ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Peduli Lingkungan, 7 Brand Kecantikan Ini Lakukan Daur Ulang Kemasan

Industri kecantikan mengalami perkembangan yang pesat dalam 5 tahun ke belakang. Setiap minggu rasanya ada saja produk baru yang dirilis. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira pagi para beauty enthusiast di seluruh dunia. Sayangnya, masih banyak orang yang lupa bahwa meningkatnya popularitas skin care juga membawa dampak negatif bagi lingkungan. Seperti kemasan produk, misalnya. Apakah Anda pernah berpikir ke mana botol-botol skin care tersebut setelah digunakan?

Sebuah data dari Euromonitor menyatakan bahwa di tahun 2017 lalu, ada 76.8 miliar sampah kemasan plastik yang dihasilkan oleh industri kecantikan. Serupa dengan sampah makanan dan minuman, botol kemasan kosmetik pun tergolong sulit didaur ulang dan membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk terurai.

Menyadari kondisi ini, mulai ada beberapa brand kosmetik yang menerapkan konsep zero waste. Salah satu caranya adalah dengan melakukan daur ulang terhadap botol-botol kemasan yang dikembalikan kepada brand tersebut. Menariknya lagi, daur ulang ini juga hadir dengan sistem reward sehingga konsumen turut mendapat keuntungan. Lantas, apa Anda tertarik untuk turut menjaga lingkungan dari sampah plastik bekas kosmetik? Jika iya, berikut beberapa brand kecantikan yang melakukan daur ulang kemasan dan layak untuk diapresiasi.

Sensatia Botanicals

Selain memiliki produk yang bersifat SLS-free dan cenderung lebih ramah lingkungan, Sensatia Botanicals juga memiliki program daur ulang kemasan. Sistemnya pun sederhana, Anda cukup mengembalikan satu botol kosong ke gerai Sensatia Botanicals. Nah, setiap botol ini dihargai dengan satu recycle sticker. Kumpulkan hingga sebanyak 12 stiker dan Anda pun berhak mendapatkan voucher senilai Rp100.000. Menariknya lagi, Sensatia Botanicals merupakan brand lokal pertama yang hadir dengan program daur ulang kemasan. Wah, semoga banyak brand lokal lainnya yang ikut membuat program ini, ya!

Baca juga: Menjaga Lingkungan Bisa Dimulai dari Produk Kecantikan. Yuk Ketahui Cara Menerapkannya!

Lush

Banyak hal yang dilakukan Lush untuk menjaga lingkungan. Mulai dari menggunakan bahan-bahan organik, membuat produk yang dijual tanpa kemasan, hingga melakukan daur ulang kemasan. Serupa dengan Sensatia Botanicals, Lush juga menawarkan reward bagi konsumennya. Untuk setiap 5 kemasan pot Lush yang sudah dibersihkan, Anda bisa mendapatkan Fresh Face Mask secara gratis. Selain melalui program ini, Lush juga bekerja sama dengan Ocean Legacy untuk membuat kemasan produk menggunakan bahan sampah plastik yang berada di lautan. Tenang saja, semuanya sudah terbukti aman untuk digunakan, kok!

The Body Shop

Nah, kalau yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu, yaitu kampanye Bring Back Our Bottles dari The Body Shop. Program ini bertujuan untuk mengajak para konsumen mengembalikan kemasan kosong The Body Shop ke gerai terdekat untuk didaur ulang. Hasil daur ulang dari botol bekas ini nantinya akan diolah kembali menjadi sapu, ember, dan produk rumah tangga lainnya. Selain membantu untuk menyelamatkan lingkungan, Anda juga bisa mendapatkan point rewards dari The Body Shop.

eos

eos merupakan salah satu brand kecantikan yang bekerja sama dengan TerraCycle® dalam melakukan program daur ulang kemasan produk. Ada tiga jenis kemasan produk yang diterima dalam program ini, yaitu eos lip, lotion, dan shave packaging. Dengan mengikuti program ini, konsumen bisa mendapatkan TerraCycle points yang bisa ditukar menjadi donasi terhadap sekolah atau organisasi nonprofit.

Baca juga: Jaga Kelestarian Laut, Kampanye Anti Sedotan Plastik Semakin Marak di Indonesia. Sudahkah Anda Berpartisipasi?

Kiehl’s

Salah satu program daur ulang kemasan yang bisa kita lakukan di Indonesia adalah dari brand Kiehl’s. Brand ini juga menggunakan sistem reward dalam programnya. Untuk setiap satu kemasan full-size yang sudah kosong dapat Anda tukarkan dengan satu buah cap. Nah, jika sudah terkumpul hingga 10, Anda berhak menukarkannya dengan sebuah produk berukuran travel size. Jika memiliki produk dalam ukuran travel-size, Anda juga bisa membawanya ke gerai Kiehl’s terdekat untuk didaur ulang.

L’Occitane

Berbeda dengan brand-brand sebelumnya, L’Occitane bekerjasama dengan TerraCycle® untuk membuat program daur ulang yang membolehkan konsumen membawa kemasan kosmetik dari brand apapun. Beberapa kemasan yang diterima dalam program ini diantaranya adalah lip balm tubesfragrances bottlesrefill pouchesface mask packaginghair product trigger heads, dan shampoo bottles. Dengan menukarkan kemasan full-size dari L’Occitane atau brand kosmetik lainya, Anda bisa mendapatkan diskon sebesar 10% untuk pembelian produk baru dalam ukuran penuh. Sayangnya, saat ini L’Occitane Recycling Program belum tersedia di Indonesia. Semoga secepatnya hadir, ya!

innisfree ID

Tak mau kalah dengan brand lainnya, innisfree juga memiliki program daur ulangnya sendiri yang diberi nama Empty Bottle Recycling. Gerakan yang sudah dimulai sejah tahun 2003 ini telah menerima 12.524.850 botol kosong yang dikembalikan ke gerai innisfree Korea. Untuk berpartisipasi dengan gerakan ini, Anda cukup membawa botol kosong innisfree ke gerai terdekat. Lalu, tukarkan botol tersebut dengan poin innisfree. Ada beberapa ketentuan yang berlakukan dalam program ini, yaitu hanya berlaku untuk kemasan produk perawatan kulit, rambut, dan badan dari innisfree, tidak berlaku untuk produk make-up, botol spray, dan pewarna rambut, serta setiap orang maksimal membawa tiga botol.

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Anda Peroleh dari Acara Netflix “Tidying Up With Marie Kondo”

PREVIOUS ARTICLE

Mengenal Lebih Dekat Lip Products dari Collection yang Formulanya Nggak Bikin Bibir Kering

NEXT ARTICLE

5 Inspirasi Makeup Laura Marano, Pasangan Baru Noah Centineo di Film 'The Perfect Date'

RELATED ARTICLES

Content Writer at Beauty Journal

COMMENTS

1comment


  • Ria R S1 week ago

    Yg innisfree max 5 😉