ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Berikut Berpotensi Merusak Bulu Mata!

Melindungi mata dari debu hingga mengatur intensitas cahaya yang masuk, ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan berkat keberadaan bulu mata. Selain dapat melindungi, bagian tubuh ini juga mampu mempercantik mata kita. Tak heran, banyak wanita yang berlomba-lomba merias bulu mata demi mendapatkan tampilan yang cantik. Biasanya banyak wanita yang memilih treatment khusus seperti eyelash extension dan lash lift. Nah, selain memerhatikan kecantikannya, sebaiknya Anda juga perlu memerhatikan kesehatannya karena ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari berpotensi merusak bulu mata. Berikut ini lima di antaranya.

1. Tidur tanpa membersihkan makeup

Lelah beraktivitas seharian membuat kegiatan sesederhana membersihkan makeup terasa sangat berat untuk dilakukan. Apalagi bila makeup yang digunakan bersifat waterproof seperti maskara, misalnya. Meskipun berat, sebaiknya Anda tidak menjadikan hal ini sebagai kebiasaan, ya! Tidur dengan maskara yang tidak dibersihkan akan membuat bulu mata menjadi kaku, sehingga lebih rapuh terhadap gesekan. Akibatnya, bulu mata pun menjadi lebih mudah patah dan rontok.

2. Kebiasaan menarik eyelash extension

merusak bulu mata

Bila Anda menggunakan eyelash extension, sebisa mungkin hindari kebiasaan menyentuh apalagi menarik helaian bulunya. Eyelash extension ditempelkan pada bulu mata asli Anda. Maka itu, kebiasaan menarik helaian extension akan membuat bulu mata alami Anda tertarik. Lama-kelamaan, bulu mata akan mudah rontok dan dapat menggangu pertumbuhan bulu mata kedepannya.

Baca juga: 5 Kesalahan Besar Makeup Yang Membuat Bulu Mata Rontok

3. Panas

merusak bulu mata

Salah satu beauty hacks untuk membuat bulu mata lentik lebih tahan lama adalah dengan cara memanaskan eyelash curler menggunakan hair dryer sebelum digunakan untuk menjepit bulu mata. Cara ini mungkin ampuh, tapi sayangnya dapat menyebabkan kerusakan pada bulu mata Anda. Mengaplikasikan panas pada helaian bulu mata dapat merusak bulu mata, membuatnya rapuh atau bahkan terbakar.

4. Kurang perhatian terhadap makeup dan tools yang digunakan

merusak bulu mata

Makeup dan tools yang Anda gunakan dapat menjadi sarang bakteri. Jika bakteri ini berpindah dan menumpuk pada bulu mata, Anda berisiko mengalami kerontokan, kerusakan, atau infeksi pada bulu mata. Inilah alasan mengapa perlu memerhatikan masa pakai produk makeup dan kebersihan kuas makeup yang Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkan aplikator makeup yang melakukan kontak langsung dengan bulu mata, seperti eyeliner atau maskara.

Baca juga: 7 Situasi di Mana Penggunaan Makeup Dapat Mengganggu Kesehatan Mata. Apa Saja?

5. Terlalu kasar saat membersihkan makeup

merusak bulu mata

Setiap kali menggunakan makeup, kita perlu membersihkannya dengan maksimal. Namun, Anda juga harus ingat untuk membersihkannya dengan lembut, khususnya pada area sensitif seperti mata. Terlebih lagi jika Anda sedang berusaha menghapus produk yang bersifat waterproof, usahakan untuk membersihkannya secara pelan-pelan. Hindari gerakan menggosok terlalu kencang yang dapat menyebabkan bulu mata menjadi rapuh dan rontok.

Sumber cover

PREVIOUS ARTICLE

Sampo Hingga Alkohol, Berikut Ini Cara Tepat Membersihkan 4 Jenis Sisir

NEXT ARTICLE

Review: Cool Therapy+++ Biolage Matrix Indonesia, Perawatan Salon Khusus Wanita dengan Kulit Kepala Tertutup

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments