ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Permasalahan Kulit Kering di Area Telinga dan Cara Mengatasinya

Siapa sih yang tidak menginginkan kulit sehat? Banyak orang yang melakukan perawatan kulit, khususnya pada bagian tubuh yang terlihat saja, seperti wajah, leher, atau tangan. Namun, apakah Anda pernah memberikan perhatian khusus pada kulit di area telinga? Kulit kering dapat mengganggu bagian tubuh mana saja, termasuk beberapa area yang bahkan tidak Anda duga, yaitu telinga. Rasa gatal atau kering yang biasanya disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Kemungkinan apa sajakah itu? Untuk mengetahui jawaban serta cara mengatasi kulit kering di area telinga, yuk, baca artikel ini hingga tuntas, ladies.

Penyebab kulit kering di area telinga

Jarang dibersihkan
Salah satu faktor utama kulit kering di area telinga adalah karena jarang dibersihkan sehingga kondisi telinga tidak lembap. Kotoran telinga berperan penting untuk menjaga saluran telinga tetap bersih dan lembap. Selain membuat kulit kering, kotoran telinga juga menyebabkan masalah pendengaran yang dapat semakin memperburuk kesehatan.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Menjaga Kebersihan Earphone Itu Penting, Lho! Ini Alasan dan Cara Membersihkannya

kulit kering area telinga

Paparan sinar matahari
Sama halnya seperti bagian kulit lain yang membutuhkan perlindungan dari paparan sinar matahari, kulit di area telinga pun demikian. Paparan sinar matahari dapat menghilangkan pelindung yang terbentuk secara alami pada kulit Anda. Pelindung ini terdiri dari lipid dan lemak yang berkontribusi pada retensi kelembapan kulit. Jika lipid ini terkikis oleh sinar UV yang berbahaya, maka masalah kekeringan pun dapat muncul.

Kondisi kulit
Kekeringan di dalam kulit Anda mungkin juga disebabkan oleh beberapa kondisi kulit yang mendasar, seperti psoriasis, eksim, atau dermatitis seboroik. Segeralah hubungi dokter kulit jika memang kekeringan kulit terjadi di area telinga yang didasari oleh kondisi medis.

Baca juga: Cegah Kulit Kering Saat Liburan Musim Dingin dengan Selalu Siap Sedia 5 Produk Berikut Ini!

Cara mengatasi kulit kering di area telinga

Gunakan pelembap
Jika kekeringan terjadi pada bagian luar telinga, Anda bisa menggunakan salep topikal atau vaselin untuk membantu menjaga kelembapan. Namun, jika kekeringan terdapat di dalam saluran telinga, dokter akan menyarankan untuk mengobatinya dengan beberapa tetes obat telinga. Hindari menempelkan kapas ke telinga Anda karena dapat mengiritasi lapisan saluran telinga.

Hindari iritasi
Bahan-bahan kimia yang kuat seperti yang terdapat pada produk sabun atau pembersih dapat menyebabkan kekeringan pada kulit. Hindari iritasi kulit seminimal mungkin dengan hanya menggunakan produk perawatan kulit yang lembut.

kulit kering area telinga

Gunakan pelindung
Jika Anda berada di daerah yang lebih dingin, gunakanlah penutup telinga atau topi yang bisa menahan angin kencang atau suhu rendah agar kulit di area telinga tidak mengalami kekeringan. Sedangkan pada cuaca panas, Anda dapat mengoleskan sunscreen pada bagian telinga untuk mencegah lipid terkikis dari sengatan sinar matahari.

Obati secara medis
Jika kekeringan berasal dari kondisi kronis, carilah obat topikal yang dapat membantu meringankan gejala Anda. Konsultasikan dengan seorang profesional untuk mendapatkan obat atau penanganan yang tepat.

Baca juga: Review: Bioderma Atoderm Huile de Douche, Shower Oil untuk Atasi Kulit Kering yang Aman bagi Pemilik Kulit Sensitif

PREVIOUS ARTICLE

Rangkaian Perawatan untuk Tangan agar Bebas Kerut dan Senantiasa Lembut

NEXT ARTICLE

Pengalaman Relaksasi Singkat dalam Menemukan Aroma Fragrance yang Tepat di Butik Jo Malone

RELATED ARTICLES

Content writer at Beauty Journal

comments