ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Mulai dari Anti-aging hingga Redakan Jerawat, Inilah Manfaat Manfaat Willow Bark untuk Kecantikan Kulit

Jika Anda adalah penonton setia serial Harry Potter, penampakan pohon raksasa dengan cabang yang dapat bergerak sendiri di Hogwarts mungkin sudah terasa familiar. Whomping Willow atau Pohon Dedalu Perkasa merupakan pohon magis yang menjadi jalan rahasia dari Hogwarts menuju Shrieking Shack di Hogsmeade. Tak hanya ajaib dalam film, khasiat dari kulit pohon dedalu (willow bark) rupanya juga menyimpan sederet manfaat ajaib untuk kulit, lho! Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, lihat di bawah!

Baca juga: Potterhead, Siap-Siap Koleksi Produk Kecantikan Bertema Harry Potter Ini!

Kandungan yang Terdapat dalam Willow Bark

Manfaat Willow Bark untuk Kulit

Pohon dedalu terdiri atas beberapa jenis. Namun, ekstrak willow bark untuk kecantikan biasanya paling banyak diambil dari white willow bark yang berasal dari white willow tree. Pasalnya, white willow bark memiliki kandungan salicin yang paling tinggi. Salicin sendiri merupakan kandungan yang mana saat dikonsumsi, akan diproses menjadi salicylic acid (BHA) oleh tubuh.

Walau mengandung salicin yang dapat diproses menjadi salicylic acid, kandungan willow bark dalam produk kecantikan tetap tidak bisa menggantikan efek dari salicylic acid. Meski demikian, salicin tetap memiliki manfaat anti-inflammatory dan antiseptic yang dapat membantu menenangkan kulit. Selain salicin, ekstrak kulit pohon dedalu ini juga mengandung flavanoids, polyphenols, dan tannins yang akan membantu merawat kulit.

Manfaat Willow Bark untuk Kulit

Manfaat Willow Bark untuk Kulit

Nah, dengan deretan kandungan yang terdapat dalam willow bark extract, berikut manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan:

  • Anti-aging

    Menurut sebuah studi di tahun 2010, ditemukan bahwa salicin dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Mulai dari membantu menyamarkan kerutan atau garis halus, mengurangi tampilan pori-pori besar, hingga mengembalikan warna cerah pada kulit.

  • Membantu mengontrol produksi minyak

    Willow bark extract mengandung tannins yang merupakan astringent, sehingga dapat membantu mengecilkan pori-pori sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih pada pemilik kulit berminyak.

  • Membantu merawat kulit berjerawat

    Berkat efek anti-inflammatory dari kandungan salicin, willow bark extract dapat membantu mengurangi inflamasi yang terjadi pada jerawat (kulit memerah dan membengkak di sekitar jerawat).

  • Melindungi kulit dari faktor lingkungan

    Seperti kebanyakan ekstrak tumbuhan, willow bark mengandung flavanoids dan polyphenols yang kaya akan anti-oksidan, sehingga dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas yang meliputi sinar UV serta polusi. Secara tak langsung, khasiat anti-oksidan ini pun membantu mengurangi tanda penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Membantu merawat kondisi kulit tertentu

    Selain itu, kandungan polyphenols juga akan membantu menjaga kelembapan kulit dan memiliki khasiat anti-inflammatory dan antibacterial yang akan membantu merawat kulit dengan kondisi tertentu seperti kulit berjerawat, kulit dengan eczema, rosacea, atau psoriasis.

Baca juga: Mengenal Rosacea, Kondisi Kulit yang Ditandai dengan Munculnya Kemerahan di Wajah

PREVIOUS ARTICLE

Idealnya, Seberapa Seringkah Anda Harus Melakukan Perawatan Facial?

NEXT ARTICLE

5 Gaya Rambut Ala Korea yang Diprediksi Bakalan Hits Sepanjang 2019

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments