Beauty

Jika Tak Ingin Terjadi Hal-Hal Berikut, Yuk Segera Hentikan Kebiasaan Buruk Mengelupas Kulit Bibir!

Bibir kering dan pecah pecah dapat disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja, karena faktor udara yang terlalu dingin, kering, atau bisa juga karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Selain itu, terlalu lama beraktivitas di ruangan berpendingin juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan kulit bibir jadi mudah kering. Dikarenakan memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dari kulit wajah, kulit bibir pun rentan kering dan berpotensi mengalami kehilangan cairan tubuh 10 kali lebih cepat. Salah satu tanda bibir sedang mengalami kekeringan adalah dengan mengelupasnya kulit pada area tersebut. Jika sudah begitu, siapa pun pasti akan ‘gatal’ untuk mencabutnya. Padahal, kebiasaan buruk mengelupas kulit bibir sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan hal-hal berikut ini.

Iritasi dan Luka

masalah umum bibir

Saat bibir terasa kering dan pecah-pecah, Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengelupaskan bagian kulit keringnya. Selain dapat menyebabkan timbulnya luka, mengelupas kulit bibir yang kering secara paksa hanya akan menyebabkan bagian kulit bibir yang semestinya belum mengering ikut terkelupas. Jika sudah begitu, timbullah mikro lesi alias luka yang tak kasat mata. Perlu Anda ketahui, munculnya luka pada bibir ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi hingga bernanah, lho! Oleh karena itu, hindari mengelupas kulit bibir dan senantiasa oleskan lip balm saat bibir sudah mulai terasa kering. Lagi pula, tanpa perlu dikelupas secara paksa, kulit bibir yang kering nantinya akan terkelupas dengan sendirinya kok!

Produk Lipstik Sulit Menempel Sempurna

masalah umum bibir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dalam beberapa kondisi, menarik atau mengelupas kulit bibir akan menyebabkan luka, bahkan hingga berdarah. Setelah darahnya berhenti keluar, luka pun akan jadi menghitam dan berubah menjadi koreng. Selain tidak sedap dipandang, timbulnya koreng pada bagian bibir juga membuat tampilan lipstik kurang maksimal. Namun, ada saja sebagian wanita yang tetap memaksa untuk menutup koreng di bibir dengan memulaskan lipstik hingga berkali-kali. Padahal, cara ini justru hanya akan menyebabkan pori-pori di area bibir jadi tersumbat, sehingga proses penyembuhannya pun akan jadi lebih lama.

Timbul Rasa Perih

masalah umum bibir

Bicara soal mengelupas kulit bibir, saya termasuk salah seorang wanita yang gemar melakukan hal tersebut, bahkan sejak kecil. Alasannya? Sepele, karena iseng saja. Sayangnya, kebiasaan buruk yang satu ini terus saya lakukan hingga dewasa. Padahal, sengaja mengelupas kulit bibir dapat menimbulkan rasa perih yang teramat sangat, lho! Terlebih lagi jika setelahnya Anda mengonsumsi makanan yang pedas. Wah, makin menjadi deh rasa perih yang ditimbulkan. Nah, jika di antara Anda ada juga yang memiliki kebiasaan mengelupas kulit bibir seperti saya, yuk segera hentikan jika tak ingin merasakan dampak buruk seperti yang telah di sebutkan di atas!

Baca juga: Kulit di Sudut Bibir Kering dan Sering Mengelupas? 3 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

PREVIOUS ARTICLE

Berkolaborasi dengan Beauty Journal, Sociolla Datangkan Beauty Guru Korea Joan Kim dan Edward Avila ke Indonesia

NEXT ARTICLE

5 Rekomendasi Produk ElshéSkin yang Layak Dicoba Oleh Para Pemilik Kulit Berjerawat

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

62comments


  • Lutfiana Damayanti4 days ago

    kebiasaanku nih :( tangan gatel kalo liat bibir kering

  • Annisa Maulia Priyo1 week ago

    Follback ya:)

  • Redha Caraka Shinta1 week ago

    <3

  • Sita Lubis1 week ago

    Makasih infonya

  • Sita Lubis1 week ago

    Kebiasaanku 😭

  • Farintya Yuniastiti1 week ago

    Follback ya

  • Lina S1 week ago

    Follback ya

  • INEZTAZIA ZELITALORA1 week ago

    Nice share! :)

  • Abdillah dillah1 week ago

    nice

  • Monik Dominika2 weeks ago

    untung udah lepas dari bad habit satu ini:")

