Beauty

Mengenal Kosmetik Mineral Lebih Dalam

Kosmetik MineralPerhatikan produk kosmetik Anda, apakah ada produk mineral di antaranya? Atau, pernahkah Anda melihat produk dengan label mineral ketika Anda tengah berbelanja? Biasanya, produk dengan label dan kandungan mineral ini memiliki klaim tidak menggunakan bahan-bahan kimiawi yang berbahaya untuk kulit. Karena itulah, produk kosmetik mineral ini baik untuk mereka yang berkulit sensitif. Tambahan lainnya, produk kosmetik mineral memiliki beberapa manfaat skin care, seperti menyejukkan kulit.

Nah, untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda, tim Beauty Journal Sociolla telah mengompilasi beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan seputar produk kosmetik mineral. Simak tanya-jawabnya di bawah ini.

Apa yang membedakan kosmetik mineral dengan kosmetik dengan bahan lainnya?

Kosmetik dengan label ini diformulasikan dari formula berbahan mineral dan cenderung tak mengandung pewarna, pewangi, hingga pengawet buatan. Bahan mineral yang biasa Anda temukan dalam kosmetik adalah titanium dioxide, zinc oxide, iron oxides, atau mica. Bahan-bahan ini digerus sampai sangat halus dan dijadikan bubuk kosmetik.

Karena tanpa bahan kosmetik buatan, kosmetik jenis ini tergolong aman untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan alergi. Bahkan bagi yang berjerawat, kosmetik mineral biasanya adalah jenis yang disarankan. Namun, Anda juga harus pintar dalam membaca label kandungan produk. Memiliki label mineral tak berarti produk ini mengandung 100% bahan mineral. Ada juga produk yang mencantumkan label mineral karena ada bahan-bahan mineralnya, namun tidak 100%. Intinya, ayo rajin baca label kandungan produk.

Apa kegunaan bahan-bahan mineral tersebut?

Beberapa bahan mineral yang sering digunakan dalam produk kosmetik ini memang terbukti memiliki kegunaan yang baik untuk kulit. Misalnya titanium dioxide. Mineral yang satu ini biasa digunakan dalam produk tabir surya, karena memang merupakan bahan tabir surya alami. Mineral ini juga membantu memberikan efek wajah yang lebih bersinar karena daya pantul cahayanya lebih tinggi dibanding berlian. Mineral ini juga membantu menyamarkan noda di kulit dan dapat menyejukkan kulit yang teriritasi. Begitu juga dengan zinc oxide yang juga biasa digunakan sebagai tabir surya alami serta anti-oksidan.

Nah, kalau iron oxides di dalam produk kosmetik akan membantu kandungan produk menyatu dengan kulit dan menyesuaikan dengan warna kulit. Bubuk mica biasanya akan Anda temukan di dalam produk bedak, foundation, hingga concealer, karena hasilnya yang membuat wajah tampak berbinar dengan efek shimmer.

Keunggulan kosmetik mineral?

Selain keunggulan dari bahan-bahan mineral yang telah disebutkan di atas (kulit lebih sehat dan berseri, tabir surya, hingga anti-oksidan), memang ada beberapa kebaikan lainnya dari jenis kosmetik ini. Formula mineral umumnya termasuk jenis anorganik, yaitu elemen tak hidup. Itulah sebabnya kosmetik mineral tak akan merangsang perkembangan bakteri. Kosmetik mineral juga bebas minyak, sehingga tak menyebabkan penyumbatan pori dan menimbulkan alergi.

Apakah produk kosmetik mineral bisa digunakan untuk semua jenis kulit?

Dilihat dari kandungannya yang tanpa pengawet atau bahan kimiawi lainnya, kosmetik mineral cenderung cocok dan tak menyebabkan masalah untuk semua jenis kulit, termasuk yang sensitif atau sedang berjerawat sekalipun. Namun, perhatikan untuk Anda dengan kulit berminyak. Jika tidak diaplikasikan dengan benar, formulanya akan menggumpal dan menjadikannya cakey di beberapa tempat. Kosmetik mineral (terutama yang terbuat dari 100% bahan mineral) umumnya tidak memiliki elemen pengikat kimiawi yang membuatnya menempel erat pada kulit. Ini sebabnya kosmetik mineral tak bisa bertahan lama dan Anda bisa jadi perlu touch up beberapa kali.

Apa yang harus diperhatikan ketika mengaplikasikan kosmetik mineral?

Seperti kosmetik pada umumnya, siapkan dulu kulit Anda dengan pelembap atau serum terlebih dahulu. Tunggu hingga meresap, lalu mulai baurkan produk kosmetik mineral. Aturannya hanya satu: gunakan tipis-tipis saja, baik itu untuk foundation, bedak, eyeshadow, ataupun blush. Untuk mendapatkan coverage yang sesuai dengan keinginan, aplikasikan kosmetik mineral selapis demi selapis. Hindari mengaplikasikannya dengan tebal sedari awal, untuk menghindari hasil menggumpal.

PREVIOUS ARTICLE

Cara Tetap Segar dan Cantik Selama Bulan Puasa

NEXT ARTICLE

Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan Setelah Salat

RELATED ARTICLES

comments