ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Sebelum Menggunakan Exfoliating Acid, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu, Yuk!

Eksfoliasi merupakan sebuah upaya pengangkatan sel-sel kulit mati guna menghasilkan tampilan kulit yang tampak lebih cerah dan sehat. Eksfoliasi sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu physical exfoliating dan chemical exfoliating. Namun, kini penggunaan chemical exfoliating lebih disukai karena dianggap lebih aman untuk kulit. Produk chemical exfoliating yang cukup populer adalah yang mengandung AHA/BHA. Walaupun dianggap lebih aman dibandingkan dengan penggunaan physical exfoliating, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan exfoliating acid. Hal tersebut diperlukan agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam penggunaan produk ini. Lantas, apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan exfoliating acid?

1. Lakukan Uji Coba Sebelum Menggunakan Exfoliating Acid

Exfoliating Acid

Jika memiliki jenis kulit sensitif, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu menguji coba produk exfoliating acid yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari reaksi alergi ataupun iritasi saat penggunaan, yang bisa menciptakan masalah kulit baru. Cara yang tepat untuk melakukan uji coba adalah mengaplikasikan produk exfoliating acid pada kulit di bagian bawah telinga. Biasanya, jika kandungan yang terdapat pada produk tersebut memiliki efek alergi pada kulit, reaksi akan muncul dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Jika lebih dari itu tidak ada reaksi apapun pada kulit, maka produk tersebut aman untuk Anda gunakan secara rutin.

2. Gunakan Exfoliating Acid pada Malam Hari Saja

Exfoliating Acid

Berbeda dengan produk physical exfoliating, produk eksfoliasi kimia yang memiliki kandungan acid seperti AHA dan BHA bekerja dengan bantuan zat kimia yang langsung digunakan pada kulit. Penggunaan kedua jenis acid tersebut faktanya bisa membuat kulit jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda menggunakannya pada malam hari saja. Namun, jika Anda ingin tetap memakai produk tersebut di pagi hari, pastikan jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen setelahnya untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

Baca Juga: Mengenal Exfoliating Acid, Exfoliating Enzymes, dan Exfoliating Scrub. Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

3. Gunakan Jenis Acid Sesuai dengan Jenis Kulit

Exfoliating Acid

Anda mungkin sudah cukup sering mendengar jika kita penggunaan produk kecantikan perlu disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. Nah, hal ini rupanya juga berlaku untuk produk exfoliating acid yang akan digunakan. Merujuk pada pernyataan Caroline Hiron pada blog pribadinya, ia mengatakan jika memiliki kulit yang kering, sebaiknya gunakanlah produk chemical exfoliating dengan kandungan lactic acid (AHA). Sedangkan bagi yang memiliki masalah komedo, kulit berminyak, dan berjerawat bisa menggunakan salicylic acid (BHA) karena kandungan ini bersifat oil soluble. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan persentase kandungan asam yang terdapat pada produk eksfoliasi yang digunakan. Semakin tinggi persentasenya, maka bisa jadi semakin besar juga efek sensitifitas dan alergi yang dihasilkan.

4. Jangan Menggunakan Exfoliating Acid Setiap Hari

Exfoliating Acid

Saat Anda melakukan eksfoliasi dengan cara dan intensitas yang tepat, hal itu memang bisa membantu mengurangi jerawat dan tampilan kulit yang kusam karena mengangkat sel kulit mati yang bisa menyumbat pori. Namun, ketika Anda mulai berlebihan dalam melakukan eksfoliasi, maka kandungan acid pada produk yang Anda gunakan dapat membuat sel-sel kulit yang sehat menjadi ikut terkikis. Padahal, sel-sel kulit yang masih sehat tersebut berfungsi untuk melindungi kulit secara alami dari efek buruk lingkungan yang bisa menyebabkan berbagai macam permasalahan kulit, seperti kulit kering, iritasi, hingga mudah muncul jerawat. Selain itu, aturan yang tepat dalam penggunaan exfoliating acid adalah 2 kali seminggu.

5. Hindari Penggunaan Exfoliating Acid dengan Produk Vitamin C

Exfoliating Acid

AHA/BHA yang terdapat pada produk chemical exfoliating memiliki sifat yang asam (acidic), begitupun juga dengan vitamin C. Kandungan tersebut jika dipakai dengan tepat sebenarnya dapat berfungsi untuk membantu memperbaiki kondisi kulit, seperti mengangkat sel-sel kulit mati dan mengatasi masalah hiperpigmentasi. Namun, jika Anda terlalu sering mengombinasikan pemakaian produk yang memiliki ketiga kandungan yang bersifat asam tersebut, hal itu justru malah akan membuat kulit jadi iritasi karena kandungan asam yang terlalu kuat. Bila ingin menggunakan exfoliating acid dengan vitamin C dalam skin care routine, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan produk exfoliating acid pada malam pertama, kemudian di malam selanjutnya Anda dapat menggunakan produk dengan kandungan vitamin C.

Baca Juga: Pakai Acid Toner Setiap Hari Sebenarnya Boleh Nggak, Ya? Intip Jawabannya di Sini!

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Honeysuckle, Kandungan pada Skin Care yang Bermanfaat untuk Merawat Kulit Berjerawat

NEXT ARTICLE

Sambut Hari Menanam Pohon Indonesia, Innisfree Berkolaborasi dengan WWF untuk Tanam 6.000 Pohon di Cisarua, Bogor

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

comments