Beauty

Tanpa Disadari, Ini Dia 5 Kesalahan Saat Mandi yang Dapat Merusak Kulit. Cari Tahu Yuk Cara untuk Menghindarinya!

Mandi merupakan salah satu cara sederhana untuk melepas lelah serta membuat tubuh lebih nyaman setelah seharian beraktivitas. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mandi cara yang benar sehingga dapat berpotensi merusak kesehatan kulit. Untuk itu, ada baiknya Anda mulai cermat memerhatikan lima hal berikut. Jika ada yang jadi kebiasaan, ayo seger dikurangi dan dihentikan agar ritual mandi terasa lebih menyenangkan dan terhindar dari kerusakan kulit!

Jarang Mengganti Shower Puff

Mandi dengan menggunakan shower puff merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengeksfoliasi kulit mati yang ada pada tubuh. Selain itu, sebagian orang juga kerap memilih menggunakan alat ini karena dianggap mampu mengangkat kotoran secara maksimal dengan cepat dan praktis. Sayangnya, penggunaan shower puff tidak selamanya memberikan efek baik bagi kulit. Terutama jika Anda malas mengecek dan mengganti kondisi shower puff sudah tidak layak. Kebiasaan menyimpan shower puff di dekat keran juga dapat membuatnya lembap sehingga bakteri pun cenderung mudah menempel. Oleh karena itu, rutinlah merendam shower puff dengan air panas dan menggantinya paling tidak dua bulan sekali agar tidak mengganggu kesehatan kulit.

Suhu Air yang Digunakan Terlalu Panas

Mandi atau berendam dalam air hangat memang dapat membuat tubuh jadi rileks. Namun, jika suhu air yang Anda gunakan terlalu panas, bisa-bisa uap airnya malah akan membuat kulit kering dan dehidrasi. Parahnya lagi, hal ini dapat berujung pada masalah iritasi kulit jika terlalu sering dilakukan. Untuk meminimalisir risiko tersebut, cobalah untuk membiarkan air mengalir beberapa saat terlebih dahulu agar kamar mandi dipenuhi uap. Setelah itu, kecilkan suhu airnya sebelum Anda gunakan untuk mandi.

Tidak Memerhatikan Formula dari Sabun yang Digunakan

Cermat dalam memilih sabun mandi menjadi hal utama yang perlu dilakukan jika ingin kondisi kesehatan kulit senantiasa terjaga. Pilih sabun yang mampu memberikan kelembapan pada kulit seperti Dove Body Wash. Empat varian yang ditawarkan body wash ini tak hanya sekadar memberikan aroma segar yang merelaksasi pikiran saja, tapi juga dapat menutrisi serta menjaga kelembapan alami kulit berkat teknologi NutriumMoisture yang dikandungnya.

Selain menyuguhkan empat varian body wash, ada pula Dove White Beauty Bar dengan ¼ moisturizing milk yang dapat membuat kulit terasa halus dan bercahaya. Jika digunakan secara rutin, Anda pun akan mendapat kondisi kulit yang lembut, kenyal, dan sehat terawat. 

Durasi Mandi yang Terlalu Lama

Apakah Anda termasuk sebagai wanita yang gemar berlama-lama saat mandi? Jika jawabannya iya, tampaknya Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, durasi mandi yang terlalu lama ternyata bisa menyebabkan munculnya gangguan pada kulit. Saat mandi terlalu lama, kulit dapat berpotensi menjadi kering dan iritasi. Selain itu, kelembapan alami yang dimiliki kulit juga akan berkurang, terlebih jika Anda mandi dengan menggunakan air bersuhu hangat atau panas. Untuk mendapatkan hasil bersih yang maksimal, mandi dengan waktu kurang dari 15 menit saja sudah cukup, kok!

Menggosok Handuk Terlalu Keras Saat Mengeringkan Tubuh

Saat mengeringkan kulit tubuh, terkadang seseorang kerap melakukannya dengan kencang karena sedang terburu-buru. Tanpa disadari, ternyata hal ini dapat menyebabkan terkelupasnya permukaan kulit. Selain itu, handuk yang jarang diganti juga dapat menimbulkan risiko menempelnya bakteri pada kulit. Untuk itu, ada baiknya Anda mengeringkan tubuh secara lembut dengan menepuk-nepukannya ke kulit. Terakhir, rajin-rajinlah untuk rutin mengganti handuk paling tidak dua minggu sekali agar kulit senantiasa terhindar dari bakteri.

PREVIOUS ARTICLE

Sebelum Mengaku Sebagai Penggemar Lipstik, Kenali Dulu Yuk 7 Perbedaan dari Tampilan Akhir Lipstik Berikut!

NEXT ARTICLE

Ingin Selalu Tampil Cantik Seperti Milea? Ini Produk Kecantikan yang Perlu Ada di Dalam Tas Anda

RELATED ARTICLES

comments