ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Saat Kulit Mengalami Iritasi, Ini Dia Kandungan Skin Care yang Perlu Anda Gunakan untuk Meredakannya

Jika Anda memiliki kondisi kulit yang memerah, terasa perih, hingga mengelupas, besar kemungkinan kulit Anda sedang mengalami iritasi. Penyebab dari kulit iritasi sebenarnya dapat dipengaruhi oleh banyak hal. Bisa jadi karena sinar matahari, bisa juga karena kandungan skin care yang terlalu keras, terlalu sering melakukan eksfoliasi, hingga disebabkan oleh proses waxing. Kalau kulit sudah mengalami iritasi, Anda tentu perlu lebih berhati-hati dalam memilih produk yang akan diaplikasikan pada kulit. Jika sampai keliru dalam menggunakan produk, kondisi iritasi Anda bisa jadi makin parah, lho! Nah, kalau kulit sudah terlanjur iritasi, berikut ada beberapa kandungan skin care yang dapat Anda gunakan untuk meredakannya.

1. Shea Butter

Kandungan Skin Care Kulit Iritasi

Selain identik dengan khasiatnya untuk melembapkan kulit, kandungan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu ingredient penyelamat kulit Anda di kala iritasi. Berkat kandungan fatty acids (oleic acid, linoleic acid, steary acid) yang dimilikinya, shea butter dapat mendorong regenerasi sel yang akan turut membantu proses pemulihan kulit. Oleh karena itu, shea butter kerap kali digunakan untuk membantu memulihkan kulit terbakar, kulit iritasi, kulit kering, hingga eczema.

Baca juga: Review: Banyak Ditemukan pada Produk Kecantikan, Sebenarnya Apa Sih Manfaat Shea Butter?

2. Aloe Vera

Kandungan Skin Care Kulit Iritasi

Kandungan yang sempat menjadi primadona di awal tahun 2018 ini memang dikenal memiliki segudang manfaat untuk perawatan, baik dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu khasiatnya adalah untuk membantu meredakan kulit yang iritasi. Kerap disebut sebagai tanaman obat atau apotik hidup, aloe vera mengandung auxin dan gibberellins, dua hormon tumbuhan yang memiliki khasiat membantu memulihkan luka dan anti-inflamasi, sehingga aloe vera mampu mempercepat proses pemulihan kulit yang bermasalah, seperti iritasi, pecah-pecah, bahkan luka.

Baca juga: Review: COSRX Aloe Vera Soothing Sun Cream SPF 50, Sunscreen Multifungsi yang Juga Dapat Menghidrasi Kulit

3. Allantoin

Allantoin adalah phytochemical yang diekstraksi dari tumbuhan. Kandungan ini baik digunakan pada kulit yang iritasi karena allantoin akan membantu menenangkan kulit bermasalah dan mendorong regenerasi sel-sel kulit baru. Selain itu, allantoin juga bersifat anti-inflamasi dan anti-irritant yang membantu mempercepat proses pemulihan kulit iritasi sekaligus memiliki efek melembapkan kulit. Bahkan, Federal Drug Association (FDA) juga sudah menyetujui klaim allantoin yang bekerja untuk membantu kulit iritasi, lho!

4. Calendula

Kandungan Skin Care Kulit Iritasi

Mulai dari toner, cleansing oil, hingga moisturizer, calendula telah banyak digunakan dalam berbagai produk skin care. Penggunaan calendula sebagai bahan utama tentunya bukan tanpa alasan. Calendula ternyata memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya untuk membantu mengatasi luka bakar, ruam, inflamasi, luka, dan kulit yang iritasi. Hal ini tidak lepas dari khasiat calendula yang bersifat antiseptik, anti-fungal, anti-inflamasi, dan anti-bakteri.

Baca juga: 5 Keajaiban Calendula, Tanaman Anti Bakteri yang Ampuh Merawat Kulit Sensitif

5. Centella Asiatica

Centella asiatica merupakan salah satu kandungan skin care yang saat ini tengah populer. Saat diaplikasikan secara topikal, centella dapat membantu mengurangi inflamasi, mempercepat proses pemulihan kulit, mendorong regenerasi sel, hingga mendorong produksi kolagen. Wah, lengkap sekali, ya! Dari sekian banyak manfaatnya, salah satu khasiat utama centella asiatica adalah khasiatnya untuk menenangkan serta membantu mengembalikan kondisi kulit yang optimal. Kalau penasaran dengan produk dengan kandungan centella asiatica, Anda bisa mencoba COSRX Centella Blemish Cream, COSRX Centella Blemish Ampule, atau Mediheal P.D.F AC-Dressing Ampoule Mask EX yang bisa didapatkan di Sociolla.

Baca juga: Resmi Hadir di Indonesia, Inilah 8 Produk COSRX yang Menyapa Penggemar K-Beauty Tanah Air

PREVIOUS ARTICLE

Kaya Akan Manfaat, Inilah Ragam Bahan Alami yang Kerap Terdapat dalam Produk Body Care Lokal Sejak Zaman Dahulu

NEXT ARTICLE

Dikenal Punya Harga Terjangkau, Berikut 5 Produk Purbasari yang Patut untuk Dimiliki

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

10comments


  • Wenny V4 months ago

    setuju sama no. 2-5. no. 1 a lil bit comedogenic.

  • Ayu Sarah shabrina5 months ago

    bisa nih dicoba tipsnya!

  • Bunga Wulandari5 months ago

    Terimaksih infonyaa

  • Umi Rahayu5 months ago

    glgligiug

  • Eugenie Ng5 months ago

    Gw suka pakain aloe vera dari The Nature Republic

  • Endah Mrn5 months ago

    Haiii follback yaa :)

  • Margareth M5 months ago

    biasa pake aloe vera gel ato sheet mask yang ada efek calmingnya

  • Ayu Wannisa5 months ago

    Aku selalu pake aloe kalo iritasi

  • Lusie Gerardanna5 months ago

    allantoin ada di produk apayaaa jd kepo:(

  • Elvira Cecar Islami5 months ago

    thanks for the information, sangat bermanfaat sekali?