  • Ros Malina2 weeks ago

    Folbackgirllll

    • Latifah Eva2 weeks ago

      @Syfaff done ya

  • Rindi Iryanti2 weeks ago

    Nice artikel

  • tamma prasoctolima2 weeks ago

    udah jadi habits:(

  • Nur Salmanah2 weeks ago

    Kebiasaanku yang susah ilangnya :(

  • Hany H2 weeks ago

    Follback ya. thank u

  • Kaesalpinia Siti Rubia2 weeks ago

    kebiasaan:( pengen dong lipcream yg ga bikin kering:(

  • Rizka Fitria2 weeks ago

    kebiasaanku nih

  • Eka PN2 weeks ago

    Kebiasaan yang susah berhenti :(

  • Zahir Zahro2 weeks ago

    Kebiasaanku :((

  • Isrovana Khamidah2 weeks ago

    Hai, boleh minta follback ya dear, makasih ^^,

  • Rizka Mifta2 weeks ago

    nice

  • Rizka Mifta2 weeks ago

    nice

  • Yunidia Tarlim2 weeks ago

    AKU sering nih—

  • Syifa Afifah2 weeks ago

    Niceeee

  • Valentina Yosnanda3 weeks ago

    Hai cantik, salam kenal. Minta folbacknya ya sist. Thanks :)

  • Cendana Prasasti3 weeks ago

    sering banget begini

  • Resita Sari3 weeks ago

    :(

  • Yunglinna ria3 weeks ago

    ????

  • Sintha Novia Putri4 weeks ago

    Omg aku sering bgt ngelupasin kulit bibir yg kering, kadang suka gak sadar :(

  • Lusie Gerardanna4 weeks ago

    ini udh jd habit bgt ngelopekin kulit bibir, kalo engga gemes gitu greget:(

  • shania namira4 weeks ago

    Astaga aku sering:(

  • dania febry ramadhani4 weeks ago

    good

  • Puji Fauziahr1 month ago

    Hallo, follback ya :)

    • Dwi Lestari1 month ago

      @Pujifauziahr iya:)

  • dayu pradnya1 month ago

    Memantul

  • Adelia Utami1 month ago

    Udah kebiasan bgt sih ini. Apalagi kalo lagi ngaca, kyk ganggu banget:(

  • Zulfa Azahra1 month ago

    sebenernya udah tau sih berakibat buruk, tp gimana dong teteup aja ngeyel pgn di kelupas2 huhu✌?

  • Malia Elisiana1 month ago

    follback please?

  • Maya Kartika1 month ago

    harus minum air putih banyak banyaaakk dan rajin buat pake lip balm . soalnya kalo kering jadi gatel pengen kopek kopek

  • Nawang Wulandhari1 month ago

    huhu susah banget sih berhenti dari kebiasaan ini, gatel banget tangan kalo ada bibir kering, bawaannya pingin ngelupas, kadang ganggu banget penampilan

  • Vinandita Nur Ismoyowati1 month ago

    udah ngelupas sendiri saking keringnya :(

  • Irinna Pinka1 month ago

    Ga ngerti lagi tiap hari bibir kering bawaannya pgn ngelupas alhasil jd jelek klo pake lipcream, gasehat bgt huhu

  • Ratnasari pujiastuti1 month ago

    sering banget nii bginii

  • Diajeng Nur Fajarini1 month ago

    susah bgt tangan gatell maunya ngelupasin kulit bibir mulu :(

  • Ummu Kultsum1 month ago

    Bisa dicoba nihh caranya????

  • Anom Ferary1 month ago

    Kadang suka ga sadar tangan ngeletekin sendiri

  • Adzkia H1 month ago

    Pantes;(

  • Alia Alhadad1 month ago

    aku banget ini, soalnya pake scrub bibir ga mempan..

  • Maharany Novia putri1 month ago

    sering banget nih kaya giniiiii:(

  • Dwi Oktaviani1 month ago

    Duh sering lagi :((

  • Annisa Puspa Nugraheni1 month ago

    Sering banget :(

  • Susan marlia1 month ago

    sering banget kopek2 bibir, dan emang biasanya tanpa sadar langdung refkex.. Bad habits.

  • Endah Pratiwi1 month ago

    Makasih infonyaa :)

  • Nurul Haerunnisa1 month ago

    Wajib dicoba

  • nihlatus shofa1 month ago

    Yaampun tanganku suka bgt ngelupasin bibir:")))

  • Sekarlangit Umastuti1 month ago

    Gue banget nih :'(

  • Ella Risky Nurbaeti1 month ago

    Kebiasaan buruk yang susah di ilangin :(

  • Sisilia Damayanti1 month ago

    thanks infonyaaa

  • Rossy rosmawati1 month ago

    nice info.. aku banget ini :(

  • Anesya Octaviana Putri Taufik1 month ago

    Pantes bibirku pecah trs:(

  • meindy f grania1 month ago

    aku banget TT

  • Abibah Miftachussifa1 month ago

    Thank you for sharing

  • Meliana Hana1 month ago

    Aku banget, artikelnya bermanfaat makasih ya