ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Mengenal AHA Pada Produk Skin Care, Kandungan Exfoliant Andalan untuk Merawat Kulit yang Kering dan Kasar

Mengeksfoliasi kulit merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh setiap wanita jika menginginkan tampilan kulit yang halus, mulus, dan juga cerah. Sama halnya dengan kulit berminyak atau jenis kulit lainnya, ekfoliasi sangat diperlukan oleh kulit kering guna melenyapkan sisa-sisa kulit mati yang tertumpuk di permukaan wajah. Sayangnya, mengekfoliasi jenis kulit kering tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus selektif dan benar-benar mengetahui jenis kandungan exfoliant apa yang sesuai dengan kondisi kulit kering. Nah, jika Anda termasuk seseorang yang memiliki jenis kulit kering dan kasar, mengeksfoliasi kulit dengan menggunakan produk skin care berkandungan AHA dapat menjadi solusi terbaik. Namun, sebelum memilih produk skin care yang akan digunakan, yuk kenali dulu AHA secara lebih dalam!

Definisi dan Manfaat dari Kandungan AHA

Para pecinta skin care mungkin sudah tidak asing lagi dengan kandungan yang satu ini. Alpha Hydroxy Acid atau yang lebih akrab di telinga dengan sebutan AHA ini dikenal sebagai jenis exfoliator yang berfungsi untuk mengangkat tumpukkan sel kulit mati pada permukaan kulit. Kandungan AHA kerap terdapat pada berbagai produk perawatan kulit yang pembuatannya diperoleh dari proses pengasaman nabati. AHA sendiri tergolong sebagai kandungan yang dapat larut dengan air. Selain itu, kandungan yang satu ini juga memiliki komponen pelembap, berbeda dengan kandungan BHA yang sama sekali tidak memiliki komponen pelembab serta dapat membuat kulit jadi mudah kering.

Jenis AHA

Selain baik untuk mengeksfoliasi kulit, kandungan AHA juga menyimpan berbagai manfaat lainnya. Beberapa di antaranya, untuk mencerahkan, menyamarkan flek hitam, meingkatkan proses penyerapan produk, mengatasi masalah pigmentasi, serta bisa juga untuk mengencangkan kulit. Meski banyak menyimpan manfaat, penggunaan AHA juga bisa memberikan dampak buruk. Misalnya saja, kulit jadi rentan terkena iritasi, lebih sensitif, serta mudah mengalami kemerahan saat terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk menggunakan sunscreen setiap kali menggunakan produk yang mengandung AHA. Untuk meminimalisir iritasi, Anda juga bisa menggunakan pelembap yang diformulasikan secara khusus untuk kulit kering dan sensitif dan gunakan sesuai takaran yang dicantumkan di petunjuk penggunaan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Kandungan AHA bekerja dengan cara mengangkat atau mengelupaskan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Setelah kulit mati hilang, lapisan kulit di bawahnya pun akan terlihat lebih cerah dan bersinar. Banyaknya sel kulit mati yang terkelupas tentu saja bergantung pada tingkat konsentrasi kandungan AHA yang digunakan. Untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi, kandungan AHA 5% saja dinilai sudah cukup untuk membuat wajah tampak lebih cerah. Selebihnya, agar lebih aman Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit jika ingin menggunakan AHA dengan konsentrasi di atas 5%.

Baca juga: Hati-Hati! Ini 5 Kesalahan Saat Merawat Kulit Wajah yang Dapat Menjadi Penyebab Hiperpigmentasi

Jenis-Jenis Kandungan AHA

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli produk skincare dengan kandungan AHA, ada baiknya Anda kenali terlebih dahulu jenis-jenisnya!

Glycolic Acid

kandungan AHA

Salah satu jenis senyawa asam yang bisa Anda temukan dengan mudah pada produk skincare adalah glycolic acid. Jenis AHA yang satu ini mampu dengan mudah menyerap ke dalam lapisan kulit sehingga paling sering digunakan dalam produk kecantikan. Proses pembuatannya sendiri bisa diperoleh dari tebu, susu, dan juga buah-buahan. Glycolic acid mampu mengikis sel kulit mati sehingga dapat membuat tampilan kulit tampak lebih cerah. Selain itu, kandungan yang satu ini juga dapat merangsang kolagen, sehingga tak heran jika ada banyak produk anti-aging yang menggunakannya sebagai ingredients utama.

Lactic Acid

Lactic acid merupakan jenis senyawa asam yang terbuat dari susu. Kandungan yang satu ini terdiri atas dua komposisi, yakni emollient dan keratolytic. Kandungan asam yang satu ini tergolong cukup multifungsi. Selain dapat mengatasi mengikis sel kulit mati, lactic acid juga dapat diandalkan mengatasi kulit yang kering, kasar, kusam, dan bersisik. Kandungan emollient yang terdapat pada senyawa asam ini bahkan juga diyakini mampu melembapkan serta menyimpan kadar air di dalam kulit.

Malic Acid

kandungan AHA

Malic acid atau yang dalam Bahasa Indonesia-nya disebut sebagai asam malat merupakan jenis asam karboksilat yang dapat memberikan rasa asam dan getir pada buah apel hijau. Kandungan yang satu ini kerap kali ditemui diberbagai suplemen untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain baik untuk kesehatan tubuh, senyama asam yang satu ini juga baik untuk menjaga kulit agar tetap cerah, sehat, dan awet muda.

Citric Acid

Senyawa asam yang lebih dikenal dengan asam sitrat ini merupakan jenis senyawa asam organik lemah yang banyak ditemukan pada buah-buahan jenis sitrus, seperti jeruk dan juga lemon. Selain banyak digunakan dalam inustri pangan, jenis asam yang tinggi akan kandungan anti-oksidan ini juga sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit.  Beberapa manfaat kecantikan yang dapat diperoleh dari citric acid, di antaranya untuk mengusir bakteri penyebab jerawat, menghilangkan sel kulit mati, meregenerasi kulit, sekaligus mencerahkannya.

Tartaric Acid

Tartaric acid merupakan jenis senyawa asam yang terbuat dari buah anggur ataupun jenis buah berries lainnya. Sama halnya dengan empat senyawa asam yang telah disebutkan sebelumnya, tartaric acid dipercaya dapat mencerahkan kulit dengan mengangkat sel kuit mati yang menumpuk di permukaan wajah. Rutin menggunakan kandungan yang satu ini juga diyakini dapat mengurangi timbulnya jerawat, mengikis noda hitam, serta mengatasi kemerahan dan iritasi pada kulit.

Baca juga: Mengenal AHA dan BHA, Kandungan Aktif Dalam Produk Eksfoliasi

 

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Produk Skin Care dengan Anti-oksidan untuk Menangkal Radikal Bebas

NEXT ARTICLE

5 Rekomendasi Body Lotion dengan Kandungan Vitamin E untuk Merawat dan Melembapkan Kulit

RELATED ARTICLES

COMMENTS

1comment


  • Radhiyah Umniyati1 month ago

    Sangat informatif