ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Berbeda dengan Jerawat yang Muncul di Masa Puber, Ini Fakta Tentang Adult Acne yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Sebagian orang masih ada yang menganggap bahwa jerawat adalah masalah kulit yang hanya bisa dialami saat masa puber atau remaja saja. Namun, pada kenyataannya seseorang yang sudah berusia di atas 25 tahun masih bisa mengalami masalah ini. Nah, jerawat dewasa ini biasanya disebut dengan istilah adult acne. Tak hanya mengganggu penampilan, jerawat yang muncul saat dewasa juga cukup sulit untuk diatasi. Untuk mengetahui lebih dalam permasalahan kulit ini, yuk, simak 5 fakta tentang adult acne yang mungkin belum Anda ketahui berikut. 

Didahului dengan munculnya komedo

Pada dasarnya jerawat terjadi karena adanya infeksi yang diakibatkan karena tumpukan bakteri, minyak berlebih dan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori. Kebanyakan masalah adult acne bisa terjadi didahului dengan munculnya blackhead yang disebabkan karena pori-pori yang kurang dibersihkan secara maksimal. Tampilan komedo pada wajah bisa menghitam jika terkena paparan sinar matahari, yang kemudian bisa berubah menjadi adult acne yaitu jerawat yang kemerahan jika terjadi infeksi yang disebabkan karena terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Disebabkan karena hormon

Fakta Tentang Adult Acne

Banyak yang masih beranggapan bahwa orang yang sudah dewasa atau wanita yang sudah memasuki masa menopause tidak akan mengalami masalah jerawat, khususnya yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Padahal jerawat hormonal juga bisa terjadi pada wanita dewasa, hanya saja penyebabnya yang berbeda.

Mengonsumsi makanan yang kurang tepat, seperti produk olahan susu, produk-produk olahan, junk food serta camilan yang banyak mengandung gula adalah salah satu penyebab meningkatkan produksi hormon androgen dalam tubuh yang dapat memicu munculnya minyak berlebih di wajah dan pada akhirnya menyebabkan jerawat. Tak hanya itu, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan munculnya adult acne.

Baca Juga: Mengenal Spironolactone, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat Hormonal

Berbeda dengan jerawat di usia remaja

Fakta Tentang Adult Acne

Jerawat yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon yang terjadi di usia remaja sering dikaitkan dengan kondisi yang terjadi saat siklus menstruasi atau masa puber. Karenanya, jerawat di usia remaja tentu sangat berbeda dengan jerawat yang muncul saat dewasa (adult acne). Tak hanya dipengaruhi oleh kondisi hormon dalam tubuh, perbedaanya juga terletak pada kondisi kulit saat Anda masih remaja atau ketika sudah menginjak usia 25 tahun ke atas. Seiring bertambahnya usia, kondisi kulit akan semakin tipis dan juga semakin sensitif. Perbedaan ini membuat Anda yang mengalami adult acne harus memerhatikan kandungan skin care yang dipakai, supaya tidak hanya bisa mengatasi jerawat tetapi juga aman untuk kulit Anda.

Spot treatment hanya bersifat sementara

Fakta Tentang Adult Acne

Adult acne yang disebabkan karena ketidakseimbangan hormon tidak bisa diatasi dengan mudah sebatas dengan menggunakan acne spot treatment saja. Selain mengandalkan obat jerawat dengan kandungan seperti Benzoyl Peroxide, Alpha-Hydroxy Acids (AHA), Salicylic Acid, Retinol, Niacinamide dan Tea Tree Oil, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk bisa mengatasi adult acne. Imbangi kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dengan melakukan aktivitas yang dapat membantu meredakan stres seperti yoga dan meditasi, karena pikiran yang stres menjadi salah satu penyebab utama ketidakseimbangan hormon yang akhirnya menyebabkan adult acne.  

Wanita lebih banyak mengalaminya

Fakta Tentang Adult Acne

Tubuh wanita secara terus-menerus mengalami perubahan hormon disebabkan karena menstruasi, kehamilan, dan juga menopause. Perubahan hormon yang terjadi di usia antara 25-40 ini sering disertai dengan munculnya jerawat atau adult acne yang biasanya muncul di area dagu dan rahang. Kondisi jerawat yang kronis juga dapat menunjukkan ketidakseimbangan hormon yang serius atau bisa menjadi tanda seseorang mengalami sindrom ovarium polikistik. Kondisi tubuh yang lebih sering mengalami perubahan hormon, membuat lebih banyak wanita mengalami adult acne dari pada pria.

Baca Juga: Mengalami Masalah Jerawat Sejak Usia 11 Tahun, Berikut Tips Ampuh Atasi Adult Acne Menurut Dr Anjali Mahto

PREVIOUS ARTICLE

Menurut Ahli Dermatologi, Inilah Jenis Vitamin yang Harus Dikonsumsi Sesuai Masalah Kulit Anda

NEXT ARTICLE

Kembali dengan Produk Terbarunya, Urban Decay Berkolaborasi dengan Game Of Thrones

RELATED ARTICLES

COMMENTS

2comments


  • Amanda Damiani2 weeks ago

    🖒

  • Alfiani Kurniasari1 month ago

    bener bgt .. >.<