ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Kosmetik Murah, Belum Tentu Berbahaya

Kosmetik merupakan produk kegemaran wanita yang kerap digunakan sehari-hari. Saking gemarnya, sebagian wanita terkadang lupa kalau telah menghabiskan sejumlah gaji mereka hanya untuk membeli kosmetik. Kebanyakan wanita cenderung lebih tertarik untuk membeli produk kosmetik kelas middle-up ketimbang yang murah dengan alasan kualitas. Bahkan, ada juga wanita yang enggan menggunakan kosmetik murah karena mengangapnya sebagai produk yang berbahaya. Tapi, benarkah kosmetik murah itu memiliki kualitas buruk dan kandungan yang berbahaya? Yuk, kita cari tahu faktanya!

Kosmetik Murah Tak Selalu Berkualitas buruk

Sebagian wanita percaya kosmetik dengan harga yang mahal memiliki kualitas dan performa yang lebih baik dibandingkan kosmetik lain yang harganya lebih rendah. Tak heran jika ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membeli kosmetik mahal yang diharapkan bisa memberi manfaat lebih bagi kecantikan. Para wanita meyakini, di balik harga mahal yang mereka keluarkan, pasti ada formula spesial yang dapat membuat kualitas makeup lebih bagus dan tahan lama. Sayangnya, anggapan ini tidak selalu seperti itu adanya. Menurut ahli kosmetik sekaligus seorang pendiri situs kecantikan, Randy Schueller, ongkos yang digunakan untuk memilih bahan baku kosmetik hanya mencapai 15 persen dari harga yang dijual.

“Untuk produk kosmetik, harga tidak benar-benar berhubungan dengan kualitas,” ujar Schueller. Meski begitu, fakta tersebut rupanya sama sekali tidak menggoyahkan niat para wanita untuk beralih pada kosmetik yang lebih murah. Padahal, kosmetik murah yang tengah beredar di pasaran saat ini juga sudah banyak yang memiliki kualitas sebanding dengan produk dari merek high end. Jika ingin tahu, sebenarnya harga mahal yang selama ini Anda bayar hanyalah untuk menggantikan biaya pemasaran, kemasan, dan tentunya prestige dari sebuah merek. Tapi, bukan berarti Anda nggak boleh membeli kosmetik yang mahal, lho. Hanya saja Anda perlu berhati-hati supaya tak tertipu harga ‘mencekik’ dari sebuah kosmetik berkelas high end yang justru bisa bikin cekak.

Baca juga: Cermat Pilih Produk Kosmetik yang Aman

Tidak Semua Kosmetik Murah Itu Berbahaya

Bagi sebagian perempuan, membeli kosmetik dengan harga murah ternyata punya nilai kepuasan tersendiri. Mereka cenderung gampang sekali tergiur harga murah, diskon, atau promo-promo lainnya. Biar murah, tapi nggak murahan! Ungkapan tersebut ada benarnya juga. Harga murah tak lantas membuat suatu kosmetik layak untuk dicap sebagai produk berbahaya. Sebenarnya, ini hanyalah kabar burung yang kebenarannya patut untuk dipertanyakan. Karena itu, sebaiknya jangan sampai Anda termakan hoax kalau belum tahu benar bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Kalau sudah mendapat nomor dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia, walau harganya murah pun pasti produknya sudah lolos uji. Kosmetik baru bisa diindikasikan berbahaya jika mengandung bahan terlarang seperti timbal, rhodamin B, merkuri, hydroquinone dan beberapa jenis toxic lainnya. Lebih awas lagi melihat latar belakang brand yang dibeli, dan cek lagi kandungan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Bahaya Produk dan Alat Kecantikan Palsu

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Pelembap Drugstore untuk Mencegah Kulit Kering

NEXT ARTICLE

Setelah Sahur, Yuk Lakukan Hal Ini Agar Anda Tetap Cantik Selama Puasa

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Lia Susilawati2 months ago

    Setuju, produk Viva harganya murah tp kualitas ok....