ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ini Dia Cara Menggunakan Retinol pada Kulit Sensitif Menurut Ahli Dermatologi

Jika Anda rutin menggunakan produk perawatan kulit untuk anti-aging, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kandungan-kandungan yang biasa terdapat di dalamnya, bukan? Sebut saja mulai dari vitamin C, AHA, niacinamide, hingga retinol. Nah, khusus retinol, Anda harus memberi perhatian ekstra saat menggunakannya. Pada dasarnya, retinol yang merupakan turunan dari vitamin A ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Hanya saja, terkadang penggunaan retinol yang tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, seperti kulit merah dan mengelupas, sehingga tidak nyaman digunakan oleh pemilik kulit sensitif. Dikutip dari Allure, menurut beberapa ahli dermatologi, para pemilik kulit sensitif masih dapat menggunakan retinol dengan menggunakan beberapa tips tertentu. Simak penjelasannya di bawah ini!

Cobalah Retinol dengan Versi yang Lembut Terlebih Dahulu

Retinol

Menurut Joshua Zeichner, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan retinol dalam bentuk retinyl ester terlebih dahulu. Dalam istilah awam, retinyl ester adalah bentuk vitamin A yang kurang terkonsentrasi, sehingga hasilnya tidak terlalu agresif pada kulit yang sensitif. Sebagai permulaan, Anda dapat mencari produk skin care anti-aging dengan kandungan retinyl propionate. Kandungan ini merupakan turunan dari retinol yang jauh lebih ringan di kulit jika dibandingkan dengan retinol murni, sehingga lebih ‘bersahabat’ untuk kulit sensitif.

Gunakan Bersamaan dengan Pelembap

Retinol

Memasukkan retinol ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda tanpa menggunakan pelembap sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli dermatologi. Tanpa adanya lapisan hidrasi dari pelembap, risiko sensitivitas akan menjadi lebih tinggi. Shari Marchbein, seorang ahli dermatologi, menyarankan agar pemilik kulit sensitif menggunakan retinol dengan ‘teknik sandwich’. Anda dapat menggunakan produk skin care routine terlebih dahulu seperti biasa, lalu menggunakan krim retinol, dan mengaplikasikan pelembap dalam jumlah agak banyak untuk mengunci semua kandungan pada kulit. Menurut Marchbein, lapisan pelembap ini tidak mengurangi kemanjuran dari retinol, tetapi sebaliknya meningkatkan tolerabilitas kulit untuk menerima kandungan retinol.

Baca Juga: Agar Tidak Mengiritasi Kulit, Berikut Kandungan Produk Skin Care yang Tidak Boleh Digunakan Secara Bersamaan

Hindari Penggunaan Bersamaan dengan Kandungan Tertentu

Retinol

Saat menggunakan retinol, Anda perlu menjauhi beberapa kandungan tertentu yang dapat berkontribusi pada kekeringan dan iritasi. Misalnya, produk skin care dengan kandungan asam seperti glycolic acid karena gabungan dari penggunaan kedua kandungan yang bersifat exfoliating ini dapat membuat kulit Anda memerah dan mengelupas. Selain itu, Anda juga perlu menghindari penggunaan benzoyl peroxide dan retinol dalam waktu yang bersamaan karena kedua kandungan tersebut dapat meregenerasi kulit secara cepat.

Gunakan Produk Retinol dengan Tekstur Krim

Retinol

Produk skin care dengan kandungan retinol yang disarankan bagi para pemilik kulit sensitif adalah yang memiliki kandungan konsentrasi rendah, idealnya sekitar 0,05 persen. Menurut Sejal Shah, ahli dermatologi dan pendiri Smarter Skin Dermatology, kandungan retinol dalam produk skin care bertekstur krim lebih aman bagi kulit sensitif dibandingkan serum yang cenderung lebih terkonsentrasi.

Latih Kulit Anda

Retinol

Bagi para pemilik kulit sensitif yang ingin mencoba retinol, Shah merekomendasikan untuk melakukan aplikasi kontak singkat terlebih dahulu. Aplikasi kontak singkat adalah teknik dimana Anda mengoleskan produk skin care dengan retinol ke kulit, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air. Teknik ini dipercaya dapat membantu proses pengenalan kulit Anda terhadap retinol. Anda dapat secara bertahap meningkatkan penggunaannya hingga bisa membiarkannya semalaman. Selain itu, gunakan krim retinol dengan jumlah yang sangat kecil, seperti seukuran jagung, karena sudah cukup untuk seluruh wajah Anda.

Baca Juga: Apakah Seseorang Perlu Menunggu untuk Mengaplikasikan Produk Skin Care Selanjutnya? Begini Kata Para Ahli!

PREVIOUS ARTICLE

Benefit Cosmetics Memperkenalkan Kate Grant, Brand Ambassador Pertama Penyandang Disabilitas

NEXT ARTICLE

Ragam Manfaat Frankincense Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit. Tertarik Mencobanya?

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

COMMENTS

2comments


  • Syifa Nurhanifa6 days ago

    terimakasih infonya kak

  • agny pardosi2 months ago

    Terimakasih buat artikelnya