ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Instagram Story Glossier yang Menghebohkan Internet

Dengan desain minimalis yang instagrammable, warna yang didominasi pink dan putih, serta deretan produk yang menuai ulasan positif, Glossier sukses memiliki jutaan penggemar yang terus bertambah. Tentu Anda pun sudah sering mendengar nama Glossier, bukan? Atau barangkali, Anda sudah pernah mencoba beberapa produk keluaran brand asal Amerika ini? Ada Milky Jelly Cleanser, Boy Broy, Wowder, Cloud Paint, Glossier You, serta Glossier Solution yang baru saja dirilis pada 18 Januari yang lalu.

Kontroversi Instagram Story Glossier

Namun, siapa yang menyangka kalau ternyata Glossier malah ‘tersandung’ kontroversi karena Instagram stories-nya. Di awal bulan Februari, akun Instagram Glossier (@Glossier) mengunggah serangkaian story Instagram mengenai Glossier Solution. Story tersebut dibuka oleh Jordana Mattioli, esthetician dari New York serta seorang staf sosial media dari Glossier dengan bahasan mengenai acid dan eksfoliasi.

Nah, dalam rangkaian story tersebut, Glossier membandingkan Solution dengan berbagai liquid exfoliant lainnya. Dalam perbandingannya, Glossier juga mengunggah foto masing-masing produk dari brand yang dijadikan pembanding dan menuliskan perbedaannya. P50 dengan formula asli (1970) menjadi contoh perbandingan pertama. Dalam story Instagramnya, Glossier menyebutkan bahwa P50 memiliki Salicylic Acid, yaitu AHA, di mana Solution pun juga memiliki kandungan yang sama dengan presentase 0.5%.

Kemudian, story Instagram tersebut dilanjutnya dengan perbandingan antara Solution dan Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant. Di sini, Glossier menuliskan bahwa Paula’s Choice ‘hanya’ mengandung BHA, sedangkan Solution mengandung BHA, AHA, serta PHA.  Sayangnya, perbandingan yang dilakukan Glossier sebenarnya kurang tepat. Karena, produk Paula’s Choice yang dijadikan pembanding memang tidak mengandung AHA maupun PHA, karena BHA lotion memang dikhususkan untuk mengatasi blackheads dan jerawat. Produk Paula’s Choice adalah single acid treatment dan memang bukan berarti lebih banyak acid lantas membuat sebuah produk menjadi lebih unggul.

Tidak berhenti sampai disitu, Glossier meneruskan perbandingan Solution dengan produk selanjutnya, PIXI Glow Tonic. Toner ini sudah sejak lama populer karena menuai banyak ulasan positif dengan harga yang cukup terjangkau. Namun, lagi-lagi Glossier membandingkan PIXI Glow Tonic yang ‘hanya’ mengandung AHA sebesar 5%, sedangkan Solution mengandung BHA, AHA, dan PHA dengan total presentase 10%. Padahal, sama seperti Paula’s Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid Exfoliant, PIXI Glow Tonic adalah produk dengan kandungan acid tunggal.

Selain melakukan perbandingan yang kurang sesuai, pada dasarnya membandingkan produk dengan produk kompetitor lainnya secara terang-terangan tentu terdengar kurang etis untuk sebagaian orang. Beauty blogger dan skin care expert Caroline Hirons mengungkapkan pendapatnya di blog post-nya. Beberapa beauty influencer di Indonesia seperti Kae Pratiwi dan Amalia Hayati/Deszell juga sempat mengungkapkan kekecewaannya akan Glossier di Instagram Story mereka. Sebagai sebuah brand yang terbilang baru dan mereka memilih produk yang sudah ada dan diakui sejak lama sebagai perbandingan memang cukup menuai kritik dari berbagai penjuru. Padahal tanpa perlu melakukan perbandingan seperti ini, Glossier Solution sudah sangat populer, lho! Tidak sedikit juga ulasan positif yang diberikan pada liquid exfoliant keluaran brand yang didirikan Emily Weiss ini. Bagaimana menurut Anda? Apa pendapat Anda tentang Instagram Stories dari Glossier ini?

Sumber Foto Cover

PREVIOUS ARTICLE

Ini yang Perlu Dipersiapkan Agar Sesi Konsultasi dengan Dermatolog Menjadi Lebih Efektif

NEXT ARTICLE

Kaya Akan Kandungan Nutrisi dan Vitamin, Ini Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments