ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Ingin Wajah Lebih Cerah? Ini 5 Jenis Acid yang Perlu Anda Cari

Penggunaan acid dalam skin care bukanlah merupakan hal yang baru lagi. Kini, berbagai skin care, baik dari Asia, Barat, bahkan lokal, memiliki formulasi produk yang diperkaya dengan berbagai acid untuk mengatasi permasalahan kulit. Nah, salah satu permasalahan kulit yang kerap dialami oleh wanita Indonesia dan mengganggu adalah kulit yang kusam. Baik akibat paparan polusi, bekas jerawat, maupum flek hitam dan hiperpigmentasi. Jika Anda sedang mencari solusi untuk kulit kusam, yuk, lihat 5 kandungan acid untuk mencerahkan kulit berikut!

Baca juga: 6 Acid yang Biasa Digunakan Dalam Produk Skin Care

1. Kojic Acid

Kojic acid merupakan salah satu bahan paling populer pada Asian skin care karena khasiatnya untuk mencerahkan kulit sekaligus anti-aging. Dalam kosakata skin care Asia, kandungan ini juga disebut-sebut mampu memutihkan kulit, yang artinya bukanlah benar-benar membuat kulit putih, melainkan membantu mengurangi hiperpigmentasi dan bisa membantu warna kulit tidak merata sehingga tampak lebih cerah. Terbuat dari bakteri yang digunakan pada proses fermentasi beras untuk pembuatan sake, kojic acid dapat menghambat tyrosinase, enzim yang menstimulasi produksi melanin (pigmen warna pada kulit). Oleh karena itu, kojic acid dapat bekerja mencerahkan kulit, mengatasi hiperpigmentasi, sekaligus mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit.

2. Glycolic Acid

Nama acid yang satu ini dijamin sudah tidak asing lagi deh untuk Anda. Sebagai kandungan utama produk skin care populer seperti PIXI Glow Tonic serta Drunk Elephant Serum, tentu glycolic acid menyimpan segudang khasiat untuk kulit. Khasiat utama dari acid ini adalah fungsinya untuk mengeksfoliasi serta mengelupas lapisan teratas kulit tempat sel-sel kulit mati berada secara lembut. Proses pengelupasan ini akan sekaligus mendorong pergantian sel-sel kulit baru dan produksi kolagen, sehingga sebagai hasilnya Anda akan melihat kulit yang tampak lebih cerah, noda hitam yang memudar, dan tekstur kulit yang lebih halus dan kenyal.

Baca juga: Sebelum Memilih Produk, Kenali Dahulu Yuk Kandungan Acid yang Biasa Digunakan untuk Eksfoliasi

3. Ascorbic Acid (Vitamin C)

Salah satu manfaat utama ascorbic acid alias vitamin C yang kerap digadang-gadangkan adalah manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Selain kaya akan anti-oksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan flek hitam, vitamin C juga bekerja sebagai penghambat tyrosinase sehingga akan mengurangi produksi melanin, dan dapat melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar kulit tampak lebih cerah. Jika masalah kulit kusam Anda disebabkan oleh bekas jerawat atau bekas luka, vitamin C pun akan membantu memudarkan bekas tersebut dengan membantu proses penyembuhan sekaligus mendorong regenerasi sel-sel kulit baru sehingga warna kulit akan tampak lebih merata.

4. Azelaic Acid

Serupa dengan kojic acid dan ascorbic acid, azelaic acid juga memiliki kemampuan untuk menghambat enzim tyrosinase bekerja sehingga mengurangi produksi melanin yang menjadi penyebab kulit gelap. Pada saat bersamaan, azelaic acid juga bekerja melawan hiperpigmentasi dengan menahan pertumbuhan melanocytes abnormal yang menjadi penyebab permasalahan kulit dengan hiperpigmentasi seperti melasma atau lentigo maligna. Selain mengatasi hiperpigmentasi, kelebihan lain dari azelaic acid adalah khasiatnya untuk mengatasi jerawat sekaligus memudarkan bekas jerawat. Cocok nih untuk Anda yang memiliki masalah kulit kusam dan berjerawat!

Baca juga: Azelaic Acid, Efektif dan Aman Atasi Jerawat Bahkan Pada Kulit Sensitif

5. Lactic Acid

Ingin menggunakan acid untuk mencerahkan wajah namun khawatir akan iritasi karena memiliki kulit yang sensitif? Lactic acid bisa menjadi pilihan Anda. Berasal dari bahan-bahan natural seperti susu, buah, serta sayur-sayuran, lactic acid memiliki reputasi acid yang tergolong gentle jika dibandingkan dengan beberapa acid lainnya seperti glycolic acid. Manfaat dari lactic acid sendiri pun sangat banyak, mulai dari menghidrasi memperkuat lapisan pelindung kulit, hingga mencerahkan warna kulit yang kurang merata. Lactic acid bekerja menembus lapisan teratas kulit, dan ‘menyingkirkan’ sel kulit mati serta kotoran dan minyak dari kulit sehingga meninggalkan kulit dalam keadaan lebih cerah dan bersih.

PREVIOUS ARTICLE

3 Hal Tentang Surfaktan dalam Produk Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

NEXT ARTICLE

5 Rekomendasi Body Scrub dari Brand Lokal dengan Harga di Bawah Rp50.000 untuk Kulit Tubuh yang Cerah dan Halus

RELATED ARTICLES

Content Writer at BeautyJournal.

COMMENTS

22comments


  • Achy Lowry2 weeks ago

    Mau nyoba kojic acid tapi takut kulit jadi ngelupas

  • Fqc Fqc1 month ago

    Nice

  • Ayun Qurrata1 month ago

    Penasaran dari dulu sama azelaic acid

  • Husnawati Hasanah1 month ago

    lagi pakai kojiesan, tapi belum nunjukin perubahan:")

  • khusnul khotimah1 month ago

    Boleh jugaa

  • Edwina Putri1 month ago

    thanks

  • Fadilla Nuraprianti1 month ago

    follback yah :)

    • Tysa G1 month ago

      @dilaprianti oke dear :)

  • Alifia R1 month ago

    Mind to follow back? Thank you! ❤️

    • Tysa G1 month ago

      @alifiarp oke dear :)

  • Indana Zulfa1 month ago

    Pernah nyobain Kojic Acid, tapi kulitku jadi super kering. Mungkin harus trial yg lain

  • Lintang Panjerina1 month ago

    follback ya kak :)

  • Anna R Widianty1 month ago

    Follbackyahhh:)

  • Ema Rosalina1 month ago

    Wow

  • Ratih Setiawati1 month ago

    nice article... bantu banget

  • Nita Lestari1 month ago

    Pas bgt lg nyari solusi ini

  • Felicia Elvina Johana2 months ago

    Follback ya:)

  • Lutfiah Lutfiah2 months ago

    wow!

  • Niken Dyah Rahmawati Dewi2 months ago

    makasih infonya ya

  • Meme Charisma2 months ago

    Aku pernah pake kojic acid tapi kok perih dan bikin merah ya?

  • Sofia Wati2 months ago

    so helpful

  • Ananda Fitriyani2 months ago

    I'm using kojic acid and it works well ????

  • martiana dt2 months ago

    whoaaaa

  • Rahmatunisa Santosa2 months ago

    waw