ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Sering Menjadi Kandungan Utama Skin Care, Sebenarnya Apa Sih Manfaat Anti-Oksidan Bagi Kulit?

Mulai dari face wash hingga krim mata, rasanya mudah sekali bagi kita untuk menemukan kandungan anti-oksidan pada berbagai produk perawatan kulit. Penggunaan anti-oksidan dalam produk skin care tentunya memiliki tujuan khusus, yaitu untuk melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Namun, sebenarnya kerusakan-kerusakan seperti apa sih yang dapat ditangani dengan anti-oksidan? Ini dia jawabannya!

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Manfaat Anti-Oksidan

Kandungan anti-oksidan akan mudah sekali Anda temukan pada produk-produk perawatan kulit yang memiliki klaim anti-aging. Sebenarnya sih, kecil sekali kemungkinan kerutan dan garis halus yang sudah terbentuk untuk benar-benar hilang. Namun, anti-oksidan dipercaya mampu memperbaiki struktur kulit, sehingga kulit akan lebih plump dan tampak lebih muda. Jenis anti-oksidan yang ampuh mengatasi masalah kerutan dan garis halus adalah vitamin E, coffee berry, dan resveratrol.

Baca juga: Anti-Oksidan vs. Radikal Bebas

Anti-Inflamasi

Manfaat Anti-Oksidan

Inflamasi merupakan salah satu musuh utama kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor internal, di antaranya makanan yang dikonsumsi, stres, serta merokok dan beberapa gaya hidup buruk lainnya. Selain internal, masalah kulit ini juga dapat dipengaruhi ileh faktor eksternal, seperti paparan sinar UV dan juga polusi udara. Jika sudah mengalami inflamasi, Anda pun akan rentan mengalami beberapa masalah kulit. Contohnya saja, breakout, rosacea, serta kulit yang megendur  dan kekusaman. Anti-oksidan seperti teh hijau dan alpha lipoic acid dipercaya mengurangi dampak buruk inflamasi dengan cara meningkatkan sirkulasi metabolisme sel kulit.

Meminimalisir Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Manfaat Anti-Oksidan

Meskipun memiliki manfaat untuk kulit, paparan sinar UV yang berlebih dapat menimbulkan kerusakan pada kulit, seperti terbakar, kering, dan mudah berkeriput. Untuk mengatasi hal ini, butuh anti-oksidan yang dapat menstimulasi peredaran darah, sehingga regenerasi sel akan berlangsung lebih cepat. Resveratrol merupakan jenis anti-oksidan yang biasa ditemukan dalam anggur merah. Kandungan ini dipercaya mampu melindungi kulit dari sinar UVA. Tak hanya itu, anti-oksidan dari vitamin C dan E juga dapat mencegah kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Skin Care dengan Anti-oksidan untuk Menangkal Radikal Bebas 

Mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat Anti-Oksidan

Radikal bebas dalam tubuh, dapat ‘mencuri’ elektron dari sel kulit yang sehat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, salah satunya jerawat. Dengan menggunakan skin care yang memiliki kandungan anti-oksidan, radikal bebas akan berhenti mengganggu sel kulit yang sehat sekaligus mencegah racun-racun untuk terserap lebih dalam ke kulit. Selain mencegah pembentukan jerawat, anti-oksidan juga membantu mengurangi tampilan bekas jerawat berkat kemampuannya dalam memperbaiki struktur kulit.

Meratakan Warna Kulit

Manfaat Anti-Oksidan

Kulit yang tadinya mulus bisa menjadi tidak rata warnanya akibat paparan matahari, pertambahan usia, atau bekas jerawat. Jika masalah ini mengurangi rasa percaya diri, Anda bisa merawatnya dengan skin care yang memiliki kandungan anti-oksidan seperti vitamin C, niacinamide, atau green tea. Ketiga kandungan tersebut sudah terbukti memiliki kemampuan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah.

PREVIOUS ARTICLE

Review: Kurangi Tampilan Minyak di Wajah dengan Innisfree Super Volcanic Peel Off Mask 2X

NEXT ARTICLE

Tengah Banyak Diminati Pecinta Skin Care, Ini 5 Rekomendasi Jade Roller dari Brand Lokal yang Menarik Dicoba

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments