ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Cara Membersihkan Kuas Makeup Sesuai dengan Jenisnya

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalam breakout. Salah satunya adalah penggunaan kuas makeup yang kotor. Banyak pengguna makeup yang belum sadar kalau aplikator makeup dapat menjadi sarang bakteri dan berpotensi memindahkan bakteri dari pan makeup ke kulit kita atau sebaliknya. Untuk mencegah terjadinya hal ini, kita harus selalu menjaga kebersihan kuas makeup dengan cara mencucinya. Namun, cara mencucinya pun tidak boleh sembarangan. Pastikan untuk membersihkan kuas makeup sesuai dengan jenis bulunya, seperti berbagai cara berikut ini!

Membersihkan kuas makeup natural

Natural hair brush merupakan kuas makeup yang terbuat dari bulu binatang. Jenis kuas ini cenderung lebih awet dan kualitasnya akan meningkat seiring dengan penggunaannya. Untuk membersihkan kuas makeup dari bulu natural, Anda perlu menghindari penggunaan cleanser dengan kandungan alkohol karena berpotensi merusak helaian bulu kuas. Selain itu, pastikan juga untuk tidak menggosok kuas terlalu kasar.

Untuk Anda yang ingin membersihkan kuas makeup dari bulu natural, berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  • Sampo bayi: Sampo bayi memiliki formula yang gentle untuk bulu kuas. Cara membersihkannya, basahkan kuas menggunakan air hangat, lalu tuang setetes sampo bayi pada telapak. Gosok kuas pada telapak tangan hingga membentuk busa. Jika helaian bulu kuas sudah terlihat bersih, bilas kuas menggunakan air dingin.
  • Sabun cuci piring dan minyak zaitun: Campuran dua cairan ini dipercaya mampu meluruhkan kotoran sekaligus merawat helaian bulu kuas. Untuk membersihkan kuas dengan campuran ini, Anda perlu menuangkan minyak zaitun dan sabun cuci piring dengan perbandingan 1:3. Lalu, celupkan ujung kuas pada campuran tersebut dan gosok pada telapak tangan menggunakan gerakan memutar. Jika warna kuas mulai terlihat seperti semula, Anda tinggal membilasnya di air mengalir hingga benar-benar bersih.
  • Brush shampoo: Ada banyak brush shampoo khusus yang ditujukan untuk membersihkan bulu kuas natural. Anda bisa memilih yang berbentuk cair, maupun padat. Cara membersihkannya pun serupa dengan pilihan cleanser sebelumnya, Anda cukup membasahi kuas makeup menggunakan air, lalu teteskan brush shampoo pada kuas, dan gosok dengan gerakan memutar pada telapak tangan. Jika sudah terlihat bersih, Anda tinggal membilasnya di air mengalir.

Baca juga: 3 Fakta yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kuas Makeup Natural dan Sintetis

Membersihkan kuas makeup sintetis

membersihkan kuas makeup

Berbeda dengan kuas makeup dari bulu natural, kuas makeup sintetis terbuat dari bulu buatan seperti polyester dan nylon. Jika dibandingkan dengan kuas dari bulu natural, jenis kuas ini cocok digunakan untuk mengaplikasikan makeup bertekstur cair, seperti foundation atau concealer, karena cenderung tidak menyerap produk. Anda pun bisa membersihkan kuas makeup sintetis dengan lebih leluasa karena bulunya tidak gampang rusak.

Sebenarnya ketiga cara membersihkan kuas makeup dari bulu natural yang sudah disebutkan sebelumnya juga bisa digunakan untuk membersihkan kuas makeup sintetis. Namun, Anda harus lebih perhatian dengan kuas yang digunakan pada makeup bertekstur cair karena akan memiliki lebih banyak produk yang tertinggal di kuas. Setelah mencuci dengan salah satu cara di atas, Anda perlu melakukan tahap ekstra, yaitu membuat kuas makeup kembali steril. Caranya mudah, kok! Cukup tuangkan alhokol pada wadah, lalu celupkan ujung kuas makeup dan aduk selama beberapa detik. Kuas pun siap dikeringkan dan digunakan kembali.

Baca juga: 3 Alasan mengapa Para Beauty Enthusiast Perlu Memiliki Kuas Makeup Berkualitas

PREVIOUS ARTICLE

Dose of Colors dan Disney Kembali Berkolaborasi dengan Menghadirkan Produk yang Menggemaskan Bertema Minnie Mouse

NEXT ARTICLE

Kylie Cosmetics Beri 'Kode' akan Luncurkan Produk Kolaborasi dengan Kendall Jenner

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

7comments


  • Anisa DwinitaNingsih34 minutes ago

    nice info .tengkyuu

  • Frisilia Nadhira6 hours ago

    i really need this! x

  • Sifa Fauziah Putri13 hours ago

    asli berguna banget sih ini mah, biar ga sembarangan cuci brush.

  • Anisa Dwinita2 days ago

    mesti banget baca iniii

  • Indah Gilang Pusparani2 days ago

    Kalau aku brushnya sintetik semua, plus pake brush shampoo dari Real Techniques. Jadi gampang ngerawatnya hehe. Paling lupa disterilin sih, thanks infonya ya!

  • Ana Triyana2 days ago

    Wajib banget tau nih..

  • Endah Puspitasari1 week ago

    nahh wajib baca biar gak asal nyuci...