ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Pernah Mengalami Makeup Shaming Akibat Riasan yang Anda Kenakan? Ini Beberapa Cara untuk Menghadapinya

Sebagai seorang wanita, kita sering dihadapkan dengan berbagai aturan mengenai hal-hal yang sebaiknya kita lakukan atau kita hindari. Mulai dari cara berpakaian, cara berpikir, maupun cara bertindak. Namun, tidak hanya hal-hal tersebut yang sering kali ‘diatur’. Zaman sekarang, bahkan cara kita berdandan pun bisa menuai beragam komentar. Sayangnya, tak jarang komentar ini bersifat negatif dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Kejadian ini dikenal juga dengan istilah makeup shaming. Ada yang pernah mengalaminya?

Makeup shaming memiliki bentuk yang beragam. Tidak hanya terjadi saat seseorang mengenakan makeup secara tebal, tetapi juga bisa terjadi saat seseorang tidak mengenakan makeup. Contohnya, saat Anda menggunakan makeup yang tebal, ada teman Anda yang berkomentar, “Wah, menor sekali hari ini! Mau kencan ya?” atau saat menggunakan makeup tipis, komentarnya berubah menjadi “Kamu beda banget ya, saya hampir nggak kenal deh kalau nggak pakai makeup gini!”. Bagaimana? Cukup familiar dengan komentar tersebut? Tak perlu emosi atau menjadi tidak percaya diri, ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi makeup shaming.

Ketahui Dulu Alasan Menggunakan Makeup

Mulai terganggu dengan komentar orang sekitar akibat makeup yang Anda gunakan? Coba ingat-ingat lagi alasan Anda mengenakan makeup. Jika alasannya membawa dampak positif pada diri Anda, kenapa tidak? Banyak orang, baik pria atau wanita, yang beranggapan bahwa seseorang menggunakan makeup karena orang tersebut merasa tidak nyaman dengan dirinya sendiri. Padahal, ada banyak alasan positif yang membuat seseorang jatuh cinta dengan makeup. Makeup bisa menonjolkan fitur terbaik dari wajah Anda, makeup dapat membuat seseorang merasa lebih percaya diri dan atraktif, makeup bisa jadi salah satu bentuk ekspresi Anda, dan alasan yang paling sederhana, bermain-main dengan makeup itu menyenangkan! Kalau Anda masih merasa ragu dan terganggu dengan komentar orang lain, coba tonton video di atas. Bahkan, Nikkie Tutorials pun pernah mengalami makeup shaming, lho!

Bergabung Dalam Sebuah Komunitas

Makeup Shaming

Daripada terus merasa tidak nyaman akibat komentar orang sekitar, lebih baik kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mengerti akan kecintaan Anda terhadap makeup. Salah satu yang paling mudah untuk diakses adalah komunitas online. Berbagi dengan sesama anggota komunitas bisa membantu Anda mengurangi rasa insecure dalam diri. Selain itu, Anda juga bisa mendapat ilmu baru dari sesama pecinta makeup, lho! Coba saja bergabung dengan SOCO. Tak hanya bisa menerima banyak informasi baru, Anda juga bisa ikut berbagi dengan sesama anggota.

Abaikan Komentar Negatif

Makeup Shaming

Salah satu alasan mengapa makeup shaming terasa mengganggu adalah karena Anda terlalu peduli terhadap opini orang lain. Sebisa mungkin, abaikan komentar negatif tersebut dan pikirkan dengan baik penting atau tidaknya opini orang tersebut terhadap hidup Anda. Ingat saja, komentar negatif seseorang bisa berasal dari rasa insecure orang tersebut. Jangan biarkan hal tersebut menurunkan kepercayaan diri Anda dan rasa cinta Anda terhadap makeup, ya!

Jika Perlu Ditanggapi, Tanggapi dengan Pintar

Makeup Shaming

Sudah lelah karena terlalu sering mendengar komentar negatif dari orang sekitar? Tak ada salahnya untuk memberi tanggapan. Hanya saja, beri tanggapan yang pintar dan jangan hanya sekadar marah-marah, tetapi juga hindari untuk memberikan tanggapan yang terlalu serius. Nah, salah satu cara yang paling ampuh untuk menanggapi komentar negatif adalah dengan sedikit humor. Selain itu, menanggapi dengan meme lucu juga bisa dicoba, lho!

Ubah Pola Pikir Anda

Makeup Shaming

Meskipun bisa terlihat santai dalam menanggapi berbagai komentar negatif di sekitar, tak jarang komentar negatif ini tetap terserap dan mengganggu pikiran Anda. Tidak apa-apa, coba kumpulkan pikiran negatif tersebut dan lakukan sesuatu untuk melawannya. Misalnya, Anda menyadari bahwa memang betul diri Anda menggunakan makeup karena merasa insecure. Namun, daripada fokus terhadap rasa insecure tersebut, ubah pola pikir Anda menjadi, “Ya, memang saya insecure, tetapi jika makeup dapat membuat saya merasa jauh lebih baik, kenapa tidak?”. Terkadang memang membutuhkan waktu agar bisa merasa percaya diri dengan pilihan yang Anda jalani. Semuanya membutuhkan proses, just enjoy the ride 🙂

PREVIOUS ARTICLE

5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memilih Concealer

NEXT ARTICLE

5 Masker Wajah untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat dengan Kandungan Tea Tree

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

9comments


  • Wulan Nita Martiani1 month ago

    Keren!

  • Claudya Angel1 month ago

    Kece

  • Nur Ainun Budi Yanti1 month ago

    Iyah setuju banget 👍

  • mega remadhani2 months ago

    abaikan komentar orang..ehm...

  • Leteesha Erza2 months ago

    say it louder!

  • Giska Kusumaningtias2 months ago

    jangan dengerin kata orang (netizen kelewat julid)

  • Annisa Nur Maidah2 months ago

    Hai! Follow back ya :)

  • Christy Veronica2 months ago

    Tanggapi dengan pintar, yass...

  • Riwenda P2 months ago

    abaikan komen negatif paling penting