Beauty

Cara Pakai Concealer Sesuai 5 Masalah Kulit

Apakah Anda sering menggunakan concealer ketika berdandan? Concealer ini berguna untuk menyamarkan ketidaksempurnaan di wajah, seperti noda hitam atau jerawat. Concealer ini punya banyak jenis dan warna. Coba perhatikan makeup artist atau blogger yang biasa Anda tonton tutorialnya, perhatikan cara pakai concealer dan jenis concealer yang mereka gunakan. Pasti mereka punya concealer berbentuk krim atau cair, dan dengan warna hijau, oranye, hingga ungu.

Baca Juga: Warna-Warna Concealer dan Fungsinya

Warna-warna serta bentuk yang berbeda ini ternyata dirancang untuk menyesuaikan dengan masalah kulit yang dimiliki. Begitu juga dengan cara pakainya. Singkat kata, jika masalah kulit Anda ingin tersamarkan dengan lebih baik dan maksimal, bedakan cara pemakaiannya. Simak 5 masalah kulit di bawah ini, tips memilih concealer yang sesuai, dan trik pemakaiannya masing-masing.

1. Mata Panda (Area Gelap di Bawah Mata)

Yang Anda Butuhkan: Concealer cair (jika bisa yang dikhususkan untuk kantung mata), spons makeup, dan bedak tabur.
Warna Concealer: Peach (oranye) atau kuning, dengan warna setingkat lebih terang dari warna kulit. Kedua warna ini akan menyamarkan area biru atau ungu gelap di bawah mata.

Sebelum memakai concealer, ada baiknya Anda menggunakan krim mata untuk mencegah area bawah mata Anda kering dan semakin menonjolkan kantungnya. Tunggu hingga krim mata meresap, baru gunakan concealer dengan pola segitiga terbalik. Ratakan dengan jari manis atau kuas khusus concealer menggunakan gerakan ditepuk-tepuk (bukan diseret). Setelah itu, gunakan spons makeup yang sudah dibasahi dan diperas airnya pada bedak tabur. Tepuk-tepuk ke area aplikasi concealer untuk membuatnya tahan lama.

cara pakai concealer

Sapukan concealer dengan bentuk segitiga terbalik.

2. Noda Hitam atau Bekas Jerawat, Kulit Kemerahan

Yang Anda Butuhkan: Kuas khusus concealer, concealer dalam bentuk krim, spons makeup, dan bedak tabur.

Noda hitam atau rona kemerahan bisa disamarkan dengan concealer yang memiliki tekstur berat, yaitu krim. Concealer krim biasanya memiliki kandungan minyak yang lebih sedikit dari concealer cair sehingga tidak mudah ‘meleleh’. Sapukan concealer dengan kuas dengan gerakan seperti melukis. Untuk kulit kemerahan, Anda bisa menggunakan kuas atau jari manis dengan gerakan menepuk. Baurkan pada area di sekeliling noda hitam (bukan di noda hitamnya saja) agar warnanya terlihat alami. Bubuhkan bedak tabur dengan spons lembap untuk membuatnya tahan lama.

3. Mata Bengkak

Yang Anda Butuhkan: Concealer jenis apa saja, highlighter

Karena berkaitan dengan kontur wajah, mata bengkak memang lebih sulit disamarkan namun Anda bisa membuatnya terlihat lebih kempis dengan cara berikut. Sapukan concealer cair ke punggung tangan lalu colek sedikit highlighter yang Anda punya (lebih bagus lagi jika hhighlighter Anda bertekstur cair). Ingat, sedikit saja ya. Bubuhkan pada area mata yang bengkak saja. Setelah itu, baurkan highlighter pada lipatan mata. Highlighter akan memantulkan cahaya dan akan memberi efek kulit yang lebih mulus dan tidak sebengkak kondisi awal.

4. Jerawat

Yang Anda Butuhkan: Concealer dalam bentuk pensil atau krim, spons makeup, dan bedak tabur.
Warna Concealer: Setingkat di atas warna kulit atau hijau.

Karena jerawat bentuknya menonjol di kulit, Anda perlu menyamarkan penampakannya dan memastikan area ini akan bebas minyak. Untuk menyamarkan jerawat, concealer terbaik adalah yang bentuk pensil karena berujung meruncing. Jika tak menggunakan concealer pensil, Anda sebaiknya menggunakannya bersama dengan kuas khusus concealer untuk aplikasi yang lebih mulus. Setelah tertutup sempurna, bubuhkan bedak tabur dengan spons lembap untuk membuatnya tahan lama. Nah, kalau jerawat Anda masih memerah, gunakan dulu concealer krim berwarna hijau untuk menyamarkan warnanya. Setelah itu, baru baurkan concealer pensil dan bedak tabur.

Baca Juga: Cara Menyamarkan Jerawat Dengan Makeup

5. Area Hitam di Sekitar Bibir

Yang Anda Butuhkan: Concealer jenis apa saja, kuas concealer, spons makeup, dan bedak tabur.
Warna Concealer: Putih

Jika kulit di sekeliling bibir Anda agak menghitam, coba cara ini. Sapukan kuas concealer dengan concealer warna putih atau warna paling terang pada sekeliling bibir. Setelah itu, gunakan foundation yang sesuai warna kulit. Trik ini akan mencerahkan kulit tanpa membuatnya belang.

PREVIOUS ARTICLE

5 Kesalahan Merawat Kulit yang Umum Dilakukan

NEXT ARTICLE

Kampanye Bulan Kanker Payudara Bersama Estee Lauder

RELATED ARTICLES

comments