ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ragam Masalah Kulit yang Mungkin Dapat Terjadi Jika Anda Kurang Tidur

Sudah tahu kan kalau idealnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 8 jam setiap harinya? Namun, pekerjaan yang menumpuk dan binge-watch kenyataannya malah sering membuat kita sulit untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Padahal, kurangnya waktu tidur bisa mendatangkan berbagai dampak buruk bagi tubuh, lho! Dan tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja, kulit pun bisa terkena imbasnya. Kalau Anda tak ingin berbagai masalah kulit di bawah ini terjadi, yuk mulai benahi pola tidur!

Penuaan Dini

Kurang Tidur

Sebagian dari Anda mungkin belum tahu bahwa kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan penuaan dini. Efek ini masih berhubungan dengan meningkatnya kadar kortisol pada tubuh. Dalam kadar yang tinggi, hormon ini dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Akibatnya, kulit pun akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan. Misalnya sajakulit mudah kendur, tampak keriput, serta berkurangnya elastisitas kulit.

Kulit Kusam

Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan kadar hormon kortisol meningkat. Hormon ini dapat memicu terjadinya inflamasi yang akan merusak protein yang menjaga kulit tetap lembut dan bercahaya. Selain itu, kurang istirahat juga menyebabkan aliran darah dan oksigen pada tubuh menjadi tidak lancar. Akibatnya, kulit akan terlihat ashy dan kusam.

Baca juga: 5 Kebiasaan Merawat Kulit yang Perlu Dilakukan Sedari Sekarang untuk Mendapatkan Kulit Sehat

Dark Circle

Kurang Tidur

Jika begadang semalaman saja sudah sukses mendatangkan dark circle, bagaimana kalau Anda melakukannya selama berhari-hari? Saat tubuh kurang tidur, pembuluh darah pada area bawah mata akan melebar. Nah, karena kulit pada sekitar mata tergolong tipis, pembuluh darah yang melebar ini akan tampak dan menyebabkan dark circle. Selain itu, kadar air kulit yang berkurang juga membuat dark circle dan kantung mata semakin terlihat jelas. Jika hal ini terjadi, Anda bisa meredakan efeknya dengan mengompres mata menggunakan kantung teh atau es batu. Tapi, cara ini tak akan langsung mendatangkan hasil yang instan, ya! Anda perlu melakukannya secara rutin sambil tetap membenahi jam tidur.

Kulit Kering

Kurang Tidur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kurang tidur dapat meningkatkan inflamasi pada kulit. Lama-kelamaan, hal ini dapat merusak fungsi skin barrier, yakni lapisan kulit yang berfungsi mengikat cairan pada kulit. Akibatnya, kulit akan mudah mengalami kekeringan dan dehidrasi. Untuk mencegah terjadinya hal ini, pastikan Anda menggunakan pelembap yang mampu menghidrasi kulit dengan baik.

Baca juga: Lupa Menghapus Makeup Sebelum Tidur? Ini yang Harus Anda Lakukan!

Breakout

Kurang Tidur

Saat tidur terlalu larut, Anda mungkin menyadari bahwa kulit wajah memproduksi lebih banyak sebum. Produksi sebum yang lebih banyak disebabkan oleh hormon kortisol yang meningkat saat Anda kekurangan tidur. Dengan meningkatnya sebum yang diproduksi, risiko penyumbatan pori-pori dan pembentukan jerawat baru pun akan semakin besar. Nah, jika tak ingin kelima masalah kulit ini mampir ke wajah Anda, cukupi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan istirahat dengan tidur selama 8 jam setiap hari.

PREVIOUS ARTICLE

Yuk, Atasi Milia di Wajah Secara Aman dengan Menggunakan 5 Bahan Alami Ini!

NEXT ARTICLE

Vega Organics, Lini Skin Care Milik Nadia Vega yang Menawarkan Produk Skin Care Organik dengan Harga Terjangkau

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

10comments


  • Vanesa valensca1 month ago

    HMM kenapa ini kayak aku semua ya... Gila sih efeknya begadang nggak worth it banget

  • Riri Rin1 month ago

    waduh kurang tidur bahaya juga ya ternyata

  • Elly Sismawati1 month ago

    ??

  • Shinta Dwi Hartanu Shafa1 month ago

    jadi ini kenapa aku jadi kusam:’)

  • Ananda Salsabila1 month ago

    truee parahh

  • Reta Nidya1 month ago

    Makasih infonyaa

  • Evania Raihan2 months ago

    pantesan aku kusem aku akhir2ini sering begadang

  • Reina Anggita2 months ago

    The struggle

  • Anisa Suciati2 months ago

    Hmmm semuanya ada pada diriku wkwkwk

  • mutiara ardini2 months ago

    pengen banget punya jam tidur teratur, tapi susaaahhh banget