ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

#PelukUntukOrangUtan: Kampanye Kiehl’s yang Memungkinkan Kita Semua Berkontribusi Menjaga Kelestarian Orangutan di Wehea Kalimantan

Beberapa satwa di Indonesia sudah terancam punah, dan informasi ini mungkin sebagian di antara kita yang sudah mengetahuinya. Namun, tahukah Anda kalau khusus untuk orangutan, populasinya sudah menurun sebanyak 80% di 75 tahun terakhir? The International Union for Conservation of Nature (IUCN) bahkan sudah mengklasifikasikan orangutan Borneo dan Sumatra “Critically Endangered“. Berdasarkan informasi dari WWF, kehilangan habitat, pembalakan liar, kebakaran hutan, perburuan dan perdagangan orangutan untuk menjadi satwa peliharaan adalah beberapa faktor yang menyebabkan hampir punahnya orangutan. Padahal, orangutan berperan penting untuk menyebarkan benih sehingga hutan-hutan bisa tetap lestari, dan kita yang hidup di dunia ini pun bisa merasakan manfaatnya seperti air bersih dan udara segar.

Kiehl’s memahami pentingnya untuk menyebarkan kesadaran akan kelestarian orangutan di Indonesia, terutama pada kita para beauty enthusiast. Itulah yang menjadi landasan Kiehl’s untuk kembali menggalakkan kampanye #PelukUntukOrangutan tahun ini. Sebelumnya, Kiehl’s juga pernah melakukan kampanye serupa di tahun 2016. Saat itu donasi sebesar 250 juta berhasil dikumpulkan dan didonasikan pada Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) yang digunakan untuk melindungi habitat orangutan. Tahun ini, YKAN kembali digandeng Kiehl’s untuk program CSR yang juga melibatkan Adinia Wirasti, Richard Kyle, dan tentunya kita semua.

#PELUKUNTUKORANGUTAN

Kiri ke kanan: Rizal Algamar, Richard Kyle, Venny Septianita, Caroline Foo, Adinia Wirasti, dan Melanie Masriel

Caroline Foo, General Manager of L’Oreal Luxe Indonesia yang turut hadir di acara #PelukUntukOrangUtan menyampaikan, “Sebagai brand skin care yang unggul di dunia, kami selalu menjalankan program CSR secara berkelanjutan. Semenjak masuk di Indonesia pada 2009, Kiehl’s selalu memegang komitmen kami untuk mengembangkan bisnis sekaligus memberi kontribusi pada masyarakat dan lingkungan.” Hal ini diteguhkan pula oleh Melanie Masriel selaku Communications, Public Affairs and Sustainability Director at L’Oréal Indonesia. “Kiehl’s sebagai bagian dari L’Oreal Group, secara brand dan secara company, punya satu komitmen luar biasa yaitu sharing beauty with all. Kami mau berbagi keindahan, bukan hanya beauty as beauty, tapi keindahan alam untuk sesama. Dalam komitmen ini, kami punya komitmen lagi yang sangat ambisius, yaitu L’Oreal ingin dalam praktik kesehariannya memberikan zero deforestation impact terhadap lingkungan.

Baca Juga: Kiehl’s X Autism Speaks: Gandeng Matthew McConaughey untuk Dukung Penyandang Autisme Agar Mendapat Hidup Lebih Baik

Sudah ada 3 langkah yang kami lakukan. Yang pertama, mulai 2010, seluruh bahan baku 100% sudah tersertifikasi RSPO. Yang kedua, kami memastikan ketertelusuran semua bahan baku sampai akar-akarnya, dan memastikan setiap supplier yang kami pilih melakukan sustainable plantation. Yang ketiga, kami juga melakukan field project development yang sudah dan sedang berlangsung, di antaranya adalah Sabah, Riau, Jambi, dan Kalimantan. Kami ingin merehabilitasi lahan gambut yang mudah sekali terbakar, dan juga melatih petani-petani untuk memastikan bahwa mereka hanya melakukan sustainable plantation practices. Kami juga ingin melestarikan kehidupan margasatwa, dan salah satunya adalah dengan melakukan kampanye #PelukUntukOrangUtan ini,” jelas Melanie.

