ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Pakai Acid Toner Setiap Hari Sebenarnya Boleh Nggak, Ya? Intip Jawabannya di Sini!

Produk skin care dengan kandungan acid atau asam saat ini telah meningkat popularitasnya di kalangan beauty enthusiast tanah air. Hal ini dikarenakan produk dengan kandungan acid diklaim memiliki banyak manfaat bagi kulit, mulai untuk memperbaiki tekstur hingga mencerahkan kulit. Acid sendiri tergolong sebagai chemical exfoliator yang paling banyak ditemukan di dalam produk toner. Banyak wanita menggunakan acid toner sebagai bagian dari rangkaian skin care routine sehari-hari, dengan harapan kulit wajah akan lebih cepat mulus dan cerah. Namun, apakah acid toner sebetulnya diperbolehkan untuk digunakan setiap hari? lantas, apakah kondisi kulit yang diinginkan akan tercapai jika menggunakan acid toner dengan frekuensi yang cukup sering? Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

Manfaat Acid Toner

Acid Toner

Sesuai dengan namanya, acid toner memiliki kandungan aktif asam yang dapat membantu proses eksfoliasi kulit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena asam yang terkandung di dalam toner sudah terbukti aman bagi kulit dengan konsentrasi yang pastinya sudah diuji oleh brand yang menciptakannya. Kandungan asam yang biasanya terkandung di dalam acid toner adalah AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan PHA (Polyhydroxy Acid). Glycolic acid dan lactic acid adalah jenis asam yang tergolong sebagai AHA. Penggunaannya mampu mengelupas sel kulit mati, sehingga bisa menjadikan kulit lebih cerah dan halus.

Jika memiliki jenis kulit berminyak serta berjerawat, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan salicylic acid, bukan? Nah, jenis acid yang termasuk ke dalam BHA ini dipercaya ampuh untuk membasmi jerawat karena dapat membersihkan minyak dan kotoran hingga ke pori-pori terdalam kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, produk skin care dengan kandungan PHA cenderung lebih aman untuk kulit karena sifatnya yang lebih menghidrasi kulit dibandingkan kedua jenis acid lainnya.

Baca Juga: Do’s and Dont’s yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Exfoliating Toner

Perlukah Menggunakan Acid Toner Setiap Hari?

Acid Toner

Pada dasarnya, toner merupakan salah satu produk skin care yang digunakan untuk membersihkan segala jenis kulit. Kandungan acid yang ada di dalam toner sejatinya menambah fungsi toner menjadi chemical exfoliator, dengan tujuan utama yang tetap sama; yaitu menghasilkan kulit yang bersih, tergantung jenis kulit dan jenis acid itu sendiri. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memilih produk acid toner yang tepat bagi kulit.

Acid Toner

Lantas, bolehkah acid toner digunakan setiap hari atau bahkan beberapa kali dalam satu hari? Penggunaan acid toner sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit . Tidak ada peraturan yang saklek terkait bagaimana penggunaan acid toner yang benar untuk kulit. Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dan menggunakan makeup setiap harinya, penggunaan acid toner dalam skin care routine tentunya akan sangat membantu memelihara kesehatan kulit. Beda halnya dengan Anda yang memiliki jenis kulit kering atau normal, penggunaan acid toner untuk kulit Anda tentunya perlu dibatasi. Anda bisa mencoba menggunakan acid toner ini sekali dalam sehari, dua hari sekali, atau ditingkatkan frekuensinya sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Anda juga perlu memilih acid toner dengan kandungan yang sesuai untuk jenis kulit. Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, produk toner dengan salicylic acid tentu lebih cocok untuk Anda karena acid ini tergolong oil soluble, sehingga dapat membersihkan pori-pori kulit dengan lebih maksimal. Jika Anda menggunakan toner dengan kandungan AHA, hindari pemakaian bersamaan dengan produk lainnya yang mengandung vitamin C atau retinol agar meminimalisir risiko iritasi atau overstimulasi. Selain itu, menurut Danang Wisnu Wardhana selaku skin care enthusiast yang kerap membagikan informasi seputar perawatan kulit lewat akun Youtube pribadinya ini menghimbau untuk menghindari mengusapkan produk acid toner secara berulang pada bagian kulit yang sama. Pasalnya, hal ini dapat meningkatkan risiko over eksfoliasi yang berujung pada iritasi kulit.

Baca Juga: Mengenal Exfoliating Acid, Exfoliating Enzymes, dan Exfoliating Scrub. Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

PREVIOUS ARTICLE

5 Rekomendasi Makeup dari Missha yang Tak Boleh Dilewatkan oleh Para Pencinta K-Beauty

NEXT ARTICLE

Roadshow BRUNBRUN Paris ‘Play with Color’: Serunya Merias Wajah Bersama Soraya Hylmi di Bandung!

RELATED ARTICLES

QC Content at BeautyJournal

comments