Beauty

Ini Cara Benar Simpan Produk Kecantikan Agar Tidak Mudah Rusak

Bukan cuma cara memakai, kita pun perlu mengetahu bagaimana cara menyimpan produk kecantikan yang tepat agar umurnya lebih panjang. Kalau sebenarnya masih bisa dipakai tapi sudah keburu rusak karena salah simpan sayang juga kan? Jadi malah buang-buang uang deh. Supaya nggak terjadi pada Anda, yuk simak dulu berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan produk kecantikan Anda berikut ini.

Hindari Cahaya Matahari

skincare (1)

Kalau Anda rutin membaca keterangan di tiap produk skin care, aturan ini pasti sering Anda temukan. Yup, menyimpan produk di area yang terkena cahaya matahari memang sangat tidak dianjurkan. Bahkan paparan matahari secara tidak langsung yang lewat melalui jendela juga tidak diperbolehkan loh. Selain membuat produk terekspos cahaya dalam waktu lama, temperatur yang tinggi membuat kualitas produk menurun, terutama produk skin care dengan kandungan Vitamin C, Retinol dan Benzoyl Peroxide. Kalau kamar Anda rentan dengan paparan cahaya sinar matahari, sebaiknya letakan produk skin care di dalam laci, atau kotak yang dilengkapi dengan penutup. Sedangkan saat ingin bepergian dan membawa produk skin care, pastikan Anda menyimpannya di dalam pouch tertutup untuk melindunginya dari cahaya matahari langsung.

Jangan Simpan di Kamar Mandi

kamamandi (1)

Kondisi kamar mandi yang lembap dan terkadang menjadi panas saat Anda menggunakan pemanas air, sangat tidak tepat dimanfaatkan untuk menyimpan produk skin care, makeup, maupun parfum. Kondisi lembap dan panas akan memperpendek masa pakai produk kecantikan Anda. Jadi, kalau ingin menaruh kotak penyimpanan produk kecantikan di dalam kamar mandi, sebaiknya pikir kembali ya. Cara paling tepat adalah dengan meletakan kotak penyimpanan di luar kamar mandi, namun dalam posisi yang mudah diakses, seperti dekat meja rias atau side table tempat tidur.

Bolehkah Menyimpan di Dalam Kulkas?

skulkass (1)

DIY skin care, 100% skin care yang organik, dan berbagai produk dengan kandungan makanan dan bahan organik sebagai komposisi utama perlu diletakkan di dalam kulkas. Hal ini dapat mencegah jamur tumbuh dan memperpanjang masa pakai produk Anda. Sederhananya berbagai macam produk tanpa kandungan pengawet maupun water based product, cocok diletakkan di kulkas. Selain suhunya bisa Anda sesuaikan, kulkas jadi tempat terbaik untuk menghalau cahaya matahari. Produk face mask dan eye cream juga aman diletakkan di dalam kulkas loh. Bahkan pada kondisi dingin produk ini dapat memberi efek sejuk, mengurangi kemerahan di wajah serta meredakan mata sembap untuk eye cream. Yang terpenting, selalu pastikan untuk tahu kandungan tiap produk skin care Anda sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Tempatkan di kotak khusus kosmetik dan skin care dan pilih suhu sekitar 4 derajat celsius untuk memperpanjang masa pakai produk.

Tempatkan Ulang Produk Jika Diperlukan

temaptkan ulang (1)

Kadang ada saat di mana Anda ingin memindahkan produk skin care ke tempat yang lebih praktis dan efisien. Krim pelembap dalam bentuk jar tanpa spatula tentu saja lebih rentan menngundang bakteri karena terkontaminasi jari tangan setiap kali Anda mengaplikasikannya. Untuk produk skin care tanpa spatula seperti ini, Anda juga bisa membeli spatula secara terpisah di toko-toko aksesori atau beli secara online. Produk skin care lain yang terasa kurang higienis dan cenderung boros kalau menggunakan kemasan bawaan, boleh juga Anda ganti ke tempat baru yang dilengkapi pompa atau spray loh. Toner bisa jadi produk yang menarik untuk dipindahkan ke botol yang lebih kecil saat bepergian nih karena jumlah produk yang dikeluarkan bisa lebih Anda kontrol dan menyebar lebih rata pada kulit.

Baca Juga: 7 Cara Kreatif Menyimpan Dan Menata Alat Kecantikan Anda

PREVIOUS ARTICLE

5 Kesalahan Pemakaian Dry Shampoo yang Membuat Rambut Anda Semakin Lepek

NEXT ARTICLE

Kapan Terakhir Kali Anda Memeriksa Isi Makeup Pouch?

RELATED ARTICLES

comments