Venny Septianita, Brand General Manager Kiehl’s menyampaikan bahwa donasi yang terkumpul dari kampanye #PelukUntukOrangutan ini akan disumbangkan pada YKAN untuk mendukung komunitas warga Dayak Wehea, Kalimantan, yang aktif dan berperan penting atas kelestarian hutan habitat orangutan.

Rizal Algmar, Ketua YKAN menuturkan bahwa kampanye ini membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari Petkuq Mehuey, komunitas warga Dayak, bisa juga disebut sebagai forest ranger yang konsisten melakukan patroli hutan di Hutan Lindung Wehea. Petkuq Mehuey inilah yang akan mencegah terjadinya penebangan liar, perburuan satwa tanpa izin, serta pembukaan lahan secara ilegal. “Fokus utama penggalangan dana kampanye #PelukUntukOrangutan tahun ini akan digunakan untuk menerapkan praktik pengelolaan terbaik bagi konservasi habitat Orang utan di Hutan Lindung Wehea dengan luas sekitar 38.000 hektar sebagai bagian dari 309.000 hektar habitat Orangutan di lanskap Wehea,” tambah Rizal.

Kiehl's #PelukUntukOrangUtan

Adinia Wirsati yang juga turut hadir saat itu ikut mengemukakan pentingnya kita untuk turut serta berkontribusi. “Sebenarnya, this is my way of giving back to world. Saya banyak banget syuting di alam. Kadang-kadang pekerjaan saya ini kan membuat saya banyak menunggu, di momen itu jadi terpikir, saya sudah ngasih apa ya untuk bumi ini? Ternyata dikasih kesempatan dari Kiehl’s, dan langsung saya iyakan. Kita bisa mensosialisasikan ke orang-orang untuk ikut dalam kampanye ini, dan nggak mesti ke Kalimantan kok, kita di mana saja bisa ikut ambil andil melalui kampanye #PelukUntukOrangUtan ini.”

Yuk, Ikut Berpartisipasi! 

  1. Kunjungi http://www.kiehls.co.id/pelukuntukorangutan untuk cek informasi dan memilih cara donasi mana yang paling sesuai untuk Anda.
  2. Ikuti hashtag #PelukUntukOrangUtan di media sosial.

Kiehl’s juga membuat kemasan khusus untuk Midnight Recovery Concentrate dalam 2 versi: kemasan khusus Adinia Wirasti yang menunjukkan orangutan dan habitatnya, dan kemasan khusus Richard Kyle yang menunjukkan orangutan sebagai penyebar benih yang punya peranan penting untuk ekosistem masa depan.

Sebagian cara yang bisa Anda lakukan untuk ikut berdonasi mudah sekali, lho. Yuk, ikut serta beri #PelukUntukOrangutan!

 

 

PREVIOUS ARTICLE

Ingin Kulit Wajah Lebih Lembap dan Kenyal? Coba Rekomendasi Avocado Oil Ini, Deh!

NEXT ARTICLE

Review: Make Over Powerstay Mattifying Transparent Powder, Bedak Tabur yang Cocok untuk Kulit Berminyak

RELATED ARTICLES

COMMENTS

9comments


  • Belsa Dzatun Niqatani1 week ago

    HUGGGGSS! ❤

  • Siti Aminatun1 week ago

    💖

  • rifa maulidah anwari2 weeks ago

    LOVE LOVE

  • rifa maulidah anwari2 weeks ago

    LOVE LOVE

  • Fairuza qonita3 weeks ago

  • Aulia Fz1 month ago

    😍😍😍😍

  • Syafika Azmi Bastian1 month ago

    love

  • Suari Pradnyastuti2 months ago

    Follbck yaaa ^^

    • Aisyah Bilqisth2 months ago

      @Suarii_pradnya followed :)

  • Monica natalia2 months ago

    What a concept , kiehls !