Beauty

Mengenal Royal Jelly, Rahasia Kecantikan dari Lebah yang Banyak Ditemukan Dalam Kandungan Skin Care

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak juga kandungan skin care yang ditemukan berkhasiat untuk kulit. Mulai dari centella asiatica, biotinchamomile, hingga probiotik. Kini, kandungan yang berasal dari alam semakin digemari dan menjadi pilihan banyak wanita. Nah, salah satu bahan natural yang kini sedang naik daun adalah royal jelly yang berasal dari lebah. Meskipun sama-sama berasal dari lebah, royal jelly memiliki kandungan dan khasiat yang berbeda dengan madu, lho. Penasaran? Yuk, cari tahu lebih lengkap di sini!

Apa Itu Royal Jelly?

Manfaat Royal Jelly

Royal jelly adalah nama yang diberikan untuk cairan sekresi berwarna putih yang dihasilkan, lalu diberikan oleh lebah pekerja untuk memberi makan larva-larvanya. Dalam royal jelly, terkandung protein bernama royalactin yang akan membantu proses perkembangan larva hingga menjadi ratu lebah. Karena kandungan tersebut, ratu lebah dapat tumbuh dengan ukuran 42% lebih besar dibandingkan dengan lebah pekerja. Ratu lebah juga dapat hidup selama 5-7 tahun, sedangkan lebah pekerja hanya dapat hidup hingga 7 minggu saja. Dari perbedaan yang sangat signifikan ini, dilakukan riset yang lebih dalam untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh manusia dari royal jelly.

Manfaat Royal Jelly untuk Kecantikan

Manfaat Royal Jelly

Kini, royal jelly telah menjadi salah satu kandungan skin care yang paling populer. Kira-kira, apa ya alasannya?  Berdasarkan hasil riset, ternyata royal jelly mengandung kadar protein yang tinggi. Selain itu, Royal Jelly juga kaya akan vitamin A, vitamin E, vitamin Cvitamin B, serta acetyl-choline dan zinc yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat dasar royal jelly adalah membantu melembapkan kulit dan melindungi kulit dari risiko dehidrasi dengan kandungan lemaknya yang berperan sebagai emollient alami. Karena memiliki sifat anti-bacterial dan anti-fungal, sehingga mampu membantu kulit melawan bakteri.

Baca juga: 5 Cara Gunakan Madu untuk Perawatan Wajah

Nah, manfaat utama dari royal jelly, yang juga membuatnya menjadi kandungan favorit dalam banyak produk perawatan kulit adalah mampu memperlambat dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Seiring bertambahnya usia dan akibat paparan polusi maupun sinar matahari, tanda-tanda penuaan pun semakin terlihat jelas. Apalagi, kemampuan tubuh untuk meregenerasi kulit dan memproduksi kolagen yang membuat kulit terasa kenyal pun menurun.

Dengan kandungan acid dan mineral yang terkandung dalam royal jelly, kandungan dari lebah ini mampu menstimulasi dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengembalikan kekenyalan kulit. Tidak hanya itu, kandungan anti-oksidan dan nutrisi dalam royal jelly pun akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit baru. Oleh karena itu, kandungan ini dapat memperlambat proses penuaan. Bahkan, menurut Food and Agriculture Organization (FAO), manfaat royal jelly juga meliputi membantu mengurangi garis halus, stretch marks, mengencangkan kulit, serta membantu mengontrol produksi minyak, lho! Banyak sekali ya manfaatnya!

Penggunaan Royal Jelly untuk Kecantikan

Terdapat dua cara untuk mendapatkan manfaat royal jelly, yaitu secara topikal (penggunaan luar) atau oral (dikonsumsi). Jika Anda memilih untuk menggunakan royal jelly secara topikal, kini banyak produk skin care dengan royal jelly sebagai kandungan utamanya yang dapat Anda coba. Sedangkan, jika Anda memilih untuk menggunakan royal jelly secara oral, terdapat pula banyak pilihan suplemen royal jelly yang tersedia. Namun, ada sedikit catatan yang perlu Anda perhatikan, nih. Meskipun merupakan bahan alami, jika Anda memiliki alergi terhadap madu maupun lebah, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan atau mengonsumsi royal jelly untuk kecantikan. Sama halnya jika Anda memiliki kondisi kulit khusus seperti dermatitis, eczema, atau psoriasis, ya.

Baca juga: Ini Fakta Seputar Madu Manuka Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencobanya!

PREVIOUS ARTICLE

Memiliki Pengalaman Buruk Saat Membeli Makeup Secara Online? Cegah Dengan Tips Berikut Ini!

NEXT ARTICLE

Ragam Produk Makeup Natural untuk Pemula yang Pengaplikasiannya Anti Repot

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments