ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Perjuangan Harumi Sudrajat dalam Memberantas Jerawat Selama 10 Tahun Akhirnya Berhasil. Ini 5 Kunci Suksesnya!

Harumi Sudrajat merupakan salah satu nama beauty influencer Indonesia yang dikenal sering membagikan berbagai tips kecantikan yang bermanfaat melalui media sosialnya. Bermula dari akun Twitter-nya @MyTipsCantik pada tahun 2010, wanita kelahiran 15 Desember 1990 ini kini berhasil memiliki situs dan akun YouTube dengan lebih dari 23 ribu subscribers yang kontennya secara konsisten memberikan banyak tips kecantikan. Pada salah satu video YouTubenya, sosok di balik situs mytipscantik.com ini rupanya mengaku telah berjuang memberantas jerawat selama kurang lebih 10 tahun. Diakui olehnya, mengatasi jerawat memang bukan perkara mudah, bahkan membutuhkan proses yang panjang pula. Menurut Harumi, jerawat tak dapat dihilangkan secara instan. Selain harus tekun menggunakan produk skin care yang tepat, Anda juga perlu merawat kulit wajah dari dalam. Nah, jika kini Anda sedang berjuang dalam mengatasi jerawat, coba deh praktikkan kunci sukses Harumi Sudrajat yang telah diterapkannya selama 10 tahun terakhir ini!

1. Menjaga Pola Makan

Tips pertama dari Harumi untuk memberantas jerawat adalah dengan mengatur pola makan. Tanpa disadari, kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang sehat menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Contohnya saja, makan makanan yang mengandung banyak gula. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula ternyata dapat menyebabkan hormon estrogen di dalam tubuh jadi tidak seimbang, lho! Efeknya, kelenjar sebum pun akan memproduksi minyak secara berlebih, sehingga dapat menimbulkan jerawat.

Sadar akan kurang baiknya hal tersebut, Harumi pun mulai belajar menghentikan kebiasaan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gula setidaknya selama dua bulan dan menggantinya dengan asupan karbohidrat yang lebih sehat. Sebagai contohnya, ia mengganti nasi putih, mi instan, pasta, roti, dan cake dengan nasi merah atau jamur shiratake. Menurutnya, menjaga pola makan serta mengonsumsi makanan sehat tak hanya efektif dalam membantu memberantas jerawat, tapi juga membuatnya bisa mendapatkan berat badan ideal. Sekali mendayung, dua pulau terlampaui!

2. Jangan Lupa Detoksifikasi Tubuh

Selain menjaga dan mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat, Harumi juga menyarankan untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Organ tubuh yang bertugas memaksimalkan penyerapan nutrisi dan vitamin dari makanan yang dikonsumsi adalah hati. Selain itu, hati juga bertugas untuk menyaring racun dan kotoran yang masuk ke dalam tubuh agar tidak berpengaruh pada kesehatan yang juga menjadi penyebab timbulnya jerawat. Menjaga kesehatan hati rupanya sangat penting untuk memastikan seluruh racun dapat dibuang dari tubuh, sehingga semua nutrisi dan vitamin dapat terserap dengan baik.

Untuk bisa menjaga kesehatan hati, Anda bisa mengikuti kebiasaan sehari-hari Harumi yang rutin meminum green juice atau detox juice yang dibuat dengan bahan-bahan alami, seperti bayam, kale serta sayuran hijau lainnya. Supaya lebih nikmat, Anda pun boleh menambahkan buah atau madu ke dalamnya. Rutin melakukan detox dan menjaga kesehatan hati ternyata tak hanya dapat mencegah timbulnya jerawat dari dalam, tapi juga membuat pencernaan menjadi sehat. 

3. Mengonsumsi Makanan yang Ampuh dalam Memberantas Jerawat

Saat pergi dan berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengatasi masalah jerawat, biasanya Anda akan diberi resep untuk menggunakan Roaccutane. Nah, sebenarnya jenis obat ini merupakan bentuk sintetik dari vitamin A yang ampuh untuk meredakan jerawat. Daripada bergantung dengan mengonsumsi berbagai obat-obatan yang mengandung bahan kimia, Harumi lebih menyarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A ,seperti kuning telur, ikan salmon, wortel, dan masih banyak lagi. Selain tentunya penuh nutrisi, jenis makanan tersebut juga diketahui akan membantu melindungi kulit agar tidak mudah jerawatan.

Harumi sendiri mengaku sering mengonsumsi pil KB untuk membantu menyeimbangkan hormon dan mencegah timbulnya jerawat. Namun, beauty vlogger yang bercita-cita mendirikan sekolah kecantikan ini sekarang lebih memilih untuk rajin meminum sari kunyit yang lebih aman dan dianggap efektif untuk menyembangkan hormon di dalam tubuhnya. Pssst, kunyit ternyata juga bersifat sebagai antibiotik yang baik untuk meredakan jerawat, lho!

