Beauty

5 Fakta Tentang Freckles yang Perlu Anda Ketahui

Kalau dulu tampilan freckles pada wajah sempat dianggap sebagai salah satu bentuk ketidaksempurnaan, bintik-bintik tersebut kini memilki daya tarik tersendiri bagi para wanita. Hal ini dibuktikan melalui tren makeup faux freckles yang diminati hingga sekarang. Bahkan tidak sedikit wanita yang rela melakukan tato freckles agar tidak perlu repot membuatnya dengan makeup. Nah, di luar hingar bingar tren freckles, sudah tahu belum apa itu sebenarnya freckles dan berbagai hal seputarnya? Bagi yang belum tahu, yuk tambah wawasan Anda dengan menyimak 5 fakta seputar freckles berikut ini.

1. Freckles Umumnya Dibagi Menjadi 2 Jenis

Freckles adalah kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi pada lapisan epidermis kulit dengan penyebaran yang berkelompok. Pada dasarnya freckles terdiri dari dua jenis yaitu Ephelides dan Lentigo. Jenis Ephelides ini yang sering muncul pada wanita Kaukasian yang kulitnya putih. Orang yang rambutnya merah pun cenderung memiliki jenis freckles Ephelides lebih banyak. Jenis freckles Lentigo adalah bintik yang warnanya lebih gelap dan tidak memudar walau tidak terpapar sinar matahari.

2. Bersifat Genetik

Meskipun tidak ada manusia yang lahir dengan freckles, tapi freckles bisa timbul karena faktor genetik yang mengatur warna kulit dan rambut, atau biasa disebut dengan gen MC1R. Umumnya tampilan freckles sudah dapat terlihat pada anak usia 1-2 tahun, khususnya di area wajah, bahu dan lengan. Selain dari itu, faktor paparan sinar matahari yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang, serta penggunaan obat hormonal juga dapat memicu timbulnya freckles.

Baca juga: Flek, Freckles, Hiperpigmentasi, Apa bedanya?

3. Berfungsi Sebagai Indikator untuk Mengukur Sensitifitas Kulit Terhadap Matahari

Kehadiran freckles juga bisa menjadi indikator dalam mengukur seberapa sensitif kulit Anda terhadap paparan sinar matahari. Jadi jika wajah Anda menampilkan freckles saat berada di bawah sinar matahari, sebaiknya lakukan pencegahan dengan memanfaatkan sunscreen sebagai perlindungan. Tapi perlu diperhatikan juga, jika warna freckles nampak semakin gelap dan ukurannya terus membesar sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan dermatologis.

4. Freckles Dapat Dicegah

Meskipun dapat menjadi daya tarik tersendri, tapi tak sedikit wanita yang ingin mencegah tampilan freckles muncul di wajah, khususnya bagi mereka yang memiliki freckles secara genetik. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tampilannya, seperti penggunan sunscreen sebelum Anda pergi keluar rumah, atau menghindari matahari dari pukul 10 siang hingga 4 sore. Sedangkan jika ingin memudarkan secara permanen, Anda bisa mencoba berbagai hal seperti bleaching, cryosurgery, laser maupun melakukan chemical peeling yang tentunya harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit.

5. Tampilan Freckles Akan Berubah Secara Alami

Sebenarnya tampilan freckles di wajah dapat berubah secara alami, hal ini terjadi karena kondisi freckles sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Bagi mereka yang tinggal di wilayah empat musim, tampilan freckles akan tampak jelas saat memasuki musim panas, sedangkan di musim dingin tampilan freckles dengan sendirinya akan memudar.

 

PREVIOUS ARTICLE

8 Cara Ampuh Cerahkan Kulit Ketiak yang Gelap dengan Bahan Alami

NEXT ARTICLE

Muna Jama, Finalis Pertama yang Memakai Kaftan di Sesi Baju Renang pada Ajang Miss Universe Great Britain

RELATED ARTICLES

comments