ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Kira-kira Kulit Anda Butuh yang Mana, Ya? Hydrating, Purifying atau Moisturizing?

Belum lama ini produk-produk kecantikan memunculkan istilah hydrating yang umumnya banyak ditemui pada brand-brand Korea dan Jepang. Istilah ini kemudian dianggap sama dengan moisturizing, padahal keduanya berbeda. Lalu ada pula produk purifying yang menambah ragam jenis produk kecantikan. Perlu kamu ketahui bahwa dengan mengenali jenis kulitmu, kamu dapat menentukan mana yang lebih efektif untuk mengatasi permasalahan dikulitmu.

Kulit Kering

Hydrating, Purifying atau Moisturizing

Biasanya kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai factor, baik dari luar maupun dari dalam. Faktor luar misalnya, paparan sinar matahari dan polusi, sedangkan faktor dari dalam salah satunya adalah kekurangan cairan tubuh. Ya! Dehidrasi dapat membuat kulitmu kering. Hal ini dapat kamu rasakan saat ada beberapa bagian dari kulitmu yang mengelupas, terasa kasar, dan tertarik.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menggunakan produk hydrating. Mengapa? Karena produk hydrating merupakan jenis pelembab humectant yang dapat meresap ke dalam kulit dengan mudah. Dalam produk-produk hydrating akan ditemukan kandungan aloevera, propylene glycol, dan hyaluronic acid yang dapat membantu melembabkan kulit.

Produk hydrating akan membantu memberikan tambahan kandungan air sehingga kulit tidak akan kekurangan cairan. Produk-produk hydrating biasanya merupakan produk water based, sehingga produk ini dapat membantu menstimulasi dan menambah kadar air dalam kulit. Dengan begitu, kulit akan selalu lembab dan jauh dari permasalahan dehidrasi atau kekeringan di lapisan epidermisnya.

Kulit Berminyak

Hydrating, Purifying atau Moisturizing

Permasalahan kulit berminyak ternyata bukan karena kulit kelebihan minyak. Pada sebagian besar permasalahan kulit berminyak, ternyata penyebabnya adalah kulit kering. Betul! Di bagian luar kulit memang terlihat berminyak, tetapi sebenarnya di bagian dalam lapisan epidermis, ternyata kulit kering. Hal inilah yang menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih sebagai upaya untuk menjaga kelembapan.

Untuk menjaga dan menyeimbangkan kelembapan kulit, produk dengan klaim purfying ternyata ampuh. Produk-produk dengan klaim purifying dapat membantu kulit menetralkan laju produksi sebum. Sebum merupakan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar minyak dalam kulit. Dengan menahan laju produksi sebum dan meningkatkan kualitas sebum, minyak tidak akan timbul di permukaan epidermis kulit, melainkan akan melembabkan kulit bagian dalam, sehingga jumlah minyak dipermukaan tidak akan terlalu banyak.

Kulit Kombinasi

Hydrating, Purifying atau Moisturizing

Untuk mengatasi permasalahan sebaran minyak yang tidak merata di kulit, alias kulit kombinasi, produk hydrating dapat membantu. Hydrating dapat menyelesaikan permasalahan kering di bagian yang kering dan kandungan air yang terserap dalam kulit dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak pada bagian-bagian yang berminyak, seperti hidung dan dahi.

Penggunaan produk purifying juga dapat membantu mengatasi permasalahan berminyak di beberapa bagian, namun untuk kulit yang hyper sensitif, kandungan dalam produk purifying dapat menyebabkan bagian kulit yang kering malah semakin kering.

Terakhir, untuk menjaga kelembapan kulitmu, gunakan produk moisturizing. Apapun jenis kulitnya, semua kulit butuh dijaga kelembapannya. Produk moisturizing dapat membantu meningkatkan jumlah protein keratin (bahan dasar pembentuk kult) yang digunakan untuk mengunci dan menjaga kadar air dan minyak agar tidak menguap atau bahkan berkurang. Produk moisturizing juga baik untuk mengunci step skin care yang digunakan agar dapat terserap lebih efektif, namun tidak memberikan manfaat melembabkan.

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Masker yang Cocok Untuk Kulit Berminyak

NEXT ARTICLE

Manfaat Tersembunyi dalam Castor Oil untuk Melentikkan Bulu Mata

RELATED ARTICLES

COMMENTS

10comments


  • Lukito Surya Wijayanti1 month ago

    Wah baru tau. Terima kasih infonya?

  • Nadia Aruma1 month ago

    nice tips <3

  • Annida Alima1 month ago

    thankss infonyaa

  • pandan primayasta1 month ago

    nice info kak

  • Belia Intan1 month ago

    ???

  • zia ilyas1 month ago

    thank you!

  • Liqa Sopha1 month ago

    uwu

  • Ratih Prasetyawati1 month ago

    Ih baru tau deh

  • Nurul Aini Huda2 months ago

    waw sangat informatif!

  • Tri Rahmawati2 months ago

    Sangat membantuuuu