Beauty

5 Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja Secara Efektif

Sebelum membeli sebuah produk skin care, mungkin kebanyakan dari Anda akan mencari ulasan dari produk tersebut terlebih dahulu untuk melihat apakah produk tersebut memiliki performa yang memuaskan atau tidak. Jika produk tersebut memiliki ulasan positif, dijagokan oleh banyak orang, apalagi direkomendasikan oleh beauty editor maupun beauty influencer, mungkin bisa membuat Anda semakin mantap untuk membeli produk tersebut, bukan?

Namun, bagaimana jika Anda sudah berminggu-minggu menggunakan produk skin care yang dijuluki holy grail oleh banyak ulasan namun belum merasakan efek apapun? Sebelum menyalahkan para penulis ulasan atau pembuat produk, coba cek dulu, jangan-jangan ada beberapa kebiasaan yang tanpa sadar kerap dilakukan sehingga membuat skin care tidak bekerja dengan efektif. Apa saja?

Baca juga: Hati-Hati! Kesalahan Mencuci Wajah Berikut Dapat Menyebabkan Kulit Anda Cepat Menua!

1. Menggunakan Produk Terlalu Sedikit atau Banyak

Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja dengan Efektif

Pada umumnyapetunjuk penggunaan sebuah produk akan berbunyi ‘aplikasikan secara merata pada wajah’ atau kalimat senada lainnya. Nah, sesuai dengan instruksi tersebut, apikasikanlah produk secara merata pada wajah. Jangan karena harga produk membuat kantong kering, lantas Anda berhemat dan menggunakan produk sedikit-sedikit saja karena merasa ‘sayang’. Alih-alih hemat, Anda justru tidak akan mendapatkan manfaat yang optimal dari produk tersebut. Di lain sisi, jika produk memiliki kandungan aktif seperti benzoyl peroxide atau retinol, penggunaan yang terlalu banyak juga akan membuat skin care tidak bekerja secara efektif dan malah berpotensi menyebabkan iritasi.

2. Mengaplikasikannya Pada Kulit dalam Keadaan Kering

Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja dengan Efektif

Kulit yang lembap memiliki kemmapuan menyerap yang jauh lebih baik ketimbang kulit kering. Inilah salah satu alasan terdapat aturan 3 detik dalam Korean Skin Care Routine dimana 3 detik pertama setelah mencuci muka dianggap sebagai waktu paling optimal untuk pengaplikasikan skin care agar terserap dengan efektif. Namun, tidak berarti Anda harus terburu-buru menyelesaikan rangkaian skin care segera setelah mandi, kok! Anda bisa memanfaatkan penggunaan face mist atau face spray untuk melembapkan kulit sebelum menggunakan skin care lainnya.

3. Urutan Aplikasi yang Kurang Tepat

Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja dengan Efektif

Meskipun terdengar sepele, urutan pemakaian skin care juga dapat mempengaruhi efektif atau tidaknya skin care bekerja, lho! Apabila Anda menggunakan skin care berbahan dasar minyak sebelum skin care dengan bahan dasar air, tentu saja skin care dengan bahan dasar air alias water-based tidak akan terserap dengan maksimal dan tidak dapat bekerja efektif. Begitu pula halnya dengan penggunaan skin care setelah sunscreen yang memiliki sifat ‘mengunci’ apapun yang ada di bawahnya. Pastikan agar urutan skin care Anda sudah tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

Baca juga: Tanpa Disadari, Ini Dia 5 Kesalahan Saat Mandi yang Dapat Merusak Kulit. Cari Tahu Yuk Cara untuk Menghindarinya!

4. Tidak Memberikan Waktu Cukup Lama untuk Skin Care Bekerja

Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja dengan Efektif

Berbicara mengenai waktu, ada dua kasus yang mungkin terjadi dalam penggunaan skin care, nih. Yang pertama, Anda mencoba skin care baru selama 1 minggu, kemudian saat melihat tidak ada efek yang berarti langsung dihentikan dan beralih pada produk lain. Padalah, skin care membutuhkan waktu yang cukup lama (bisa 1 – 3 bulan) untuk bisa menunjukkan hasilnya. Apalagi jika mengandung bahan-bahan natural dan organik, waktu yang dibutuhkan sampai hasilnya terlihat tidak bisa secepat yang diharapkan. Nah, kasus kedua adalah Anda tidak memberikan waktu yang cukup untuk skin care menyerap secara maksimal dan langsung menimpanya dengan produk lain. Beberapa jenis skin care seperti BHA dianjurkan untuk didiamkan selama 30 menit sebelum Anda dapat melanjutkan tahapan skin care routine. Agar tidak salah, selalu cek kembali petunjuk penggunaan produk, ya!

5. Tidak Melakukan Eksfoliasi

Kebiasaan yang Membuat Skin Care Tidak Bekerja dengan Efektif

Kandungan skin care akan terserap oleh kulit melalui pori-pori kulit. Nah, jika pori-pori dan lapisan kulit teratas Anda saja tertutup oleh kotoran, minyak, serta sel-sel kulit mati, tentu penyerapan kandungan skin care tidak akan efektif, kan? Untuk memaksimalkan proses penyerapan skin care, pastikan Anda melakukan eksfoliasi secara berkala untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran, minyak, dan membuka ‘jalan’ agar kandungan skin care terserap maksimal.

Baca juga: 5 Masalah yang Bisa Timbul Pada Kulit Wajah Jika Melakukan Eksfoliasi Berlebihan

PREVIOUS ARTICLE

Koleksi Makeup 2018 dari Wet n Wild Siap Menyapa Penggemar Makeup di Indonesia

NEXT ARTICLE

Mulai dari Serum, Ampoule, Hingga Booster, Ini 5 Skin Care yang Mengandung Vitamin C dari Brand Korea

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

1comment


  • thofik wiranata2 months ago

    nih mas @mochamadtaufan