ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

5 Kesalahan Umum yang Mungkin Pernah Anda Lakukan saat Menentukan Jenis Kulit

Baik dalam memilih produk skin care maupun makeup, ada satu langkah yang bisa dibilang paling krusial, yaitu terlebih dahulu menentukan apa jenis kulit. Setelah mengetahuinya, Anda bisa langsung memilih produk yang tepat. Misalnya saja, sabun wajah dengan kandungan green tea untuk kulit berminyak, atau foundation dengan kandungan hyaluronic acid untuk kulit kering. Walaupun terdengar sederhana, nyatanya masih ditemukan beberapa kesalahan yang mungkin tanpa disadari pernah dilakukan banyak orang dalam menentukan jenis kulit. Untuk meminimalisir terjadinya kekeliruan, yuk, hindari 5 kesalahan berikut!

1. Tidak melihat kondisi kulit secara luas

Kesalahan dalam Menentukan Jenis Kulit

Kebanyakan produk skin care umumnya hanya menawarkan 2 varian produk; kering atau berminyak. Padahal, jenis kulit sendiri lebih dari itu, ada yang berkulit normal, kombinasi, bahkan juga sensitif. Tak hanya itu saja, kelima jenis kulit ini pun masih bisa dipecah lagi menjadi kulit sangat kering, kulit sangat berminyak, kulit berminyak dan dehidrasi (oily dehydrated), dan masih banyak lagi. Apabila Anda ingin mengetahui jenis kulit secara lebih spesifik, Anda juga bisa mencoba tes jenis kulit oleh skin expert Renée Roleau yang terdiri dari 9 tipe kulit di sini.

Baca juga: Masih Bingung Menentukan Jenis Kulit? Coba Lakukan Tes Mudah Ini di Rumah!

2. Mengabaikan kondisi kulit

Kesalahan dalam Menentukan Jenis Kulit

Usai mengetahui jenis kulit, sebagian orang mungkin akan langsung berfokus pada produk skin care yang sesuai dengan jenis kulit tersebut. Padahal, biasanya terdapat lebih dari satu masalah pada kulit. Sebagai contoh, kulit Anda bisa saja berminyak, namun juga dehidrasi sekaligus acne-prone. Atau, bisa saja Anda memiliki jenis kulit kombinasi yang disertai dengan masalah garis-garis halus. Nah, selain jenis kulit, jangan lupa pula untuk memerhatikan kondisi kulit yang Anda miliki, seperti hiperpigmentasi, PIH, acne prone, atau warna kulit kurang merata. Dan, pastikan Anda juga telah memilih produk skin care yang sesuai dengan jenis sekaligus kondisi kulit, ya!

Baca juga: Perbedaan Bekas Jerawat Post Inflammatory Hyperpigmentation dan Post Inflammatory Erythema yang Perlu Diketahui Para Wanita

3. Keliru membedakan kulit kering dan dehidrasi

Kesalahan dalam Menentukan Jenis Kulit

Mengacu pada artikel yang pernah ditulis Nisita mengenai perbedaan kulit kering dan dehidrasi, kulit kering adalah jenis kulit yang sudah didapatkan dari lahir, sedangkan kulit dehidrasi merupakan kondisi yang ana dapat dialami oleh jenis kulit apapun, termasuk yang berminyak. Kulit kering sendiri ditandai dengan kurangnya produksi minyak pada kulit, sedangkan kulit dehidrasi adalah kondisi kurangnya kadar air pada kulit. Nah, perawatan antara kulit kering dan kulit dehidrasi pun berbeda, sehingga Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa masalah kulit yang sebenarnya dimiliki.

Baca lebih lanjut: Jangan Disamakan! Kulit Kering dan Dehidrasi Perlu ditangani dengan Cara yang Berbeda

4. Salah memahami kulit sensitif

Kesalahan dalam Menentukan Jenis Kulit

Kulit terasa perih dan memerah setelah menggunakan skin care atau mudah berjerawat saat menggunakan produk baru? Belum tentu kedua hal ini menjadi indikasi Anda memiliki kulit sensitif, lho! Sebelum mengategorikan diri sebagai pemilik kulit sensitif, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa faktor yang membuat kulit jadi terasa perih, memerah, atau mudah berjerawat. Bisa saja kulit Anda mengalami reaksi tersebut karena kandungan acid dalam skin care, atau karena Anda memiliki sensitized skin yang disebabkan oleh over-exfoliating. Untuk memahami kulit sensitif lebih lanjut, Anda bisa membaca 3 artikel berikut:

5. Keliru menentukan jenis kulit karena penggunaan produk skin care

Kesalahan dalam Menentukan Jenis Kulit

Saat menggunakan produk skin care dengan kandungan yang ‘keras’ atau berkonsentrasi tinggi, hal ini dapat memicu masalah yang normalnya tidak terjadi pada kulit. Misalnya, saja Anda memiliki jenis kulit berminyak dan bejerawat, kemudian Anda menggunakan obat jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide yang dapat mengeringkan kulit. Alhasil, kulit pun jadi kering. Jika sudah demikian, jangan lantas menyimpulkan bahwa Anda memiliki jenis kulit kering dan langsung mengaplikasikan produk pelembap dengan tekstur yang berat, terutama kalau tak ingin kulit jadi semakin berminyak.

Baca juga: 5 Kandungan Pada Skin Care yang Sebaiknya Dihindari Pemilik Kulit Sensitif

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Daun Neem, Bahan Alami dari India yang Kaya Manfaat Kecantikan

NEXT ARTICLE

5 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Melakukan Threading Alis

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

10comments


  • Majestika Septikasari2 weeks ago

    Nah kan salah 🤣

  • Alfiani Kurniasari2 weeks ago

    noted :)

  • Fransisca Natalia2 weeks ago

    very helpful

  • Veronica Andrea3 weeks ago

    Thankyou!

  • Cilbong Cilbong1 month ago

    really useful! thankyouaaa!

  • Rizky Putri1 month ago

    Nice share👍

  • Lisaa yama1 month ago

    bnr bgt!

  • Ani Widiastuti2 months ago

    ya ampuunn.... aku banget ini yang pernah salah menentukan jenis kulit. nice share kak

  • Hesti Dewi2 months ago

    nice info

  • yori nastiti2 months ago

    😍😍👍🏻