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Memicu Pertumbuhan Jerawat, Lho!

4. Menerapkan Skin Care Minimalis

Masih banyak orang yang salah kaprah dengan menganggap bahwa merawat kulit berjerawat harus dengan berbagai produk skin care dan obat jerawat. Padahal, sebenarnya Anda bisa mempertimbangkan untuk menerapkan skin care minimalis dengan mengandalkan beberapa produk saja, lho. Kondisi kulit setiap orang memang berbeda-beda. Bisa saja penggunaan skin care berlapis-lapis justru malah akan memicu timbulnya lebih banyak jerawat. Penggunaan pbat jerawat dan active ingredient dalam skin care yang terlalu banyak pun dapat membuat kulit jadi rentan mengalami iritasi, apalagi jika digunakan berlebihan.

Empat tahap yang biasa dilakukan Harumi untuk menerapkan skin care minimalis adalah melakukan double cleansing dengan cleansing oil dan facial wash, mengaplikasikan toner, dan menggunakan obat jerawat dengan kandungan bahan aktif yang tepat. Produk-produk yang direkomendasikan oleh Harumi di antaranya DHC Cleansing Oil, The Bodyshop Drops of Youth Facial Foam, Avene Thermal Spring Water, La Roche Posay Serozinc, dan juga Vitacid 0,05%. Saat awal menerapkan cara ini, bisa saja Anda mengalami purging karena kulit yang mengalami penyesuaian. Tetapi tak perlu khawatir, karena bila Anda telah menerapkan tips-tips sebelumnya, proses purging tersebut tidak akan berjalan lama, kok!

5. Bersabar

Berdasarkan pengalaman memberantas jerawat yang selama ini telah dilalui oleh Harumi Sudrajat, salah satu kunci suksesnya adalah dengan bersabar dan telaten melalui setiap prosesnya. Meski sekilas terdengar klise, akan tetapi menurutnya tidak ada obat yang secara instan dapat menyembuhkan jerawat. Diperlukan waktu yang cukup lama dan ada proses yang harus dilalui dengan sabar, baik dari segi perawatan kulit maupun kebiasaan sehari-hari. Harumi merasakan bahwa tiga bulan pertama saat memulai perjuangannya ini adalah masa-masa yang cukup berat. Namun, jika benar-benar berniat dan menjalaninya dengan sabar, setelahnya Anda pun akan mulai terbiasa dan bisa menjalaninya dengan bahagia.

Bagaimana, sudah mempertimbangkan untuk mulai melakukannya? Kalau begiitu, selamat menerapkan kelima kunci sukses ala Harumi Sudrajat! 😀

Baca Juga: Bekas Jerawat yang Kemerahan Tampak Mengganggu? Intip Cara Mengatasinya di Sini!

[Sumber Foto Cover]

PREVIOUS ARTICLE

Dengan Bujet Kurang dari Rp250.000, Ini Dia Produk Skin Care yang Bisa Diandalkan untuk Atasi Jerawat

NEXT ARTICLE

Tampilan Minyak Berlebih di Wajah Memang Sangat Mengganggu. Gunakan 5 Produk Ini untuk Mengatasinya!

RELATED ARTICLES

COMMENTS

18comments


  • Rejina Paulina Marbun2 months ago

    Hai kak, follpwback and likeback ya biar sama sama nambah point hehe

  • Rejina Paulina Marbun2 months ago

    .Halo kak, mau tanya, hadiah kaka pimple pop periode 1 kalo boleh tau apa yaa? Apakah produk lipstick juga ?

  • Erny Kurniawati2 months ago

    yes, proses untuk nyembuhin jerawat memang perlu kesabaran yah

  • Nuzulun Nimah2 months ago

    Follow back y

  • Meiliyanti Tjioe2 months ago

    Folback ya

  • Woro Kusmarini2 months ago

    Follback yaaa

  • Andryanna Carey2 months ago

    Haii, follback yaa ty u^^

  • Desi Natalia2 months ago

    Aku jadi semangat buat hilangin jerawat wajahku 👍🏻 Great article

  • alifa cikal yuanita2 months ago

    😍

  • Wahyuni Nirmala2 months ago

    Follback ya

  • Annisa Putri2 months ago

    Follow yaa

  • Alivia Ira2 months ago

    waaaw

  • Ria R S2 months ago

    Pake retinol (yang dipake Harumi dalam bentuk Vitacid dari drugstore) emang udah paling ampuh..and double cleansing is a must! Apalagi kalo pake DHC Cleansing Oil yg dapet rating tertinggi di Get It Beauty (kok gw berasa ngiklan yak) 😂

  • ofrida susanti2 months ago

    💗💗💗

  • Shanti Tanoto2 months ago

    Waaaaah.

  • Latifatul Azhimah Zuhri2 months ago

    Memang harus bersabar 💙

  • mutiara lingga ramadanty2 months ago

    wih patut dicoba

  • Dianti Rizkiani2 months ago

    Waaah