ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Panduan Singkat Memilih Anti-Oksidan dalam Skin Care yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

Anti-oksidan merupakan salah satu kandungan yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua anti-oksidan memiliki fungsi yang sama? Agar bisa memberikan hasil yang maksimal, tentu penggunaan anti-oksidan harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita. Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini adalah paduan singkat memilih anti-oksidan dalam skin care.

Kerutan dan Garis Halus

Memilih Anti-Oksidan

Munculnya kerutan dan garis halus pada kulit merupakan salah satu proses penuaan kulit yang tidak bisa kita hindari. Namun, hal ini dapat dipercepat oleh beberapa faktor seperti paparan sinar UV dan radikal bebas. Untuk melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas pada tubuh dan kulit, Anda bisa menggunakan anti-oksidan seperti vitamin E atau lycopene. Vitamin E memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit lebih padat dan kerutan pun dapat tersamarkan. Kemampuan yang sama juga dimiliki oleh lycopene. Namun, anti-oksidan yang banyak ditemukan pada buah dan sayuran berwarna merah juga memiliki kemampuan untuk meminimalisir kerusakan DNA yang dapat menyebabkan keriput.

Pigmentasi

Memilih Anti-Oksidan

Masalah pigmentasi pada kulit disebabkan oleh produksi melanin atau pigmen warna kulit yang berlebihan. Penuaan kulit, paparan sinar matahari dan UV, atau perubahan hormon merupakan beberapa faktor yang bisa meningkatkan produksi melanin. Untuk membantu mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan anti-oksidan seperti polyphenols atau cartenoids. Polyphenols memiliki kemampuan untuk mengingkatkan peredaran darah, mengurangi produksi melanin, serta memiliki kandungan pencerah wajah. Sedangkan cartenoids merupakan jenis anti-oksidan yang mampu menstimulasi pembentukan kolagen, memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat sinar UV, serta menyerap sinar UV sehingga kulit terlindungi dari sunburn.

Baca juga: Ferulic Acid, Jenis Kandungan Skin Care Kaya Anti-oksidan yang Masih Belum Banyak Dikenal

Jerawat

Memilih Anti-Oksidan

Banyaknya radikal bebas pada tubuh bisa meningkatkan inflamasi dan berujung dengan timbulnya jerawat. Maka dari itu, anti-oksidan dapat dijadikan salah satu cara untuk mencegah masalah jerawat. Salah satu jenis yang dapat Anda gunakan adalah vitamin C. Vitamin ini berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem imum dan dapat mencegah terbentuknya jerawat. Tak hanya itu, vitamin C juga mampu menyembuhkan kulit serta meningkatkan produksi kolagen, sehingga akan membantu mengurangi efek kulit yang rusak akibat jerawat.

Kulit Bertekstur

Memilih Anti-Oksidan

Mulai dari kulit dehidrasi hingga bekas jerawat, ada banyak hal yang menyebabkan tampilan kulit menjadi bertekstur. Untuk mengatasi masalah ini, anti-oksidan seperti coQ10 dan niacinamide dapat menjadi solusinya. Kedua anti-oksidan ini dapat membantu kulit melawan radikal bebas dan menjaga sel kulit tetap sehat. Selain itu, coQ10 juga membantu stimulasi pembentukan kolagen sehingga bisa membantu memperbaiki elastisitas dan tekstur kulit. Sedangkan niacinamide, membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada kulit.

Baca juga: Astaxanthin, Kandungan Anti-oksidan dengan Manfaat Anti-Aging yang Banyak Dicari Wanita. Intip Rekomendasi Produknya di Sini!

PREVIOUS ARTICLE

Punya Lebih dari Satu Manfaat, Ini 5 Produk Skin Care Multifungsi Asal Korea yang Patut Dicoba

NEXT ARTICLE

Begini Langkah Melakukan Bleaching Rambut Tanpa Harus Merusaknya

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

1comment


  • desi hana3 weeks ago

    nice infe