ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Amankah Membersihkan Wajah dengan Minyak Kelapa? Ini Penjelasan Dermatolog

Minyak kelapa atau coconut oil adalah salah satu bahan alami yang telah digunakan sejak zaman dulu karena menawarkan banyak manfaat untuk kecantikan. Selain sudah banyak digunakan dalam produk kecantikan sebagai salah satu ingredient-nya, minyak kelapa juga bisa digunakan secara langsung untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Nah, dibalik segudang manfaat minyak kelapa untuk kulit, ternyata Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan wajah, loh. Namun, sebelum Anda ikut mencoba dan mempraktikkannya, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penggunaan minyak kelapa sebagai pembersih wajah agar tidak menimbulkan masalah pada kulit. Yuk, simak pendapat dermatolog tentang hal ini!

Membersihkan wajah dengan minyak kelapa

Kandungan fatty acid yang terdapat di dalam minyak kelapa membuatnya banyak digunakan untuk melembapkan dan menyehatkan kulit. Minyak kelapa yang diaplikasikan pada kulit bekerja secara efektif meresap ke dalam lapisan kulit untuk menjaga agar kulit tetap lembap dan kenyal. Kadar kelembapannya yang tinggi juga membuat minyak kelapa bisa digunakan sebagai pengganti lip balm, menghaluskan area tubuh yang kasar, pengganti krim mata hingga pengganti krim cukur.

Baca Juga: 7 Keajaiban Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Tekstur minyak kelapa yang pas, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer membuatnya kerap digunakan sebagai makeup remover dan pembersih wajah. Selain ampuh dalam menghapus makeup waterproof, minyak kelapa juga sangat mudah ditemukan dan bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Tak hanya efektif mengangkat dan membersihkan makeup dengan cepat, minyak kelapa juga dapat bekerja menjaga kulit wajah agar tetap lembap.

Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke telapak tangan, kemudian mengaplikasikannya pada wajah. Untuk bisa memudahkan dalam mengangkat makeup, Anda bisa melakukan pijatan lembut dengan gerakan memutar kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. 

Aturan membersihkan wajah dengan minyak kelapa

Melihat banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan minyak kelapa sebagai makeup remover, sudah pasti Anda ikut tertarik untuk mencobanya, bukan? Meski kandungan fatty acid di dalamnya dapat bekerja melawan bakteri penyebab jerawat, minyak kelapa ternyata juga memiliki sifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori dan salah satu kandungan dalam skin care yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak karena menyebabkan timbulnya komedo.

Seorang dokter kulit bernama Anthony Youn, MD dari America’s Holistic Plastic Surgeon menyatakan bahwa di balik manfaatnya yang beragam, minyak kelapa yang digunakan secara langsung pada kulit sebagai makeup remover dapat berpotensi menyumbat pori-pori. Menurut Journal of American Academy of Dermatology, minyak kelapa memiliki tingkat kemungkinan menyumbat pori-pori yang cukup tinggi yaitu di angka 4 (fairy high). Anda yang memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat ada baiknya menghindari bahan ini dan menggunakan kandungan alami lain yang tidak bersifat menyumbat pori-pori.

Sedangkan bagi pemilik jenis kulit normal dan kering, Anda juga tetap harus melakukan patch test sebelum menggunakan minyak kelapa. Hal ini diperlukan mengingat beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam minyak kelapa saat proses pembuatannya bisa berpotensi membuat kulit break out. Coconut oil memang salah satu bahan alami yang menawarkan beragam manfaat untuk kecantikan, namun Anda tetap harus menggunakannya dengan bijak untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan efek samping yang ditimbulkan. 

Baca Juga: Pemilik Kulit Berjerawat, Hindari Penggunaan Minyak Kelapa di Wajah, Ya! Ini Alasannya

PREVIOUS ARTICLE

Day & Night Lip Cream, Kolaborasi Apik antara Floret Cosmetic dan Jovi Adhiguna

NEXT ARTICLE

3 Brand Kecantikan Lokal Ini Baru Saja Meluncurkan Produk Skin Care. Tertarik Mencobanya?

RELATED ARTICLES

COMMENTS

3comments


  • Michell Widjaja2 months ago

    nice :)

  • Narita Putri2 months ago

    Wow, nice artikel👍🏻✨

  • nadya da2 months ago

    terimakasih tipsnya :)