ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Selain Faktor Hormon dan Skin Care, Ini Kebiasaan Makeup yang Dapat Menyebabkan Breakout

Mengalami breakout yang tak kunjung sembuh? Mungkin ada beberapa hal yang luput dari perhatian kita saat menanganinya. Agar breakout segera teratasi, Anda perlu mengetahui dulu apa penyebab utamanya. Biasanya yang langsung dicek pertama kali jika sedang mengalami breakout adalah skin care yang digunakan: apakah produk yang dipakai menyebabkan over ekfoliasi? Atau ada kandungan aktif dalam skin care yang tidak memicu breakout? Namun, tak hanya itu saja, produk kosmetik Anda juga bisa jadi salah satu pemicu munculnya masalah kulit ini, lho! Hal seperti pemilihan formula yang salah, hingga cara pengaplikasian, nyatanya bisa memeberikan reaksi breakout pada wajah. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk baca informasinya di bawah ini!

Formula Makeup yang Tidak Cocok

Kebiasaan Makeup yang Dapat Menyebabkan Breakout

Layaknya skin care, Anda juga bisa memiliki ketidakcocokan terhadap produk makeup. Khususnya, yang menutupi permukaan wajah seperti foundation dan bedak. Pemilihan formula foundation sangatlah penting untuk menjaga kulit wajah dari breakout. Misalnya, powder foundation cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak karena dapat membantu mengontrol sebum. Jika digunakan pada Anda yang memiliki kulit kering, kulit dapat menjadi terlalu kering dan berujung dengan iritasi. Sedangkan Anda yang memiliki kulit sensitif, perlu lebih berhati-hati dalam pemilihan produk, karena salah memilih bisa menimbulkan reaksi alergi. Beberapa bahan yang sebaiknya dihindari para pemilik kulit sensitif adalah alkohol, fragrance, talc, dan salicylid acid.

Menggunakan Makeup yang Dapat Menyumbat Pori-pori

Kebiasaan Makeup yang Dapat Menyebabkan Breakout

Kandungan minyak bersifat comedogenic dan bahan lainnya yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat merupakan penyebab utama dari munculnya blackhead, whitehead, dan breakout pada wajah. Beberapa contohnya adalah silikon, mineral oil, fragrance, cocoa butter, coconut oil, dan paraben. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih produk berlabel oil-free, apalagi jika Anda memilki kulit berminyak dan acne-prone. Produk yang tidak mengandung minyak tetap memerlukan emulsi untuk membuat tekstur produk menjadi ringan dan terasa nyaman di kulit. Nah, sayangnya emulsi yang digunakan dalam produk bersifat oil-free umumnya adalah silikon yang justru dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Untuk pemilik kulit berminyak dan acne-prone, Anda dapat beralih dengan menggunakan mineral makeup yang bersifat lebih ringan untuk kulit.

Baca juga: Selain Faktor Stres, Mungkin Ini Penyebab Mengapa Jerawat di Wajah Sukar Disembuhkan

Mengaplikasikan Makeup Menggunakan Jari

Kebiasaan Makeup yang Dapat Menyebabkan Breakout

“Coba aplikasikan foundation menggunakan jari. Panas tubuh pada jari dapat membuat foundation menyerap lebih baik ke kulit dan memberikan tampilan yang lebih natural.” Mungkin Anda pernah mendengar tips tersebut dan jadi memiliki kebiasaan untuk mengaplikasikan makeup menggunakan jari. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, asalkan Anda telah mencuci tangan dengan air dan sabun. Jari Anda bisa saja membawa banyak kuman yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat. Agar lebih bersih, coba gunakan brush atau sponge yang juga terjaga kebersihannya.

Tidak Menjaga Kebersihan Kuas Makeup

Kebiasaan Makeup yang Dapat Menyebabkan Breakout

Seberapa sering Anda mencuci makeup tools seperti brush dan sponge makeup? Jika Anda tidak rutin dalam membersihkan makeup tools, hal ini dapat menjadi penyebab breakout. Kuas makeup yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup bertekstur cair atau creamy akan membuat brush lembap dan menjadi sarang bakteri. Belum lagi sponge makeup yang harus dilembapkan terlebih dahulu sebelum digunakan, pasti akan menyimpan banyak bakteri dan memiliki risiko menjadi tempat bertumbuhnya jamur. Tidak mau hal ini terjadi, kan?

Pastikan Anda selalu membersihkan makeup tools Anda secara rutin. Untuk kuas concealer, foundation, dan produk liquid lainnya, cuci setiap seminggu sekali guna mencegah penumpukan produk. Untuk kuas yang digunakan pada area mata, cuci setiap dua minggu sekali dan untuk kuas lainnya, dapat dicuci setiap satu bulan sekali. Sedangkan untuk sponge makeup, Anda sebaiknya selalu mencucinya setiap habis digunakan.

Baca juga: 5 Tanda Seputar Jerawat yang Jadi Indikator Anda Perlu Mengunjungi Dermatologis

Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik

Kebiasaan Makeup yang Dapat Menyebabkan Breakout

Setelah berkegiatan seharian di luar rumah, pasti rasanya ingin langsung ganti baju dan naik ke atas kasur untuk beristirahat. Jangankan menggunakan beragam produk skin care, menghapus makeup dengan benar saja rasanya malas sekali. Hati-hati, ladies! Hal ini dapat menjadi penyebab utama terjadinya breakout yang tak kunjung sembuh. Pori-pori wajah akan tertutup makeup dan tidak memiliki kesempatan untuk bernapas. Selain itu, makeup yang telah digunakan seharian juga dapat membuat kotoran dan minyak terperangkap pada wajah. Risiko terjadinya breakout pun akan semakin meningkat. Untuk itu, pastikan untuk selalu membersihkan makeup secara menyeluruh sebelum tidur, ya.

Baca juga: Hati-hati! 3 Kesalahan dalam Membersihkan Wajah ini Bisa Memicu Breakout

PREVIOUS ARTICLE

Tips Cermat Belanja Produk Kecantikan agar Tidak Terbuang Sia-Sia

NEXT ARTICLE

Ingin Menonjolkan Warna Eyeshadow? Yuk, Coba DIY Eye Primer Ini

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

comments