ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Merasa Nggak Perlu Pakai Sunscreen? Coba Cek 5 Kriteria Ini Dulu, Apakah Anda Termasuk Sebagai Salah Satunya?

Tinggal di negara beriklim tropis membuat masyarakat Indonesia hampir setiap hari terpapar sinar matahari yang cukup terik. Namun, di saat bersamaan, masih banyak orang yang merasa tidak membutuhkan penggunaan tabir surya atau sunscreen. Alasannya, tekstur sunscreen terasa lengket, tidak kena sinar matahari langsung, atau karena merasa sudah memiliki cukup perlindungan dari makeup yang mengandung SPF. Padahal, paparan sinar UV dari matahari memiliki banyak dampak buruk untuk kulit dan kesehatan, lho! Jika termasuk salah satu dari 5 kriteria berikut, artinya Anda wajib menggunakan sunscreen, ya!

1. Menggunakan motor sehari-hari

kriteria perlu sunscreen

Baik mengendarai motor sendiri, nebeng dengan teman, maupun naik ojek online, sudah pasti Anda akan terekspos dengan sinar matahari. Sekadar menggunakan jaket, masker, dan helm saja tidak cukup. Paparan sinar UV tetap dapat mempengaruhi kulit Anda selama perjalanan. Apalagi, kalau jarak tempuh yang Anda lalui cukup jauh. Untuk beberapa orang, berada di luar selama 5 menit saja dapat membuat kulit Anda terpapar dampak buruk sinar UV, lho!

2. Beraktivitas di luar ruangan atau berada di dalam ruangan yang dekat dengan jendela

kriteria perlu sunscreen

Kalau beraktivitas di luar ruangan, tentu Anda akan terkena paparan sinar UV secara langsung. Namun, bukan berarti apabila Anda bekerja dalam ruangan lantas tidak akan terkena paparan sinar matahari, nih. Sinar UV tetap dapat menembus jendela dan mempengaruhi kondisi kulit. Oleh karena itu, apabila Anda bekerja dalam ruangan yang dekat jendela, sebaiknya tetap menggunakan sunscreen, ya!

3. Kulit tampak kusam

kriteria perlu sunscreen

Dalam sinar UV, terdapat radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel dan kolagen di dalam kulit. Saat sel kulit dan kolagen rusak, pertahanan kulit terdapat faktor lingkungan seperti polusi dan debu pun melemah. Alhasil, kulit pun menerima dampak buruk yang lebih besar saat terpapar polusi, terlihat kusam, serta mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Kalau kulit Anda tetap terlihat kusam walau sudah rutin menggunakan pelembap dan serum, mungkin kebiasaan melewatkan sunscreen menjadi penyebabnya, lho!

Baca juga: Mengenal Radikal Bebas yang Mengintai Setiap Hari dan Dampaknya Pada Kulit

4. Muncul noda gelap di kulit

kriteria perlu sunscreen

Kalau membahas mengenai dampak sinar matahari, mungkin masih banyak anggapan bahwa sinar matahari membuat kulit tampak gelap. Nah, sebetulnya sinar matahari bukan membuat kulit menjadi lebih gelap. Saat terkena sinar UV, kulit akan ‘melindungi diri’ dengan memproduksi lebih banyak melanin, yaitu pigmen yang berperan memberi warna pada kulit. Produksi melanin yang meningkat ini dapat menyebabkan munculnya noda gelap pada kulit, sehingga kulit tampak lebih kusam dan gelap setelah terkena paparan sinar matahari. Menggunakan sunscreen secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah munculnya noda gelap pada kulit.

5. Kulit mudah terbakar

kriteria perlu sunscreen

Apabila kulit Anda rentan memerah, terbakar, dan terasa perih saat berada di bawah sinar matahari atau beraktivitas di luar ruangan, kemungkinan besar salah satu penyebabnya adalah kurangnya penggunaan sunscreen. Walaupun permasalahan ini lebih sering ditemukan pada pemilik kulit berwarna terang, namun bukan berarti Anda yang memiliki kulit lebih gelap tidak membutuhkan sunscreen, lho! Apapun warna kulit Anda, paparan sinar matahari secara berkepanjangan tetap membuat kulit Anda berisiko terbakar.

* * * * *

Jika disimpulkan, paparan sinar matahari dapat menyebabkan rusaknya sel kulit, kolagen, hingga meningkatkan produksi melanin yang pada akhirnya dapat menyebabkan kulit tampak kusam, penuaan dini, hingga kulit terbakar. Itulah kenapa jika Anda termasuk salah satu dari kriteria di atas, penggunaan sunscreen sangatlah penting untuk mencegah terjadinya permasalahan pada kulit.

kriteria perlu sunscreen

Nah, apabila Anda malas menggunakan sunscreen karena teksturnya yang identik dengan rasa lengket, Anda bisa menggunakan Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF50+ PA++++ untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sunscreen ini juga dilengkapi kandungan aqua micro capsule yang akan memberi sensasi sejuk pada kulit, serta memiliki tekstur ringan seperti air yang mudah meresap tanpa meninggalkan rasa lengket pada kulit.

PREVIOUS ARTICLE

Orange Blossom Solidarity Balm, Produk Baru L'Occitane untuk Dukung Para Wanita di Afrika

NEXT ARTICLE

Pentingnya Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan Cara yang Benar

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

10comments


  • Feby Fatimah2 hours ago

    Klo aku sih wajib bgt secara matahari sekarang jahat bgt..aku pernah selama 2 bulan ga pake suncreen atau apapun diwajah dan alhasil byk freckless nya dan kulit jd hitam dan kusam😔

  • Frisilia Nadhira6 hours ago

    proteksi dengan sunscreen memang penting banget! hasilnya bakal terasa beberapa tahun kedepan, pasti <3

  • dhea hanun nabila6 hours ago

    thx infonya

  • SINTA INDRIANI12 hours ago

    good

  • Alifah Azka1 day ago

    😆😆😆

  • Asty Melinda1 day ago

    Makasih infonyaaa

  • Kurnia Putri1 day ago

    Terimakasih infonyaa

  • Sheilla Widiatmoko1 day ago

    😍😍😍

  • Divi Ayu Rivtyana2 days ago

    ❤️❤️

  • Puspita Ayu2 days ago

    Terimakasihh infonyaaa