantikan kulit? Contohnya saja, lima jenis acid berikut!

1. Myristic Acid

Kandungan acid yang diperoleh dari minyak kelapa dan biji pala ini mungkin kurang terdengar familiar di telinga Anda. Padahal, myristic acid seringkali digunakan di industri kecantikan sebagai salah satu komponen sabun pencuci wajah atau sabun mandi karena sifatnya yang mampu menyerap minyak berlebih dan kotoran di kulit. Selain itu, myristic acid juga memiliki sifat melembapkan, sehingga sangat baik untuk mempertahankan kelembapan alami kulit. Jenis acid ini juga diketahui sangat baik untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering dan bersisik. Salah satu produk dengan kandungan myristic acid yang dapat Anda coba adalah kose Junkisui Pure Body Wash.

2. Alpha Lipoic Acid

Alpha Lipoic Acid merupakan salah satu senyawa kimia yang memiliki sifat anti-oksidan. Jenis acid ini biasa ditemukan di dalam sayuran, seperti tomat, wortel, bayam, dan juga brokoli. Kandungan acid ini termasuk jenis anti-oksidan yang sangat kuat dan memiliki beragam manfaat kecantikan kulit, di antaranya sebagai anti-aging, memperbaiki tekstur sekaligus warna kulit. Tergolong sebagai jenis acid yang kuat serta berfungsi sebagai exfoliating acid. Meski jenis kandungan asam ini sangat bermanfaat, namun Anda harus tahu bahwa konsentrasi penggunaan  alpha lipoic acid pada produk kecantikan dibatasi hanya maksimal 5% saja. Tertarik mencoba kandungan alpha lipoic acid? Coba The Ordinary Alpha Lipoic Acid 5% saja.

Baca Juga: Sebelum Memilih Produk, Kenali Dahulu Yuk Kandungan Acid yang Biasa Digunakan untuk Eksfoliasi

3. Lauric Acid

Lauric acid merupakan asam lemak jenuh yang biasanya ditemukan dalam santan dan minyak kelapa. Secara alami, lauric acid memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-inflamasi yang baik untuk tipe kulit sensitif. Lauric acid biasa digunakan sebagai salah satu kandungan di dalam makeup remover dan pelembap wajah. Bentuk lauric acid yang diekstraksi, biasanya juga digunakan sebagai bahan pembuat sabun atau kosmetik karena acid ini memiliki umur penyimpanan yang cukup lama. Jika ingin menikmati manfaat lauric acid, Anda bisa menemukannya pada Paula’s Choice CALM Redness Relief 1% BHA Lotion Exfoliant.

4. Palmitic Acid

Jenis acid yang satu ini merupakan asam lemak jenuh yang biasa ditemukan di dalam minyak pohon palem. Palmitic acid sering dimanfaatkan dalam industri kecantikan sebagai komponen sabun dan produk pembersih lainnya karena memiliki sifat sebagai surfaktan. Tak hanya itu, palmitic acid juga termasuk sebagai emolien yang sangat baik, sehingga dapat mempertahankan kelembapan alami sekaligus menghaluskan kulit. Kadar asam palmitat yang diizinkan di dalam produk kecantikan adalah maksimal 13%. Garnier SkinActive Moisture Rescue Actively Hydrating Daily Lotion merupakan salah satu produk yang bisa Anda coba jika merasakan manfaat palmitic acid.

5. Palmitoleic Acid

Palmitoleic acid merupakan anti-oksidan yang juga mengandung asam lemak omega 7, bermanfaat untuk menyembuhkan luka, termasuk mengobati luka bakar. Tak hanya itu, jenis acid ini juga kaya akan vitamin E dan C yang dapat membantu mencegah kerutan halus di wajah sekaligus menghaluskan kulit. Pemakaian rutin dari produk kecantikan yang mengandung palmitoleic acid diketahui dapat meningkatkan peremajaan sel kulit serta mengurangi dermatitis dan eczema. Palmitoleic acid biasa ditemukan pada macadamia oil dan sea buckthorn.

Baca Juga: Yuk, Kenali 5 Jenis AHA Berikut yang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit Anda

PREVIOUS ARTICLE

Lancôme Perkenalkan Bae Suzy Sebagai Brand Muse Terbarunya di Asia Pasifik

NEXT ARTICLE

Agar Tidak Menyebabkan Iritasi pada Kulit, Ini Dia Tips Membersihkan Wajah yang Tepat Setelah Melakukan Facial

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

comments