ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Aturan Membersihkan Masker Wajah dengan Benar Berdasarkan Jenisnya

Masker wajah merupakan salah satu perawatan yang paling mudah juga terjangkau dan menjadi favorit banyak wanita. Ada banyak pilihan masker wajah yang tersedia di pasaran, mulai dari clay mask, sheet mask, hingga gel mask dengan berbagai manfaat di dalamnya. Tentunya Anda juga sudah tahu, kan, bagaimana cara mengaplikasikannya ke wajah dengan benar? Namun, apakah selama ini Anda membersihkan masker wajah secara baik dan benar sesuai dengan jenisnya? Nah, agar khasiat masker dan produk perawatan setelahnya bekerja dengan baik, berikut aturan dalam membersihkan masker wajah sesuai dengan jenisnya.

Clay mask

Anda memiliki jenis kulit berminyak dan rentan terhadap jerawat? Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut adalah dengan menggunakan clay mask. Clay mask tidak hanya menyerap semua kotoran dan lemak, namun juga mampu mengencangkan, mengekfoliasi sel kulit mati, dan mengecilkan pori-pori. Agar lebih mudah mengaplikasikannya, masker wajah yang terbuat dari tanah liat ini dapat diaplikasikan dengan menggunakan kuas khusus masker wajah. Begitu pula saat membersihkannya. Basahi kepala kuas dengan air hangat dan gerakan kuas ke atas dan ke bawah di area wajah dengan memutarnya.

Mud mask

Meskipun memiliki tekstur yang nyaris sama dengan clay mask, namun keduanya merupakan jenis masker wajah yang sangat berbeda. Mud mask merupakan masker wajah yang terbuat dari lumpur dan cocok untuk jenis kulit kering dan sensitif. Anda bisa  membersihkan masker wajah yang mampu mencerahkan, melembutkan, dan menjaga elatisitas kulit ini dengan menggunakan kepala kuas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Kemudian, mulailah memijat setiap area dengan gerakan memutar ke atas. Setelah bersih, gunakan pelembap sebagai langkah akhir perawatan skin care.

Sheet mask

Jika membicarakan masker wajah yang praktis, tentu jawabannya adalah sheet mask. Anda cukup membuka kemasan, kemudian langsung mengaplikasikannya ke wajah. Cara membersihkannya pun tidak repot. Cukup membuang selembar sheet mask yang telah dipakai ke tempat sampah, kemudian pijat lembut setiap esensi berlebih yang tertinggal di wajah dan leher hingga meresap ke dalam kulit.

Peel-off mask

Akan ada kepuasan tersendiri ketika Anda dapat melihat kotoran wajah terangkat secara langsung dan jelas, bukan? Begitulah cara kerja peel-off mask. Namun, apakah cara yang digunakan untuk melepas peel-off mask selama ini sudah benar? Akan terasa menjengkelkan jika Anda tidak berhasil melepasnya dengan sempurna. Oleh karena itu, bersihkan peel-off mask dengan menariknya secara perlahan. Anda bisa memulai dari dagu, dahi, atau pipi, asalkan menariknya dari arah luar.

Cream mask

Sebagian produk cream mask digunakan selama satu malam dan dibawa tidur. Masker wajah ini dapat memberi kelembapan pada kulit dan cocok untuk jenis kulit normal ke kering. Cara membersihkannya pun cukup mudah, yaitu menggunakan tisu berbahan lembut, kemudian pijat residu yang tersisa di kulit. Jika krim yang digunakan harus dibilas, gunakanlah waslap hangat dan oleskan pelembap sebagai langkah akhir.

Exfoliating mask

Masker wajah yang umumnya terbuat dari tanah liat atau gel ini mampu mengelupas sel-sel kulit mati sehingga membuat wajah lebih bercahaya. Biasanya, exfoliating mask diaplikasikan seperti pembersih wajah dan mengandung microbeads alami. Bersihkan exfoliating mask yang terbuat dari tanah liat dengan menunggu hingga masker kering, lalu basahi wajah dengan air hangat dan pijat lembut dengan gerakan melingkar ke atas. Kemudian, bilas sampai bersih menggunakan air hangat.

Sedangkan masker yang terbuat dari gel, ikuti petunjuk kemasan, lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar ke atas sebelum melepasnya dengan waslap hangat. Tidak lupa juga, gunakan pelembap sebagai langkah akhir skin care rutin Anda.

Charcoal mask

Saat ini banyak produk kecantikan yang menggunakan arang charcoal sebagai bahan utamanya, termasuk masker wajah. Popularitas jenis arang ini semakin tinggi karena kualitas penyerapannya yang dapat membantu mengeluarkan racun dan kotoran dari permukaan kulit. Namun, warnanya yang hitam membuat sebagian orang sulit membersihkannya. Apakah Anda juga begitu? Menurut Vanda Serredor, seorang ahli facial dan perawatan tubuh, cara yang tepat untuk membersihkan charcoal mask adalah dengan menggunakan kain muslin yang dibasahi air hangat. Pijat lembut kain pada wajah sembari Anda membersihkannya.

Baca juga: Bolehkah Masker Wajah Digunakan Setiap Hari? Ini Jawaban dari Ahlinya!

PREVIOUS ARTICLE

Rekomendasi Produk Maybelline dengan Formula Waterproof, untuk Hasilkan Makeup Awet Seharian

NEXT ARTICLE

Mulai dari Natural Hingga Bold, Berikut Inspirasi Makeup Choi Soo Young yang Menarik untuk Anda Tiru

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments