ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Area Dahi Sering Terasa Gatal? Mungkin 5 Hal Ini yang Jadi Penyebabnya!

Salah satu masalah sepele namun mengganggu yang sering terjadi adalah rasa gatal. Seringnya sih, akibat digigit nyamuk atau serangga lainnya. Namun, terkadang rasa gatal ini juga timbul di area yang tidak disangka-sangka, yaitu area dahi. Ada yang pernah mengalami? Pastinya rasa gatal pada area dahi ini akan terasa mengganggu. Apalagi jika rasa gatal di area dahi terjadi terus menerus atau cukup sering. Hmm, kira-kira apa sih yang menyebabkan area dahi sering terasa gatal? Yuk, lihat apa saja yang mungkin menjadi penyebabnya!

1. Kandungan Produk Perawatan Kulit, Makeup, atau Perawatan Rambut

Dahi Sering Terasa Gatal

Penyebab pertama yang mungkin menjadi alasan area dahi Anda sering terasa gatal adalah kandungan produk yang Anda gunakan. Beberapa produk seperti skin caremakeup, atau bahkan hair care seperti sampo akan bersentuhan langsung dengan kulit Anda. Maka, apabila terdapat kandungan yang ternyata tidak cocok untuk kulit Anda atau menimbulkan reaksi alergi, bukan hal yang tidak mungkin jika area dahi Anda terasa gatal. Jika sebelumnya dahi Anda tidak pernah terasa gatal, coba Anda ingat-ingat, deh, ada produk baru apa yang Anda gunakan. Berhati-hati juga saat menggunakan produk rambut seperti hair gel atau hair spray agar tidak mengenai area kulit, ya!

2. Penggunaan Aksesori di Kepala

Dahi Sering Terasa Gatal

Saat bad hair day, bandana, scarf, atau topi memang bisa menjadi penyelamat agar tampilan tetap tetap terlihat oke. Namun, bisa jadi ‘penyelamat’ rambut Anda justru malah menjadi penyebab area dahi Anda terasa gatal seharian, lho! Sebelum Anda gunakan, apakah bandana atau scarf Anda sudah dicuci sebelumnya? Atau jangan-jangan aksesoris tersebut malah penuh debu karena sudah jarang digunakan? Debu yang menempel pada aksesoris tersebut dapat menempel juga pada area dahi, dan menyebabkan rasa gatal atau malah menyebabkan jerawat.

Oleh karena itu, pastikan segala aksesoris kepala Anda bersih sebelum digunakan, ya! Selain aksesoris seperti bandana atau scarf, helm dan kerudung pun perlu selalu Anda jaga kebersihannya. Jika Anda menggunakan jasa ojek, manfaatkan penutup kepala yang kerap ditawarkan untuk melindungi agar kepala dan kulit Anda tidak bersentuhan langsung dengan helm.

Lihat juga: Tips & Hacks: 5 Aplikasi Penggunaan Syal pada Rambut

3. Terbakar Matahari

Dahi Sering Terasa Gatal

Area dahi merupakan salah satu area kulit yang paling sering terekspos sinar matahari. Apalagi, jika Anda banyak menghabiskan waktu di luar ruangan atau di bawah sinar matahari secara langsung. Saat terbakar matahari, kulit akan mengelupas dan menimbulkan rasa gatal. Jadi, apabila area dahi Anda terasa gatal, rasa gatal tersebut mungkin disebabkan oleh kulit yang terbakar matahari dan sedang mengelupas. Untuk mencegahnya, Anda pasti sudah tahu, dong apa jawabannya? Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap harinya, ya!

4. Stres dan Anxiety

Dahi Sering Terasa Gatal

Jika kandungan produk, aksesoris kepala, atau sinar matahari bukanlah penyebab area dahi Anda terasa gatal, mungkin stres adalah penyebabnya. Ternyata, beberapa faktor psikologi seperti stres, anxiety atau rasa cemas, serta rasa gugup juga bisa menyebabkan seseorang untuk memiliki kebiasaan menggaruk dahi, lho! Saat Anda merasa stres, tubuh akan mengeluarkan reaksi kimia yang dapat menyebabkan gejala fisik, termasuk diantarnya rasa gatal. Selain itu, berada dalam tekanan stres juga akan mengaktifkan serat-serat syaraf, yang menimbulkan sensasi gatal. Faktor psikologi ini juga dapat memperparah beberapa kondisi kulit yang diikuti dengan gejala rasa gatal, contohnya…

5. Eczema, Dermatitis, dan Permasalahan Kondisi Kulit Lainnya

Dahi Sering Terasa Gatal

Seringkali, rasa gatal di area dahi disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap sesuati faktor alergi. Beberapa kondisi kulit seperti eczema atau dermatitis dapat disertai gejala seperti rasa gatal pada berbagai area tubuh, seperti wajah, dada, punggung, termasuk juga area dahi. Untuk mengatasi area dahi yang terasa gatal, cara yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelahnya Anda akan mendapat rekomendasi produk yang dapat membantu mengurangi rasa gatal, deh!

Baca juga: 5 Produk Aman untuk Pemilik Kulit Eksim

PREVIOUS ARTICLE

Wardah Fashion Journey, Kolaborasi Industri Kosmetik dan Mode Pada Panggung Indonesia Fashion Week 2018

NEXT ARTICLE

5 Brand dan Produk Kosmetik Baru yang Peluncurannya Sudah Dinanti Para Beauty Enthusiast

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

comments