ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Selain Bisa Membuat Kulit Glowing Bak Wanita Jepang, Ini Lho Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit Lainnya yang Perlu Anda Ketahui

Tak hanya wanita Korea, wanita Jepang pun dikenal memiliki kulit yang cerah dan bersinar.  Ternyata, salah satu rahasia kecantikan kulit mereka adalah air beras. Sudah sejak zaman dahulu para petani di kawasan Asia seperti, Korea, Cina, dan juga Jepang memakai air rendaman beras untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit. Air beras sendiri kaya akan vitamin seperti B1, C, E, mineral, dan asam ferulat, yang merupakan anti-oksidan alami. Namun, selain bisa untuk membuat kulit glowing seperti wanita Jepang, ternyata manfaat air beras untuk kulit masih banyak, lho! Simak yuk, manfaat apa saja yang bisa diberikan air beras untuk kulit Anda.

Baca Juga: Air Beras, Bahan Alami yang Ampuh untuk Mendapatkan Rambut Panjang dan Hitam Berkilau

1. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat Air Beras

Untuk Anda yang memiliki pori-pori besar, Anda dapat memanfaatkan air rendaman beras sebagai toner wajah. Toner dari air beras ini jika secara rutin digunakan dapat membantu mengecilkan pori-pori wajah. Cara pemakaiannya pun cukup mudah: Siapkan 4 sendok makan beras pada sebuah wadah, lalu rendam beras dengan air sekitar 10 menit lamanya hingga warna air berubah menjadi seperti susu. Kemudian, masukkan kapas kedalam air rendaman beras tersebut, lalu tepuk-tepukan kapas pada wajah secara merata dan biarkan hingga kering.

2. Mencerahkan Kulit Secara Alami 

 

Manfaat Air Beras

Air beras sejak dulu dikenal sebagai bahan pencerah alami untuk kulit. Hal itu dikarenakan beras memiliki bahan pemutih kulit alami sehingga aman untuk semua jenis kulit. Anda cukup mengolah air beras dengan cara yang sederhana. Pertama cuci beras dengan air bersih, selanjutnya saring beras dan cuci kembali sampai air yang didapatkan benar-benar bersih. Simpan air saringan beras tersebut dalam sebuah botol dan biarkan semalaman sampai bagian tepung beras mengendap dari airnya. Keesokan paginya, pisahkan endapan dengan air ke wadah yang berbeda. Gunakan endapan sebagai scrub wajah, terakhir bilas wajah menggunakan air beras. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan treatment tersebut 2 hingga 3 kali seminggu.

Baca Juga: Cerahkan Wajah Kusam Dengan Masker Beras Buatan Sendiri

3. Menyembuhkan dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat Air Beras

Sedang timbul jerawat? Jangan khawatir, air beras bisa membantu untuk segera mengeringkan jerawat Anda. Tak hanya itu, air beras juga sekaligus bisa menghilangkan bekas jerawat. Mirip dengan nomor 2, Anda cukup merendam beras dengan air bersih (sebelumnya cuci bersih beras terlebih dahulu), rendam beras sampai bagian yang seperti tepung terkumpul di bawah, pisahkan air dari tepung beras tersebut dan ambil tepungnya yang masih basah. Aplikasikan tepung beras tadi sebagai masker ke seluruh bagian wajah yang berjerawat atau bekas jerawat kurang lebih selama 15 menit. Lakukan perawatan ini 1 sampai 2 kali seminggu. Selain bisa menghilangkan noda bekas jerawat, masker beras ini juga bisa menghilangkan flek pada wajah akibat sinar UV lho!

4. Mengatasi Eksim dan Gatal-Gatal

Manfaat Air Beras

Air beras juga dapat digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami penyakit dermatitis, meredakan rasa gatal, eksim, psoriasis, dan ruam kulit. Rendam 4 hingga 5 sendok air beras dengan air bersih, kemudian rendam kain/waslap bersih dalam rendaman air beras tersebut. Kompreskan pada bagian kulit yang gatal atau terkena eksim, diamkan selama beberapa menit kemudian angkat sebelum kain engering.

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk membuat racikan air beras sendiri, tapi tetap ingin merasakan manfaat air beras untuk kecantikan kulit tidak perlu khawatir, karena kini di pasaran sudah banyak produk-produk skin care yang memiliki kandungan air beras.

PREVIOUS ARTICLE

Tinted Moisturizer dari Brand Lokal yang Layak untuk Anda Coba dengan Harga di Bawah Rp100.000

NEXT ARTICLE

5 Tips Ampuh Hilangkan Jerawat dari Para Beauty Vlogger

RELATED ARTICLES

QC Content at Beauty Journal

COMMENTS

1comment


  • Dwi Puspitarini7 months ago

    Terimakasih infonya bermanfaat