ATUR ULANG PASSWORD

Atur ulang password

Lupa password Anda? Masukkan alamat email.

Beauty

Mengenal 10 Istilah Kecantikan yang Biasa Digunakan untuk Rias Wajah

Rias wajah menjadi hal penting bagi wanita karena berperan sebagai “tulang punggung” untuk bagus atau tidaknya riasan secara keseluruhan. Namun, saat ingin mencoba produk baru, atau ingin belajar beberapa teknik makeup dari tutorial yang sudah ditemukan, ada beberapa istilah kecantikan yang mungkin saja membingungkan bagi kita. Yang tadinya sudah semangat ingin praktik, bisa jadi malah keburu ciut hati karena bingung. Jangan khawatir, berikut ini ada 10 istilah kecantikan seputar rias wajah lengkap dengan penjelasannya untuk Anda.

1. COVERAGE

Ketika ingin membeli foundation atau BB Cream, atau saat membaca deskripsi produk dan ulasannya, Anda pasti sering menemui istilah kecantikan yang satu ini. Coverage merupakan daya tutup yang diberikan produk. Semakin tinggi coverage-nya, tak hanya warna kulit yang tertutup dan menjadi rata, namun pori-pori dan bintik hitam pun bisa ter-cover.

Umumnya, coverage dibagi ke dalam 3 jenis yaitu sheer coverage, medium coverage dan full coverageSheer coverage memberi tampilan makeup yang ringan, mirip seperti kulit asli, namun lebih terpoles. Jadi harap maklum kalau kekurangan kulit tidak bisa tersamarkan dengan sempurna ya. Sheer coverage sering ditemui pada produk tinted moisturizer dan BB Cream yang disukai wanita sebagai rias wajah sehari-hari. Kalau medium coverage, mampu menyamarkan noda di wajah dan memiliki tekstur yang sedikit lebih kental. Terakhir, full coverage yang bisa menutupi jerawat, bahkan tanpa bantuan concealer.

Baca juga: 5 Rekomendasi Foundation di Bawah Rp150.000

2. CAKEY

Nah, saya juga yakin kalau Anda pun sering mendengar istilah ini.  Cakey bukan berarti mirip seperti kue ya! Hehehe… Keadaan alas bedak tidak menempel dengan sempurna pada kulit dan terlihat terpisah, itulah yang disebut cakey. Lalu bagaimana mencegah agar saat memakai foundation tidak cakey? Anda bisa gunakan mattifying primer yang dapat mengatur minyak berlebih, karena wajah “banjir” minyak akan membuat makeup kurang menyatu dengan kulit. Anda juga perlu mengingat untuk tidak menggunakan bedak saat sedang berkeringat ya.

3. T-ZONE

Coba Anda gambar garis horizontal pada dahi Anda, lalu turun ke arah hidung dan dagu. Itulah daerah T atau yang sering disebut sebagai T-Zone. Umumnya, area ini menghasilkan minyak berlebih karena memiliki kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak aktif, maka tak heran kalau jerawat dan komedo sering muncul di daerah T ini. Nah, bagi pemilik kulit berminyak dan kulit kombinasi yang memakai makeup sehari-hari biasanya menggunakan bedak di daerah T supaya nggak terlihat mengilap di tengah hari. Satu lagi! Selalu siap sedia blotting paper di dalam tas Anda ya untuk menyerap minyaknya.

4. UNDERTONE

Istilah kecantikan untuk merias wajah berikutnya adalah undertone. Singkatnya, undertone adalah rona asli kulit Anda yang tidak berubah walaupun terpapar sinar matahari atau memakai pencerah wajah. Berbeda dengan tingkat warna kulit ya atau skintone. Kalau skintone, saat berjemur atau main di ruangan terbuka pun sudah berubah. Secara umum, undertone kulit dibagi jadi 3: warm tone, cool tone dan neutral. Bagi Anda pemilik kulit gelap belum tentu memiliki warm tone, bisa saja punya warna dasar kulit yang tergolong cool, begitu juga sebaliknya.

