ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Rosehip Oil, Kandungan Skin Care yang Kaya akan Segudang Manfaat

Jika mendengar nama rosehip oil, mungkin yang pertama terbayangkan oleh Anda adalah minyak yang berasal dari kelopak bunga mawar (rose). Padahal, sebenarnya rosehip oil berbeda dengan rose essential oil yang berasal dari kelopak bunga mawar. Rosehip oil yang juga disebut dengan nama Rose Hip Seed Oil berasal dari biji rose hips. Nah, rose hips adalah ‘buah’ yang tertinggal setelah mawar berbunga dan kelopaknya gugur.

Kaya akan anti-oksidan, fatty acids yang baik untuk tubuh dan kulit, serta vitamin, penggunaan rosehip oil kini semakin marak ditemui dalam berbagai kandungan produk perawatan kulit bahkan kerap disebut-sebut sebagai salah satu kandungan skin care yang paling dicari karena segudang manfaatnya. Penasaran apa saja sebenarnya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari rosehip oil? Yuk, simak di bawah!

Baca juga: 5 Rekomendasi Brand Essential Oil yang Aman dan Terjangkau

1. Khasiat Anti-Aging yang Efektif

Rosehip Oil

Nah, manfaat inilah yang membuat rosehip oil sangat populer dan digemari. Tentu semua perempuan ingin selalu tampil awet muda, kan? Ada beberapa alasan kenapa rosehip oil bermanfaat untuk anti-aging, yang pertama adalah kemampuan rosehip oil untuk terserap hingga ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam untuk menutrisi secara menyeluruh. Kedua, rosehip oil sangat kaya akan anti-oksidan, dimana anti-oksidan berperan penangkal radikal bebas yang  menjadi faktor utama penuaan.

2. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Rosehip Oil

Rosehip oil kaya akan unsaturated fatty acids, linoleic, dan linolenic acids. Nah, ketiga komponen ini terlibat dalam proses membrance generation, growth, serta inprotaglandin synthesis, atau secara singkatnya, ketiga komponen ini terlibat dalam banyak proses regenerasi sel, termasuk sel kulit. Bahkan, dalam beberapa studi ditemukan fakta bahwa pemakaian rosehip oil selama 3 bulan secara rutin dapat membantu proses pemulihan luka pada wanita yang mengalami proses masektomi atau pengangkatan payudara hingga hanya meninggalkan bekas luka yang samar.

3. Membantu Proses Penyembuhan Luka

Rosehip Oil

Berkat kemampuan rosehip oil dalam membantu proses regenerasi kulit, salah satu manfaat terpopuler minyak ini yang lain adala membantu proses penyembuhan luka. Berdasarkan hasil studi yang sama, beberapa peneliti meyakini bahwa khasiat rosehip oil untuk proses penyembuhan luka tidak lepas dari peran transretinoic acid, yang merupakan komponen dengan kemampuan anti-inflamasi, yang mendorong kerja sel-sel kulit untuk proses regenerasi. Sehingga, tidak heran jika ada beberapa pemilik kulit berjerawat yang juga menggemari minyak ini.

4. Ampuh Melembapkan Kulit

Rosehip Oil

Kulit kering dan iritasi: dua masalah yang mungkin terasa sangat mengganggu untuk kebanyakan perempuan. Jika Anda juga memiliki permasalahan tersebut, penggunaan rosehip oil secara rutin dapat menjadi jawabannya. Kaya akan fatty acids, yang merupakan kandungan utama dalam kebanyakan produk moisturizerrosehip oil mampu melembapkan dan menghidrasi kulit secara mendalam. Berkat khasiat melembapkan ini juga, rosehip oil dapat meredakan iritasi, bahkan beberapa kondisi kulit seperti eczema dan rosacea.

5. Memberi Perlindungan dari Sinar UV dan Polusi

Rosehip Oil

Polutan (asap kendaraan, asap pabrik, sinar UV) dapat menyebabkan radikal bebas yang berdampak buruk pada kulit, mulai dari menimbulkan flek hitam, hingga mempercepat timbulnya tanda-tanda penuaan seperti garis halus. Nah, rosehip oil yang kaya akan anti-oksidan dapat membantu menangkal bahaya radikal bebas, sekaligus memperkuat lapisan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A dan fatty acids dalam rosehip oil juga akan membantu memperbaiki kondisi, warna, dan tekstur kulit yang mungkin terpengaruh oleh polusi dan sinar UV.

Keunggulan Lain Rosehip Oil

Selain kelima manfaat di atas, rosehip oil juga memiliki keunggulan lain yang membuatnya menjadi salah satu kandungan skin care yang begitu populer. Salah satunya adalah tekstur rosehip oil yang sangat ringan dan cepat menyerap, sehingga nyaman digunakan oleh seluruh jenis kulit, termasuk kulit berminyak. Berbeda dengan essential oil yang biasanya cenderung terlalu berkonsentrasi tinggi sehingga perlu dilarutkan terlebih dahulu, rosehip oil aman dan dapat digunakan secara langsung pada kulit, bahkan setiap hari.

Baca juga: Ingin Mencoba Essential Oil untuk Perawatan Kulit? Ini Beberapa Hal Seputar Essential Oil yang Perlu Anda ketahui

PREVIOUS ARTICLE

Wajah Bebas Kilau Sepanjang Hari dengan Rekomendasi Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak Berikut

NEXT ARTICLE

Rangkaian Skin Care yang Dibuat Khusus untuk Generasi Millennial

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments