Beauty

5 Jenis Bedak dan Kegunaannya

Coba saya tebak. Bedak yang ada dalam tas Anda sudah pasti bedak berbentuk compact atau padat bukan? Kemasannya yang praktis dan bebas dari risiko tumpah membuat bedak padat banyak digemari. Tapi tunggu dulu, apakah bedak yang Anda pakai sesuai dengan fungsinya? Bedak memiliki berbagai macam tekstur dan kegunaan, mulai dari finishing, setting, tinted, hingga translucent. Simak berbagai tipe bedak berikut ini, dan ketahui cara tepat pemakaiannya untuk wajah Anda.

  1. Loose Powder
    Bedak tabur biasanya dijual dalam bentuk jar dan memiliki tekstur lembut ketika diaplikasikan. Bedak tabur memang terasa lebih ringan pada wajah, dan baik diaplikasikan dengan powder brush untuk hasil yang lebih rata dan natural. Bedak jenis ini agak sulit dibawa berpergian karena tak begitu praktis dan beresiko mudah tumpah. So ladies, better keep it at home.
  1. Pressed Powder/Compact Powder
    Dari namanya saja, Anda sudah bisa membayangkan kepraktisan bedak ini bukan? Biasanya bedak ini digunakan untuk touch-up jika diperlukan. Tentunya sebelum memilih, sesuaikan terlebih dulu dengan kebutuhan Anda.  Jika terbiasa menggunakan BB cream, concealer atau foundation sebelum bedak, pilih pressed powder yang coverage-nya cukup sheer agar rias wajah tidak terlihat cakey atau seperti memakai topeng.

  1. Powder Foundation
    Powder foundation merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin memberi medium sampai full coverage pada kulit wajah dengan cepat. Praktis, dan bisa digunakan langsung tanpa perlu memakai liquid face base lain.

    Baca juga: 7 Kuas Makeup Wajah yang Perlu Dimiliki

  2. Setting Powder
    Setting powder membantu mengunci riasan, terutama untuk area kilau wajah alias yang  mudah berminyak, seperti dahi, pipi, dan juga dagu. Dengan begitu, riasan dapat lebih bertahan lama. Bedak ini digunakan tepat setalah aplikasi foundation. Warnanya translucent, atau banyak juga brand kosmetik yang membuat setting powder yang disesuaikan dengan warna kulit.
  3. Finishing Powder
    Umumnya bedak ini digunakan setelah aplikasi setting powder. Tujuannya adalah menyamarkan garis halus dan pori-pori, sehingga riasan tampak lebih sempurna. Finishing powder termasuk produk paling esensial, apalagi jika Anda memiliki acara penting dari pagi hingga malam hari.

Bedak jenis apa yang Anda punya dan biasa digunakan untuk riasan sehari-hari? Share di sini ya!

RELATED ARTICLES

COMMENTS0 comments