Lifestyle

Supaya Lingkungan Kerja Nyaman, Coba Tips untuk Menjaga Kekompakan antara Rekan Kerja Ini Yuk!

Selama lima hari dalam seminggu (mungkin lebih) Anda menghabiskan sebagian besar waktu di kantor. Belum lagi kalau ada lembur, tentu jam kerja pun akan jadi molor lebih panjang. Hmm, kebayang kan ternyata sebagian besar waktu di hidup Anda lebih banyak dihabiskan dengan rekan kantor dibandingkan keluarga. Karena itulah menciptakan suasana yang menyenangkan di tempat kerja tidak bisa dianggap sepele. Lingkungan kerja yang menyenangkan bisa membuat mood Anda selalu happy, sehingga sesulit apapun tugas kantor, Anda tetap bisa luwes menghadapinya karena Anda berada di tempat yang memberikan rasa nyaman. Tapi jika Anda termasuk orang yang belum merasa kerasan dengan suasana kantor, sebaiknya mulai benahi diri dan lakukan beberapa hal agar suasana jadi lebih nyaman dan kondusif. Hal paling mudah adalah dengan membangun hubungan baik dengan rekan kerja. Bingung harus memulai dari mana? Coba simak beberapa tips agar Anda kompak dengan rekan kerja ini.

1. Atur Jadwal Makan Siang Bareng

Sesekali mengakrabkan diri dengan rekan-rekan kerja dan membicarakan hal-hal di luar kantor itu baik, lho. Sehingga hubungan yang terjalin tidak hanya sebatas rekan kerja tapi juga sebagai teman. Waktu isitrahat makan siang jadi salah satu ajang atau momen yang tepat bagi Anda untuk saling berbagi cerita seputar kehidupan di luar pekerjaan. Siapa tahu dari obrolan ngalur-ngidul, Anda dan rekan kerja dapat menemukan ide segar untuk diaplikasikan di kantor nantinya.

2. Cari Tahu Hobi Rekan Kerja

Bukan sekadar kepo, menanyakan hobi rekan kerja Anda bisa membangun hubungan yang lebih ‘cair’. Mungkin saja Anda dan teman di kantor memiliki kesamaan hobi. Sehingga percakapan di waktu luang tidak hanya diisi dengan obrolan basa-basi tapi juga membahas mengenai kegiatan yang digemari. Secara perlahan, hubungan akan jadi lebih dekat dan bekerja pun jadi lebih menyenangkan.

3. Berikan Pujian untuk Penampilannya

Anda pasti senang kan kalau ada yang memberikan perhatian dan pujian pada perubahan yang Anda lakukan baik dari segi penampilan pakaian maupun riasan wajah. Sama seperti kesenangan yang Anda rasakan, rekan-rekan kerja juga merasakan hal yang sama kalau Anda memberikan pujian atas penampilan barunya hari ini. Coba deh mulai sekarang jangan segan memberikan komentar positif jika Anda menyukai penampilannya. Tapi tetap bersifat objektif, ya. Karena pujian yang dibuat-buat dan tulus tentu akan terasa berbeda, bukan.

4. Tahan Mulut dan ‘Tutup Mata’

Dalam perjalanan hidup kita, tentu Anda sudah bertemu dengan berbagai macam karakter manusia yang berbeda-beda. Nah hal ini juga berlaku di lingkungan kantor. Di tempat ini Anda akan menemui berbagai watak, dari yang menyenangkan hingga individu dengan karakter yang tidak menyenangkan. Tapi cobalah untuk bersikap lebih fleksibel dalam menjalin hubungan dengan rekan-rekan kerja. Sesekali menahan diri untuk tidak berkomentar banyak dan ‘menutup mata’ saat melihat perilaku rekan kerja yang menyebalkan, tidak hanya menyelamatkan Anda dari ancaman bad day tetapi juga menjaga ketenangan ritme kerja.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

Saat hubungan sudah mulai mencair, tak jarang rekan kerja tidak segan untuk bercerita tentang permasalah yang ia hadapi di rumah maupun di kantor. Dalam situasi ini Anda tidak harus selalu memberikan solusi. Kadang orang hanya ingin didengarkan saat hatinya sedang galau. Selain itu menjadi pendengar yang baik dan memberikan saran-saran yang suportif saat diminta merupakan salah satu upaya menjaga hubungan baik sekaligus kekompakan Anda bersama.

Baca juga: Punya Rekan Kerja Pemalas? Yuk, Lakukan 5 Trik Ini Biar Anda Tak Jengkel

PREVIOUS ARTICLE

Kolam Dalam Gua di Indonesia, Surga Tersembunyi yang Wajib Disambangi Para Wisatawan

NEXT ARTICLE

Inilah Destinasi Wisata Terbaik di Eropa Timur! Yang Mana Favorit Anda?

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments