ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Mengenal Daun Neem, Bahan Alami dari India yang Kaya Manfaat Kecantikan

Penggunaan bahan-bahan alami dalam industri kecantikan kini semakin marak, terlebih semenjak tren skin care natural kian merebak beberapa tahun belakangan. Nah, dari sekian banyaknya bahan alami yang kerap digunakan sebagai bahan baku produk perawatan kulit, pernahkah Anda mendengar daun neem? Di Indonesia, tumbuhan ini kerap disebut dengan daun nimba atau daun intaran yang berasal dari India. Meski demikian, jenis tumbuhan yang dalam Bahasa Latin-nya disebut sebagai Azadirachta indica ini juga dapat ditemukan di Indonesia, Pakistan, serta beberapa negara lainnya, lho!

Selain daun, bagian kulit kayu, akar, biji, bunga, bahkan hingga buah dari neem pun bisa dimanfaatkan. Di tanah asalnya, bahan alami ini kerap diandalkan sebagai obat-obatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari gangguan mata, kusta, hidung berdarah, cacingan, gangguan perut, penyakit jantung, kardiovaskular, bahkan hingga diabetes dan liver. Di balik manfaatnya untuk aspek kesehatan, daun dengan bentuk meruncing ini juga bisa diandalkan untuk merawat kulit. Bahkan, salah satu brand kecantikan drugstore asal India yang bernama Himalaya pun turut menjadikan daun neem sebagai key ingredient dari salah saru rangkaian produknya. Lantas, manfaat kecantikan apa saja sih yang ditawarkan oleh daun neem?

radikal bebas dan anti-oksidan

Daun neem diketahui sangat kaya akan zat anti-oksidan yang mampu melindungi sel kulit dari efek radikal bebas. Tubuh sendiri sebenarnya memiliki kemampuan untuk memproduksi anti-oksidan alami. Sayangnya, kemampuan ini dapat berkurang seiring usia. Oleh karena itu, Anda dapat memenuhi asupan anti-oksidan yang dibutuhkan kulit dengan merawatnya menggunakan produk-produk yang mengandung daun neem. Menariknya lagi, daun neem juga mimba mengandung banyak flavonoid, seperti quercetin, katekin, karoten, dan juga asam askorbat.

Selain kaya anti-oksidan, berbagai senyawa yang terkandung di dalam bahan alami yang satu ini juga diketahui efektif dalam membantu mengurangi terjadinya kerusakan sel kulit mati. Bahkan, senyawa anti-oksidan pada daun neem juga mengandung antiseptik yang baik untuk mengatasi jerawat sekaligus iritasi kemerahan di kulit. Jika tertarik merawat kulit dengan daun neem, ada beberapa produk yang bisa Anda coba, mulai dari Himalaya Purifying Neem Mask hingga OLEHENRIKSEN Balance It All Essentials Set.

Baca juga: Panduan Singkat Memilih Anti-Oksidan dalam Skin Care yang Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

PREVIOUS ARTICLE

Skip-Care, Tren Perawatan Kulit dari Korea yang Lebih Singkat dan Efektif

NEXT ARTICLE

5 Kesalahan Umum yang Mungkin Pernah Anda Lakukan saat Menentukan Jenis Kulit

RELATED ARTICLES

comments