ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Pentingnya Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan dengan Cara yang Benar

Tinggal di wilayah beriklim tropis membuat para wanita Indonesia perlu usaha ekstra dalam menjaga kebersihan area kewanitaanya. Kadang kondisi udara dan gaya hidup yang kurang tepat bisa memicu timbulnya bakteri jahat di area kewanitaan hingga memicu berbagai permasalahan seperti keputihan, iritasi, hingga Infeksi Saluran Kemih (ISK). Bahkan menurut data yang dibuat dalam Jurnal Skala Husada Vol.II (2014), diketahui sebanyak 75 persen wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan minimal sekali dalam hidupnya. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan wanita untuk mengatasi masalah ini. Seperti dengan selalu menjaga kebersihan area kewanitaan dan memerhatikan produk yang digunakan untuk membersihkan area kewanitaan.

Andalan feminine hygience

Mengenai pemilihan produk untuk membersihkan area kewanitaan, DKT Indonesia yang telah lama berkecimpung dalam industri kesehatan reproduksi, menghadirkan produk terbarunya yaitu Andalan Feminine Care. Hadir dalam 3 varian produk, yaitu Andalan Fresh Intimate Wash, Andalan Revitalize Intimate Wash, dan Andalan Natural White Intimate Wash. Diharapkan ketiga produk ini mampu membantu meningkatkan kualitas kebersihan area kewanitaan, dan mampu memenuhi kebutuhan setiap wanita yang memiliki aktivitas berbeda.

Baca juga: Mengukur Kesehatan Vagina dengan Mengetahui Perbedaan Warna Keputihan

Ditemui pada acara yang sama, Aesthetic Gynaecologist dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG turut memaparkan berbagai infromasi mengenai kesehatan area kewanitaan dalam pandangan medis. Menurutnya ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi kesehatan pada area kewanitaan. Seperti faktor internal yang timbul dari ketidakseimbangan hormon, pubertas, menstruasi hingga kondisi kehamilan, melahirkan maupun menopause. Sedangkan faktor eksternal yang muncul akibat gaya hidup tidak sehat, malas mengganti pakaian dalam saat tubuh berkeringat, maupun faktor lingkungan karena kondisi cuaca yang panas dan lembap.

Selain mengetahui berbagai faktor penyebab terganggunya area kewanitaan, dr. Dinda juga turut memaparkan tiga manfaat emosional yang bisa dirasakan jika setiap wanita mampu menjaga area kewanitaannya dengan baik, “Menjaga kesehatan area kewanitaan dengan baik tidak hanya memberi manfaat positif bagi tubuh tapi juga pikiran, karena secara tidak langsung hal ini mampu meningkatkan rasa percaya diri, menimbulkan rasa bahagia serta mengontrol rasa takut dan cemas karena area kewanitaan selalu terjaga kebersihannya.”

Baca juga: Jaga Kebersihan Area kewanitaan Selama Menstruasi dengan Memerhatikan 5 Hal Berikut!

Tips dalam menjaga area kewanitaan

Andalan feminine hygience

Infeksi saluran kemih bisa terjadi karena kurangnya higienitas vagina. Struktur anatomi saluran urine wanita lebih pendek dari pria, sehingga kotoran dan bakteri dari luar lebih rentan terjadi dibanding pria. dr. Dinda juga memberikan beberap tips dalam menjaga area kewanitaan seperti berbagai hal berikut ini:

  • Jika aktivitas tinggi, sering berolahraga atau rentan berkeringat, perlu untuk mengganti pakaian minimal dua kali sehari.
  • Pilih material yang tepat seperti jenis kain katun yang mampu memberikan sirkulasi udara dengan baik.
  • Hindari penggunaan pembalut dan pantyliner jika tidak dibutuhkan, karena hal ini bisa mengganggu sirkulasi udara di bagian area kewanitaan.
  • Membersihkan area kewanitaan dengan gerakan yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang.
  • Selalu membasuh area kewanitaan dengan air bersih.
  • Menggunakan produk pembersih area kewanitaan yang memiliki kandungan prebiotics dan bahan alami serta memiliki pH balance berkisar antara 3.5-4.9, sehingga aman dan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan area kewanitaan.

Untuk mengetahui kapan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai kondisi area kewanitaan, dr. Dinda menyarankan untuk memperhatikan kondisi vagina, jika keputihan terus terjadi selama tiga hari dengan jumlah yang bertambah dan mengganggu, maka perlu untuk segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Terlebih jika kondisi keputihan hadir dalam tampilan warna tertentu serta diikuti dengan aroma tak sedap.

Baca juga: Hindari Berbagai Masalah Kesehatan dengan Memilih Pakaian Dalam yang Aman dan Sehat, Ini Tipsnya!

PREVIOUS ARTICLE

Merasa Nggak Perlu Pakai Sunscreen? Coba Cek 5 Kriteria Ini Dulu, Apakah Anda Termasuk Sebagai Salah Satunya?

NEXT ARTICLE

Hati-Hati! Cuaca Panas Bisa Membuat Kulit Anda Seperti Buah Kelapa di Billboard Ini

RELATED ARTICLES

comments