Rambut rontok merupakan hal yang wajar dialami wanita. Menurut dr. James C. Marotta, spesialis restorasi rambut dan ahli bedah plastik wajah terkemuka di New York, normalnya rata-rata wanita akan kehilangan rambut 50-100 helai per hari bahkan 150 helai pada beberapa kasus. Tak heran jika Anda menemukan helai rambut tersangkut di lubang pembuangan kamar mandi atau sisir yang digunakan setiap hari. Penyebab rambut rontok pun bermacam-macam mulai dari stres, diet yang kurang tepat, penyakit, genetis, hingga ketidakstabilan hormon. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami kebotakan dini. Untuk itu, ada beberapa cara untuk menghentikan rambut rontok menurut beberapa pakar restorasi rambut dan dokter. Apa saja ya, ladies?

Menjaga Konsumsi Makanan

Protein adalah salah satu zat pada makanan yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, ungkap Francesca J. Fusco, asisten profesor dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai New York. Jenis makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, daging unggas, dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang tinggi. Selain protein, zat besi juga memegang peranan penting pada kesehatan rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, dan rambut rontok berlebihan adalah salah satu akibat dari anemia.

Mengurangi Tingkat Stres

Stres yang diakibatkan oleh peristiwa psikososial akan menyebabkan rambut rontok. Secara lebih lanjut, dr. Joshua Zeichner menerangkan bahwa fenomena ini disebut sebagai telogen effluvium. Stres dapat menimbulkan syok pada rambut dan menyebabkan rambut masuk ke fase ‘beristirahat’ dan rontok pada waktu yang bersamaan. Ia kemudian menambahkan bahwa kondisi ini serupa dengan apa yang dialami wanita sesaat setelah melahirkan atau saat sedang sakit.

Menggunakan Produk Topikal

Selain menggunakan sampo dan kondisioner yang dapat menutrisi akar rambut, menggunakan essential oil juga dapat membantu Anda mengatasi rambut rontok. Hal ini disetujui oleh dr. Rachel Nazarian, seorang dermatolog dari Grup Dermatologi Schweiger di New York. Ia menuturkan bahwa minyak jarak memiliki komposisi nutrisi unik yang terdiri dari protein, asam lemak, vitamin, dan anti-oksidan. Tak heran jika minyak jarak dapat memperbaiki kondisi kulit kepala dan folikel rambut yang rapuh sembari memperkuat batang rambut yang telah ada.

Baca juga: Jenis Makanan Sehat Ini Katanya Dapat Mengurangi Masalah Rambut Rontok, Lho. Coba Yuk!

How do you find this article?