ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Kulit Berjerawat Boleh Melakukan Eksfoliasi dengan Mengikuti Aturan Ini

Jerawat masih menjadi salah satu masalah terbesar bagi wanita Indonesia. Kombinasi cuaca, polusi, kotoran, dan sisa makeup serta proses regenerasi kulit yang tidak sempurna menjadi penyebab utama jerawat. Untuk menyembuhkan jerawat pun tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada yang bisa sembuh dengan penggunaan skin care rutin namun ada pula yang sampai harus berkonsultasi dengan dermatologis. Munculnya jerawat dapat membuat tahapan skin care Anda terganggu karena skin care kulit yang berjerawat tidak sama dengan kulit yang sedang tidak berjerawat.

Eksfoliasi untuk kulit berjerawat

Salah satu yang cukup menimbulkan kebingungan adalah boleh atau tidaknya melakukan eksfoliasi pada kulit yang sedang berjerawat. Sebagai salah satu tahapan skin care, eksfoliasi penting untuk membantu regenerasi kulit, membersihkan pori-pori, dan menghaluskan permukaan kulit. Namun, Anda tidak bisa sembarang melakukan eksfoliasi saat kulit sedang berjerawat karena jerawat justru akan semakin parah.

Baca juga: 5 Kunci Melakukan Eksfoliasi Wajah Tanpa Merusak Kulit

Satu-satunya cara untuk melakukan eksfoliasi pada kulit yang sedang berjerawat adalah dengan menggunakan eksfoliasi kimia (chemical exfoliation). Eksfoliasi kimia merupakan metode eksfoliasi yang menggunakan acid sebagai unsur yang berfungsi membantu membersihkan pori-pori dan meregenerasi kulit. Tanpa ada bahan-bahan yang dapat menyebabkan inflamasi seperti microbead atau scrub yang kasar, eksfoliasi kimia justru dapat menghilangkan pengendapan kotoran hingga ke lapisan dalam.

Eksfoliasi untuk kulit berjerawat

Bahan-bahan yang biasanya termasuk ke dalam eksfoliator kimia antara lain glycolic acid, lactic acid, hingga yang paling terkenal dapat membantu proses penyembuhan jerawat yaitu salicylic acid. Berbagai jenis acid memiliki tugasnya masing-masing, namun secara keseluruhan acid bekerja dengan meresap ke dalam pori-pori dan menghancurkan potensi jerawat dan sel-sel kulit mati. Anda bisa menemukan kandungan acid dalam berbagai bentuk skin care baik toner maupun serum.

Penggunaannya pun tidak dianjurkan setiap hari karena eksfoliasi berlebihan juga dapat membahayakan lapisan kulit. Saat melakukan eksfoliasi kimia, pastikan juga untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen dengan baik karena kulit yang baru saja mengalami eksfoliasi lebih rentan terhadap sinar UV dan zat radikal bebas yang berkeliaran di udara, sehingga memerlukan perhatian ekstra dari sunscreen dan moisturizer.

Sekarang Anda tidak perlu takut untuk melakukan eksfoliasi saat kulit sedang berjerawat. Dengan acid yang tepat, bukan hanya kulit yang lebih cerah dan halus, jerawat pun bisa mendapatkan bantuan dari acid dalam proses penyembuhannya.

Baca juga: Efektif Redakan Kemerahan pada Jerawat dengan 5 Kandungan Berikut Ini

PREVIOUS ARTICLE

5 Pilihan Liquid Eyeliner untuk Pemilik Kelopak Mata Rentan Berminyak. Sudah Diuji Langsung!

NEXT ARTICLE

Ragam Tren Inovasi Perawatan Kulit yang Diprediksi Akan Terus Melejit di Tahun 2019

RELATED ARTICLES

A future corgi and shibe Momma. A patata in a human form.

comments