Untuk mendapatkan hasil makeup yang maksimal, sesuaikan produk makeup, terutama foundation dan produk makeup coloring lainnya seperti blush, eyeshadow, dan lipstik dengan undertone Anda. Supaya tahu pasti Anda punya undertone apa, coba cek artikel ini.

5. DEWY

Walau pakai makeup, kulit wajah pun bisa tetap tampak segar dan bercahaya. Inilah yang disebut dengan dewy! Nah, modal utama tampilan dewy ini adalah kulit yang terawat. Contohnya dengan rajin memakai pelembap, minyak natural seperti virgin coconut oil, atau produk perawatan kulit lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Lalu yang nggak kalah pentingnya: Memilih produk makeup yang tepat. Pilih foundation yang coverage-nya sheer atau medium, lalu untuk menambah kilau pada wajah, tambahkan highlighter pada tulang pipi dan batang hidung.

dewy

6. CONTOURING

Kalau istilah kecantikan yang ini rasanya semakin populer setelah beredarnya foto Kim Kardhasian yang terlihat sedang “dibingkai” wajahnya. Contouring adalah teknik untuk “memahat” wajah untuk menonjolkan tulang pipi sehingga terlihat lebih tirus. Biasanya teknik ini menggunakan produk bertekstur powder atau cream dengan warna yang gelap untuk memberi ilusi bayangan pada bagian wajah. Untuk tahu cara mudah melakukan contouring, tonton yuk video tutorial ini!

7. BUFFING MOTION

Dalam mengaplikasikan foundation atau base makeup lainnya, ternyata ada beberapa gerakan yang bisa kita lakukan agar hasilnya menempel sempurna di permukaan kulit. Salah satunya adalah dengan melakukan buffing motion. Ini adalah gerakan seperti memijat dengan memutar saat mengaplikasikan produk makeup ke wajah. Biasanya gerakan ini digunakan untuk foundation dengan menggunakan buffing brush atau kuas makeup yang helaiannya cukup padat.

8. STIPPLING MOTION

Nah, ada satu lagi gerakan untuk merias wajah yang sering disebut: Stippling motion. Gerakan ini adalah gerakan memutar dengan tekanan ringan (light handed) untuk membaurkan produk makeup untuk hasil yang flawless. Berbeda dengan buffing motion yang memijat dan menekan produk ke kulit wajah, untuk stippling motion tidak perlu pakai tenaga banyak-banyak ya. Gerakan ini cocok digunakan untuk mengaplikasikan foundation, blush, bahkan bronzer. Alat yang digunakan, sama seperti namanya, adalah stippling brush. Jenis kuasnya memiliki duo fiber, yang terdiri dari helaian yang lebih pendek dan helaian yang panjang.

 9. APPLE ON THE CHEEK

apple-on-the-cheek

APPLE ON THE CHEEK: NO. 4 (SUMBER FOTO)

Apel? Emang pipi kita kelihatan kaya apel ya?” Eitss, tenang saja ini hanya sebutannya saja kok 😉 Apple on the cheek mudah kita temui saat tersenyum. Coba deh sekarang senyum, ada bagian pipi yang menonjol kan? Nah, bagian itu disebut dengan apple on the cheek. Area ini merupakan titik pemakaian blush, namun sebaiknya aplikasikan secara tipis-tipis ya agar tidak terlihat menor.

10. DRAPING

Mungkin Anda sering melihat atau mendengar sekilas tentang draping. Draping adalah teknik rias wajah yang kembali ramai diperbincangkan belakangan ini. Konsepnya mirip dengan contouring, yaitu untuk membentuk wajah, tapi di teknik ini kita hanya menggunakan blush saja. Pilih dua blush sesuai rona kulit: Blush dengan warna yang lebih gelap, dan blush berwarna terang. Dengan mempraktikkan teknik draping, dimensi warna pada wajah akan terlihat lebih lembut dan pipi jadi lebih ‘langsing’, lho! Untuk lebih lengkapnya, baca artikel tentang draping di sini.

PREVIOUS ARTICLE

Isyana Sarasvati, Membangun Mimpi Melalui Musik

NEXT ARTICLE

Variasi Gaya Rambut Sesuai Tren Menggunakan Alat Catok Lurus

RELATED ARTICLES

comments